Pengiriman Barang E-Commerce Terhambat Imbas Banjir

Fahmi Ahmad Burhan
3 Januari 2020, 11:01
Banjir di Jakarta, e-commerce, Tokopedia, Blibli.com, Bukalapak
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Foto udara sejumlah kendaraan bermotor melintasi Jalan Boulevard Barat Raya yang tergenang banjir di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (2/1/2020).

Banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi membuat proses pengiriman barang terhambat. Hal ini dibenarkan manajemen e-commerce Bukalapak, Blibli.com, dan Tokopedia.

Head of Corporate Communication Bukalapak Intan Wibisono mengatakan, perusahaannya memperpanjang batas waktu proses pengiriman barang yang jatuh pada 2-3 Januari menjadi 6 Januari 2020.

"Saat ini sedang terjadi keterlambatan untuk proses pick up barang serta proses pengiriman akibat adanya force majeur (bencana banjir) di beberapa wilayah Jabodetabek," kata Intan kepada Katadata.co.id, Kamis (2/1).

(Baca: Apindo Sebut Sejumlah Sektor Usaha Lumpuh Akibat Banjir Jabodetabek)

Intan menjelaskan, perusahaan akan berkoordinasi secara berkala dengan para rekanan jasa pengiriman untuk memantau proses pengiriman. Harapannya, pengiriman kembali normal setelah situasi memungkinkan.

Ia menjelaskan, para pembeli di Bukalapak yang tengah menunggu barang dapat menghubungi BukaBantuan untuk memastikan kondisi dan lokasi terkini barangnya.

Manajemen Blibli.com juga mengakui adanya kemungkinan keterlambatan pengiriman barang. Senior Vice President of Operations and Product Management Blibli.com Lisa Widodo mengatakan pengiriman barang tetap berjalan meskipun kemungkinan ada keterlambatan untuk beberapa lokasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...