Tawarkan Industri Kreatif, Jokowi Kutip Judul Drama Korea

Image title
14 Maret 2017, 15:29
Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo.

Ada saja cara Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyenangkan tamunya. Hari ini misalnya, saat menjadi tuan rumah bagi ratusan chaebol (konglomerat) Negeri Ginseng, Jokowi mengutip judul drama Korea untuk menarik minat sekaligus investasi mereka.

 “Perusahaan Korea membuat industri besar, baja, petrokimia, dan garmen. Saya mengundang anda semua ke tahap berikutnya di sektor industri kreatif dan pariwisata,” kata Presiden Jokowi dalam acara Indonesia-Korea Business Summit di Jakarta, Selasa (14/3).

Jokowi mengatakan perekonomian Indonesia tidak lepas dari gelombang revolusi industri keempat yakni teknologi yang mementingkan pengalaman pengguna dan kreatifitas para pelakunya. Kekayaan budaya dan besarnya populasi anak muda kreatif menjadi modal Indonesia dalam industri ini.

(Baca juga: Pemerintah Tawarkan Ekonomi Kreatif ke Investor Korea)

Selain itu penduduk Indonesia juga sangat ramah dan dinamis. “Kami orang Indonesia adalah ‘Te-yang Ooi Hu-ye’, keturunan matahari yang sesungguhnya,” katanya. Meski Jokowi mengucapkannya dengan terbata, hadirin pun maklum dan tetap tersenyum.

‘Te-yang Ooi Hu-ye’ adalah sebuah judul drama romantis yang sangat terkenal dari Korea Selatan. Drama dengan judul internasional ‘Descendant of the Sun’ atau seperti kata Jokowi, ‘Keturunan matahari’ itu sangat digemari di sejumlah Negara, termasuk Indonesia.

Jokowi menyebut Korea Selatan sebagai negara dengan industri kreatif berbasis teknologi yang sangat maju. Ia pun menceritakan pengalamannya menonton konser boyband Super Junior bersama sang puteri di sela agenda kunjungannya ke Korea Selatan bulan Mei 2016 lalu. Ia terkesan dengan bagaimana industri kreatif Korea Selatan memberikan sumbangan besar bagi perekonomian negara.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...