Pedagang Curiga Lonjakan Harga Minyak Goreng, Cabai, Telur Tidak Wajar

Cahya Puteri Abdi Rabbi
27 Desember 2021, 16:46
cabai, minyak goreng, pedagang, telur
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/rwa.
Pedagang menjajakan cabai rawit dagangannya di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Selasa (27/12/2021). Pedagang mengaku harga cabai rawit merangkak naik sejak awal Desember 2021, dari Rp30 ribu per kg menjadi Rp80 ribu per kg karena minimnya pasokan dari petani.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyayangkan kenaikan harga yang tinggi dari beberapa komoditas menjelang akhir tahun. Mereka menganggap kenaikan harga komoditas seperti minyak goreng, cabai rawit merah dan telur tidak wajar. 

"Jujur kami tidak menduga bahwa kenaikan harga pangan yang relatif panjang dan tinggi ini terjadi di akhir tahun 2021. Ini membuat masyarakat semakin sulit dalam menghadapi pergantian tahun," kata Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan dalam keterangan resminya, Senin (27/12).

Minyak goreng mengalami kenaikan yang cukup fantastis. Reynaldi mengatakan, kenaikan ini yang belum pernah terjadi.

Adapun kenaikan ini disebabkan oleh kenaikan harga minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO). Ia berharap pemerintah terus berupaya untuk menurunkan harga minyak gorang di tahun 2022.

Selanjutnya, cabai rawit merah yang merupakan komoditas yang rutin mengalami kenaikan harga di akhir tahun. Ada dua faktor yang membuat harga cabai rawit merah cukup tinggi.

 Pertama, yakni faktor cuaca dan permintaan yang tinggi, sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan antara supply dan demand.

Secara historis, harga cabai akan mengalami kenaikan saat musim hujan mengingat curah hujan yang tinggi kerap membuat hasil panen berkurang atau banyak yang rusak sementara logistik terganggu dengan banjir.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga yang rutin terjadi, Ikappi berharap akan ada grand design pangan.

Hal itu merupakan strategi pangan untuk mengendalikan harga cabai rawit merah dan menghindari kenaikan terjadi setiap tahun.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...