Klaster LG, Masalah Protokol Kesehatan, & Tips Cegah Corona di Kantor

Image title
27 Agustus 2020, 12:35
Ilustrasi. Masalah penerapan protokol kesehatan jadi sebab banyak tempat kerja menjadi klaster Covid-19 seperti di pabrik LG Electronics, Cikarang.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ilustrasi. Masalah penerapan protokol kesehatan jadi sebab banyak tempat kerja menjadi klaster Covid-19 seperti di pabrik LG Electronics, Cikarang.

Klaster penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja kembali terjadi. Kali ini di pabrik LG Electronics di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat setelah 238 karyawannya terkonfirmasi positif virus corona.

Penyebaran Covid-19 di pabrik ini bermula dari seoroang staff office yang telah meninggal pada 19 Agustus 2020 silam. Karyawan tersebut sehari-hari bekerja dengan mobilitas tinggi dan kerap bertemu banyak orang. Hal ini yang membuat jumlah karyawan lain yang terpapar virus corona merebak hingga 238 orang.

“Lalu dilakukan PCR massal hari Jumat karena almarhum termasuk staff office yang mobile. Ditemukan 238 karyawan positif dari 600 karyawan yang diperiksa,” kata juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penangan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah Selasa (25/8/2020).

Setelah dikonfirmasi menjadi klaster baru penyebaran virus corona, pabrik ini ditutup untuk sementara. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi lalu melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan karyawan yang terkonfimrasi terpapar virus corona ini.

Kemarin (26/8), Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Irfan Maulana, memberi informasi baru bahwa klaster pabrik LG karena imported case atau kasus dari luar.

“Jadi (karyawan) tinggal di zona merah dan bekerja di Kabupaten Bekasi, lalu terjadi transmisi,” katanya melansir Tempo.co.

Jumlah karyawan yang positif pun bertambah empat orang menjadi 242. Dari total tersebut, 25 karyawan dirawat di rumah sakit dan sisanya mengisolasi diri secara mandiri di rumah.

Klaster di LG ini memperpanjang daftar penyebaran virus corona di pabrik. Sebelumnya tercatat penyebaran terjadi di pabrik Unilever, Denso, Sampoerna, dan Hitachi. Sementara itu, penyebaran virus corona di perkentoran wilayah DKI Jakarta per 9 Agustus telah mencapai 166 klaster dengan lebih dari 100 orang terinfeksi.

Masalah Protokol Kesehatan di Tempat Kerja

Penyebaran virus corona di pabrik dan perkantoran tak lepas dari permasalahan penerapan protokol kesehatan di tempat kerja. Salah satunya tercermin dari hasil survei Universitas Gadjah Mada atau UGM periode Juni hingga Agustus 2020 kepada 457 responden pekerja di berbagai wilayah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...