Wajah Baru Stasiun Manggarai Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
2 Oktober 2021, 07:00

Foto: Wajah Baru Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai terus berbenah diri. Ada jalur layang atau elevated  yang beroperasi sejak 25 September kemarin sebagai lintasan kereta commuter jurusan Bogor-Depok ke Jakarta Kota atau Bogor-Depok yang hanya ke Manggarai.

Sebagai simpul pertemuan kereta, hub ini terintegrasi dengan Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Di bagian atas ada empat jalur kereta commuter  lintas Bogor, sementara di lantai paling bawah dua jalur kereta bandara. Seluruh jalur tersebut sudah beroperasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pekan lalu meninjau stasiun sentral ini.  Gedung baru itu, kata Budi Karya, untuk transit para penumpang dari Bogor atau Depok dan Jakarta Kota. Dengan banyaknya lintasan dan kereta transit, tak heran Stasiun Manggarai termasuk yang paling sibuk di Ibu Kota.

Walau sudah beroperasi, masih ada beberapa bagian dalam penyelesaian. Hingga kemarin, progres pengembangan stasiun ini mencapai 90,3 persen.

Menurut Mila, pengguna jasa commuter line, perkembangan Stasiun Manggarai sudah sangat baik. "Semua sudah terintegrasi. Namun belum semua beroperasi seperti lift sehingga penumpang masih berdesakkan saat menaiki tangga," kata perempuan 32 tahun ini, Kamis 29 September 2021.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.