Resmi Bercerai, Mantan Istri Bos Amazon Perempuan Terkaya ke-3 Dunia

Cindy Mutia Annur
8 Juli 2019, 10:23
Orang terkaya, jeff bezos cerai, bos amazon cerai, kekayaan jeff bezos
Instagram Scrolllab
Jeff Bezos dan MacKenzie Bezos

Pendiri Amazon.com Inc. Jeff Bezos resmi bercerai dengan istrinya MacKenzie pada Jumat (5/7) pekan lalu. MacKenzie berhak menerima 4% saham Amazon senilai US$ 38,3 miliar atau sekitar Rp 542 triliun. Pembagian saham ini membuat Mackenzie menjadi perempuan terkaya ke-3 di dunia.

Forbes sempat memberitakan, nilai kekayaan MacKenzie akan berada di bawah Francoise Bettencourt Meyers dari L'Oréal (kekayaan sekitar US$ 52,9 miliar) dan Alice Walton dari Walmart (kekayaan sekitar US$ 45 miliar). Sedangkan dalam peringkat orang terkaya dunia, Mackenzie akan berada di posisi ke-26, di atas pendiri pabrik sepatu Nike, Phil Knight.

Meski begitu, pada Mei lalu, MacKenzie berjanji memberikan setengah kekayaannya untuk amal dan bergabung dengan ‘Giving Pledge’, sebuah kampanye yang digagas oleh miliarder dunia Warren Buffett dan salah satu pendiri Microsoft Corp, Bill Gates.

(Baca: Kalahkan Apple dan Google, Amazon Merek Paling Bernilai di Dunia)

Di sisi lain, Bezos akan tetap menjadi orang terkaya di dunia dengan harta tiga kali lipat dari harta MacKenzie. Ini lantaran ia masih memegang 12% saham Amazon senilai US$ 114,8 miliar atau sekitar Rp 1.624 triliun. Selain itu, masih ada aset lainnya. Setelah Bezos, Bill Gates merupakan orang terkaya kedua di dunia dengan kekayaan sekitar US$ 99,5 miliar atua sekitar Rp 1.407 triliun.

Bezos dan MacKenzie mengumumkan perceraian melalui Twitter pada Januari lalu. Hal ini sempat memunculkan kekhawatiran akan berkurangnya kontrol Bezos di Amazon hingga penjualan saham. Meskipun, kekhawatiran ini sedikit mereda setelah Mackenzie menyatakan akan memberikan kontrol suara atas saham miliknya kepada Bezos.

(Baca: Jadi Orang Terkaya Dunia, Jeff Bezos Bisa Tutup APBN 2019)

Saham Amazon menjadi bagian dari harta gono gini lantaran perusahaan e-commerce raksasa itu didirikan setelah keduanya menikah. Bezos dan Mackenzie telah menjalani pernikahan selama 25 tahun.

Perceraian ini disebut-sebut sebagai perceraian dengan penyelesaian harta gono-gini tertinggi dalam sejarah. Kekayaan yang diperoleh Mackenzie melebihi perolehan Elaine Wynn dalam perceraian dengan Steve Wynn (US$ 850 juta) dan Susan Gross dalam perceraian dengan Bill Gross (US$ 1,3 miliar).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait