BUMN Salurkan 3,7 Juta Liter Minyak Goreng Murah hingga Bulan Mei

Image title
Oleh Antara
9 Januari 2022, 15:29
bumn, minyak goreng, erick thohir
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.
Pedagang keliling menata minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah ke dalam mobil bak terbuka di kawasan Desa Tungkop, Darussalam, Aceh Besar, Aceh, Kamis (6/1/2022).

BUMN akan melakukan operasi pasar  untuk menekan harga minyak goreng dengan menggelontorkan sekitar 3,7 juta liter minyak goreng hingga Mei 2022.

"BUMN melakukan operasi pasar, artinya kami melakukan intervensi di mana sampai bulan Mei 2022 kami akan melakukan intervensi sekitar 3,7 juta liter minyak goreng," tutur Menteri BUMN Erick Thohir saat menyampaikan pidato kunci di Universitas Sumatera Utara di Medan, seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/1).

Erick menambahkan BUMN yang bergerak perusahaan kelapa sawit hanya memiliki 4% market share sedangkan mayoritas dipegang oleh swasta.

Anak usaha Holding Perkebunan, PT Industri Nabati Lestari (INL), tengah mengembangkan produksi turunan CPO.

 Erick menyampaikan kemasan sederhana INL ini baru dikembangkan saat harga minyak melambung tahun lalu.

Dia menyebut harga minyak INL sesuai harapan pemerintah yakni Rp 14 ribu per liter yang tersedia dalam dua kemasan yakni 450 ml dan 900 ml.

Dia meminta BUMN harus memanfaatkan momentum dengan mulai mengenalkan kemasan sederhana khusus untuk pasar tradisional dengan brand INL.

Mulai Januari 2022, BUMN telah memiliki tiga produk minyak dengan segmentasi berbeda yakni Nusakita 100% price index dari market leader (bimoli), Salvaco (92-95% price index bimoli), dan kemasan sederhana INL 88 - 90% price index market leader / bimoli).

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...