Kalahkan Apple dan Google, Amazon Merek Paling Bernilai di Dunia
Perusahaan penyedia platform perdagangan online Amazon berhasil menggeser Google dan Apple sebagai merek paling bernilai sedunia pada 2019. Nilai merek Amazon mencapai US$ 315,5 miliar atau sekitar Rp 4,5 triliun, naik 52% pada tahun lalu.
Informasi tersebut dilaporkan CNBC berdasarkan BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brand Rangking 2019 yang dikompilasi oleh agensi riset WPP yaitu Kantar. Merek Apple menempati posisi kedua dengan nilai US$ 309,5 miliar, diikuti merek Google pada posisi ketiga dengan nilai US$ 309 miliar.
(Baca: Amazon Bukukan Laba Bersih US$ 3,6 Miliar pada Kuartal I-2019)
Sebelum disalip Amazon, Google dan Apple menempati posisi teratas selama 12 tahun. Google menempati posisi puncak pada 2018 lalu. Global Head BrandZ Doreen Wang mengatakan, lompatan nilai Amazon terjadi karena perusahaan tersebut menjual layanan yang beragam.
“Lompatan pertumbuhan pada nilai merek Amazon yang mencapai hampir US$ 108 miliar tahun lalu menunjukkan bagaimana sekarang ini merek lebih tidak terbatas pada kategori maupun regional tertentu,” kata dia seperti dikutip CNBC, Selasa (11/6).
(Baca: Apple Akuisisi Sekitar 25 Perusahaan dalam Enam Bulan)
Amazon telah meningkatkan investasi di berbagai perusahaan seiring melambatnya kinerja bisnis inti, termasuk mobil pintar tanpa sopir Aurora dan perusahaan truk listrik Rivian. Perusahaan juga memperluas bisnis maskapainya Amazon Air.
Tahun lalu, perusahaan membeli farmasi online PillPack senilai US$ 753 juta, sedangkan bulan lalu perusahaan memimpin putaran pendanaan sebesar US$ 575 juta ke perusahaan pengiriman makanan Deliveroo.
(Baca: Facebook dan Google Gaji Karyawan Magang sampai Rp 115 juta per Bulan)
Empat dari sepuluh merek paling bernilai di dunia versi BrandZ diisi oleh merek tradisional seperti Visa, McDonald, dan AT&T. Sedangkan sisanya diisi merek perusahaan teknologi. Microsoft (US$ 251,2 miliar) berada di posisi keempat, sama seperti tahun lalu.
Tahun ini, Alibaba (US$ 131,2 miliar) menyalip Tencent (US$ 130,9 miliar) sebagai merek Tiongkok paling bernilai. Terdapat 15 merek Tiongkok yang masuk dalam 100 merek paling bernilai, termasuk perusahaan ponsel Xiaomi (US$ 19,8 miliar) dan Meituan (US$ 18,8 miliar). Meituan adalah platform teknologi untuk memesan makanan, kamar hotel dan sewa sepeda.
(Baca: Sri Mulyani Sebut G20 Siapkan Solusi Tutup Celah Pajak di Era Digital)
Untuk bisa masuk dalam peringkat yang dibuat BrandZ, merek harus diperdagangkan secara publik, dan laporan keuangannya dipublikasikan. Penilaian terhadap merek dilakukan dengan mewawancarai lebih dari tiga juta konsumen tentang ribuan merek dan analisis kinerja bisnis masing-masing perusahaan dengan menggunakan data dari Kantar Worldpanel.
Daftar 10 merek paling bernilai di dunia pada 2019:
- Amazon US$ 315,5 miliar
- Apple US$ 309,5 miliar
- Google US$ 309 miliar
- Microsoft US$ 251,2 miliar
- Visa US$ 177,9 miliar
- Facebook US$ 159 miliar
- Alibaba US$ 131,2 miliar
- Tencent US$ 130,9 miliar
- McDonald US$ 130,4 miliar
- AT&T US$ 108,4 miliar