Kalahkan Apple dan Google, Amazon Merek Paling Bernilai di Dunia

Cindy Mutia Annur
13 Juni 2019, 12:43
Amazon merek paling bernilai sedunia 2019, amazon kalahkan google dan apple
Ken Wolter|123RF.com
Gedung Amazon di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

Perusahaan penyedia platform perdagangan online Amazon berhasil menggeser Google dan Apple sebagai merek paling bernilai sedunia pada 2019. Nilai merek Amazon mencapai US$ 315,5 miliar atau sekitar Rp 4,5 triliun, naik 52% pada tahun lalu.

Informasi tersebut dilaporkan CNBC berdasarkan BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brand Rangking 2019 yang dikompilasi oleh agensi riset WPP yaitu Kantar. Merek Apple menempati posisi kedua dengan nilai US$ 309,5 miliar, diikuti merek Google pada posisi ketiga dengan nilai US$ 309 miliar.

(Baca: Amazon Bukukan Laba Bersih US$ 3,6 Miliar pada Kuartal I-2019)

Sebelum disalip Amazon, Google dan Apple menempati posisi teratas selama 12 tahun. Google menempati posisi puncak pada 2018 lalu. Global Head BrandZ Doreen Wang mengatakan, lompatan nilai Amazon terjadi karena perusahaan tersebut menjual layanan yang beragam.

“Lompatan pertumbuhan pada nilai merek Amazon yang mencapai hampir US$ 108 miliar tahun lalu menunjukkan bagaimana sekarang ini merek lebih tidak terbatas pada kategori maupun regional tertentu,” kata dia seperti dikutip CNBC, Selasa (11/6).

(Baca: Apple Akuisisi Sekitar 25 Perusahaan dalam Enam Bulan)

Amazon telah meningkatkan investasi di berbagai perusahaan seiring melambatnya kinerja bisnis inti, termasuk mobil pintar tanpa sopir Aurora dan perusahaan truk listrik Rivian. Perusahaan juga memperluas bisnis maskapainya Amazon Air.

Tahun lalu, perusahaan membeli farmasi online PillPack senilai US$ 753 juta, sedangkan bulan lalu perusahaan memimpin putaran pendanaan sebesar US$ 575 juta ke perusahaan pengiriman makanan Deliveroo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...