Distrik Segun, Kabupaten Sorong Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
24 September 2021, 07:00

Foto: Saat Pengusaha Sawit Membidik Hutan Adat Segun di Sorong

Distrik Segun terletak di Kabupaten Sorong, Papua Barat. Di sana masih terbentang hutan yang menghijau. Ini adalah hutan adat yang menjadi sumber penghidupan 280 jiwa dari lima marga di sana, yakni, Nibra, Mili, Ketumlas, Sawat, dan Malagilik.

Saat ini ada rasa was-was yang menghantui warga di sana. Sebuah perusahaan hendak membabat hutan tempat pencaharian mereka dan menjadikannya perkebunan sawit hingga 15.000 hektare.

Ketua Kampung Distrik Segun Permenas Hae mengatakan warga belum pernah menerima uang sepeser pun dari perusahaan dalam urusan ini. Mereka sepakat tidak memberikan izin bagi perusahaan untuk menduduki hutan adat. “Dari hutan dan laut kami makan. Kalau sawit masuk, kehidupan anak dan cucu kami bisa terancam di masa depan,” kata Permenas, Rabu 22 September 2021.

Berulang kali pihak perusahaan dengan orang yang berbeda-beda mendatangi warga satu per satu. Biasanya ada dalih perbaikan akses jalan. Warga mendapat tawaran uang jaminan Rp 5.000.000 hingga 10.000.000.

Sekretaris Distrik Segun Samuel Ketumlas menyatakan, dari kecil hingga dewasa warga di sana bergantung dengan hasil hutan. Itulah mengapa mereka tak rela hutan adatnya disulap menjadi perkebunan sawit.

Ketakutan dan kekhawatiran menjangkiti mereka saat ada orang dengan wajah asing datang. “Kami pikir kalian orang perusahaan,” kata Samuel dangan wajah curiga.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.