KRI USMAN HARUN TIBA DI TIMOR LESTE Show
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Image title
Oleh Arief Kamaludin
15 Desember 2019, 08:45

Foto: Misi Diplomasi Kapal Perang Bersejarah Indonesia di Timor Leste

Pemerintah mengirimkan dua kapal perangnya ke Dili, Timor Leste untuk mengikuti Indonesia Maritme Envoy-19B. KRI Usman Harun-359 dan KRI Sultan Iskandar Muda-367 ini sekaligus menjalankan misi diplomasi selama empat hari di sana.

Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Himawan mengatakan kedua kapal perang bersejarah tersebut dikirim untuk menjadi duta maritim bagi negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia. “Untuk meningkatkan diplomasi yang berkaitan dengan kelautan,” kata Himawan seperti dikutip Antara di Mako Lantamal VII Kupang.

(Baca: Foto: Misi Diplomasi Internasional Pelayaran KRI Bima Suci)

Kali ini, Indonesia Maritime Envoy-19B untuk meningkatkan hubungan kerja sama Indonesia dengan Timor Leste yang pernah menjadi provinsi di Indonesia ke 27 itu. Kegiatan tersebut juga akan memberikan dampak positif bagi TNI AL karena akan ada hubungan kerja sama di bidang angkatan bersenjata.

Selama empat hari di Dili, rombongan ini menggelar pameran alutista mini seperti senjata dari PT Pindad dan PT PAL, serta akan ada open ship bagi para pejabat dari Timor Leste. Pimpinan TNI AL berharap agar pascakunjungan itu persaudaraan kedua negara semakin erat, serta ada peningkatan kerja sama antara TNI AL dan tentara Timor Leste.