Kurangi Antrean, Terminal 2F Bandara Soetta Dibuka Bagi Pekerja Migran

Image title
Oleh Maesaroh
24 Desember 2021, 20:12
bandara, Soekarno-Hatta, pekerja migran
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo berbincang dengan seorang penumpang pesawat udara yang baru saja tiba dari luar negeri di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/12/2021).

Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan diaktifkan kembali untuk menerima kedatangan pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru kembali ke Tanah Air. Pembukaan Terminal 2F untuk mengurangi penumpukan di Terminal 3 Soekarno-Hatta.

"Saya sudah minta kepada AP II (PT Angkasa Pura II) untuk mengaktifkan Terminal 2F dan saya harapkan PMI konsentrasi di sana sehingga tidak ada konsentrasi PMI yang banyak di Terminal 3," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat konferensi pers, seperti dikutip dari siaran Divisi Humas Polri melalui twitternya.

"Dan ini agar bisa dilakukan segera dan sistematis," tambahnya.

 Budi Karya bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) Suharyanto meninjau pelaksanaan alur kedatangan dari luar negeri di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (24/12).

Budi Karya mengatakan jumlah kedatangan pelaku perjalanan internasional di Soekarno-Hatta mencapai 4.000 orang dalam sehari pada pekan ini. 

Kedatangan yang besar ini harus diantisipasi termasuk dengan memperbanyak bus Damri untuk yang akan mengangkut warga negara Indonesia (WNI) yang baru datang dari luar negeri.

Pemerintah juga akan membuka Bandara Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur sebagai pintu kedatangan internasional untuk mengurangi penumpukan di Bandara Soekarno-Hatta.

Seperti diketahui, Indonesia hanya membuka pintu penerbangan internasional di tiga bandara yakni Bandara Soetta, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, dan Bandara Sam Ratulangi di Manado.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...