Sempat Menyerah Pakai e-SPT, Konsultan Pajak Kritik Pelaporan Online

“Saya mencoba e-SPT lalu menyerah meskipun saya konsultan pajak,” kata Konsultan Pajak, Pengurus IAI KAPj Ratna Febrina.
Rizky Alika
1 Februari 2018, 16:52
Pajak e-filling
Arief Kamaludin|KATADATA

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak terus mendorong pelaporan pajak secara online. Namun, Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pajak (IAI KAPj) Ratna Febrina menilai masih terdapat beberapa permasalahan dalam sistem online tersebut di antaranya prosedur yang tidak mudah dipahami, termasuk oleh dirinya.

“Misalnya e-SPT, e-filling, kami masih alami tahun lalu, seperti perorangan, saya dikasih tahu harus e-SPT, tidak boleh manual. Saya mencoba e-SPT lalu menyerah meskipun saya konsultan pajak. Bayangkan, konsultan pajak menyerah," kata Ratna dalam diskusi perpajakan di Kampus Universitas Indonesia, Jakarta, Kamis (1/2). 

Menurut Ratna, dirinya harus mengunjungi kantor pajak untuk mengetahui prosedur pengisian e-SPT. Namun, persoalan tidak selesai di situ. Setelah urusan e-SPT beres, ia menemukan persoalan lain yaitu berkas e-SPT tidak bisa dicetak. Alhasil, ia tak memiliki salinan dokumennya. (Baca juga: Kerek Ranking Kemudahan Bayar Pajak, Sri Mulyani Andalkan Teknologi)

Ia pun memaklumi jika masyarakat mengalami kesulitan dalam mengikuti sistem pelaporan pajak secara online,  apalagi masyarakat yang berada di daerah-daerah yang belum memiliki banyak akses ke teknologi komputer. Sepengetahuan dia, pelaku usaha pun mengeluhkan permasalahan yang sama.

Advertisement

"Konsentrasi bukan jadi menjalankan bisnis, tapi menyelesaikan perpajakan," kata dia. Ia pun menilai sistem pelaporan yang kurang ramah bisa menjadi kendala bagi masyarakat yang ingin patuh membayar dan melaporkan pajaknya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait