Rekor Tertinggi Harga CPO Dipicu Krisis Rusia dan Masalah Pasokan

Image title
Oleh Maesaroh
22 Februari 2022, 17:34
CPO, rusia, sawit, minyak sawit
ANTARA FOTO/Rahmad/hp.
Pekerja melintas di depan tumpukan kelapa sawit di Desa Mulieng Manyang, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Aceh, Rabu (3/11/2021). Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Aceh dari Rp1.800 perkilogram naik menjadi Rp3000 perkilogram menyusul tingginya permintaan Crude Palm Oil (CPO) di pasar

Harga crude palm oil (CPO) kembali menyentuh rekor tertinggi pada hari ini. Melambungnya harga CPO dipicu sejumlah faktor mulai dari semakin memanasnya krisis Rusia-Ukraina, ketatnya pasokan CPO, melonjaknya harga minyak  kedelai, hingga penurunan bea impor CPO di India.

Pada perdagangan di Bursa Berjangka Malaysia hari ini, harga CPO untuk pengiriman Mei ditutup di level 5.845 ringgit/ton. Level tersebut merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Harga tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan penutupan pada Senin yakni  5.677 ringgit/ton.

Harga CPO melonjak tajam dalam empat hari terakhir, terutama dipicu krisis Ukraina-Rusia dan terbatasnya pasokan.

 Seperti diketahui, krisis Rusia-Ukraina semakin memanas setelah Rusia menerbitkan Dekrit pada Senin (21/2).

Dekrit tersebut berisi pengakuan kedaulatan atas "Republik Rakyat Luhansk (LPR)" dan "Republik Rakyat Donetsk (DPR)" - dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina- sebagai negara merdeka dan berdaulat.

Pengakuan ini dianggap menyalahi hukum internasional. Putin juga memerintahkan Kementerian Pertahanan Rusia untuk mengirim pasukan ke dua wilayah timur Ukraina yang memisahkan diri tersebut.

Kremlin menyebut pengerahan pasukan Rusia untuk "menjaga perdamaian" di Ukraina timur.

Sementara itu, persoalan terbatasnya pasokan masih menjadi kekhawatiran meskipun Malaysia sudah meningkatkan ekspor CPO mereka bulan ini.

Dilansir dari Bloomberg, ekspor CPO Malaysia pada 1-20 Februari mencapai 818,293 ton memang naik 25% dibandingkan bulan sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...