Cara Unik Berlari sambil Donasi di Tengah Pandemi Melalui #BagiAsa

Kesehatan fisik dan psikis harus tetap dijaga pada masa pandemi. Anda bisa melakukannya sambil berdonasi.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
25 April 2020, 08:31
Treadmill - ilustrasi
123rf
Treadmill - ilustrasi

Yayasan DNC Compassion At Work menggelar Lean on Me Run/Walk, yaitu kegiatan amal berupa lomba lari dan jalan virtual. Para peserta pun dapat melakukan donasi untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

DNC Compassion At Work adalah yayasan yang ditangani oleh Firma Hukum Hendra Soenardi. DNC sendiri fokus pada pemberdayaan perempuan dan anak melalui psikoedukasi. Karena itu, Lean on Me Run/Walk dapat menjadi wadah edukasi untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan psikis pada masa pandemi.

Ketua DNC Compassion At Work Lidia Wati mengatakan, kesehatan fisik dan psikis selama masa pandemi Covid-19 harus  tetap dijaga. Sebab, cukup banyak masyarakat yang sulit menyesuaikan diri saat harus berdiam di rumah. “Kami melihat banyak orang yang merasa tertekan karena tiba-tiba harus mengubah gaya hidupnya, seperti bekerja atau belajar dari rumah,” ujarnya melalui siaran pers, di Jakarta, Kamis (23/4).

Ia mencontohkan, banyak orang tua yang harus mengajar anak sambil tetap bekerja di rumah atau anak-anak yang biasanya berinteraksi secara langsung dengan teman-teman di sekolah harus belajar secara online.

“Melalui kegiatan berlari, hormon endorfin atau yang sering disebut hormon bahagia akan tercipta sekaligus bisa mengurangi stres yang dirasakan. Selain menjaga kesehatan, berlari bersama anggota keluarga dapat menjadi kesempatan kita bonding dengan keluarga,” tuturnya.

Lean on Me Run/Walk dilaksanakan dengan tetap mematuhi aturan pembatasan sosial. Sehingga, peserta dapat berlari di rumah dengan alat treadmills atau berjalan di pekarangan rumah.

(Baca: Katadata dan Tiga Media Galang Dana Bagi Warga Miskin Terdampak Corona)

Lean on Me Run/Walk sudah digelar untuk jarak 5K pada 19 April lalu dan diikuti oleh 106 peserta. Sedangkan untuk nomor 10K akan digelar pada 25 – 26 April 2020 sampai pukul 23.59 WIB. Selain nomor 5K dan 10K, masih ada perlombaan lari virtual 21K yang digelar pada 2 Mei 2020 serta 42K yang waktu penyelenggaraan masih belum ditentukan. Pendaftaran dibuka melalui https://bit.ly/3aq55d1 secara gratis.

Untuk mengikuti lomba ini, peserta tidak harus menyelesaikan nomor yang diikuti dalam satu tahap. Peserta bisa istirahat dulu, makan, minum atau mandi asalkan bisa menyelesaikan sesuai waktu yang sudah ditetapkan. Nantinya, semua peserta harus mengunggah hasil lari ke tautan https://bit.ly/3btQoqL atau email ke [email protected]

DNC Compassion At Work akan memberikan donasi senilai Rp 25 ribu tiap peserta berlari mencapai 5 kilometer untuk nomor 5K, dan Rp 100 ribu tiap peserta berlari mencapai 10 kilometer untuk nomor 10K sampai batas maksimum Rp 20 juta.

Lidia menargetkan, dana yang didapat dari kegiatan Lean on Me Run/Walk dapat mencapai Rp 100 juta hingga Mei 2020 mendatang. Dana yang terkumpul akan diberikan melalui gerakan #BagiAsa kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Gerakan #BagiAsa yang merupakan kolaborasi empat media yaitu Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR. Dalam pelaksanaannya, gerakan #BagiAsa bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FoI), Accelerice, dan Firma Hukum Hendra Soenardi.

Inisiatif #BagiAsa muncul dari keprihatinan terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat kurang mampu akibat pandemi dan tenaga medis yang perlu melindungi diri dari tertular Covid-19.

Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR akan mengampanyekan dan memublikasikan gerakan tersebut melalui platform media sosial masing-masing. Individu atau korporat yang ingin menyalurkan bantuan dapat mengirimkannya melalui rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di BNI: 2005202055.

Editor: Pingit Aria

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait