Ada Vaksin, Jokowi Pastikan RI Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Sesuai protokol kesehatan, jumlah penonton Piala Dunia U20 tahun depan akan dibatasi.
Image title
Oleh Rizky Alika
20 Oktober 2020, 14:51
Petugas melakukan perawatan rutin di tribun Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (28/6/2020). Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang menjadi salah satu dari enam stadion yang ditunjuk Persatuan Sepak Bola Seluruh
ANTARA FOTO/Feny Selly/foc.
Petugas melakukan perawatan rutin di tribun Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (28/6/2020). Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang menjadi salah satu dari enam stadion yang ditunjuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Mei-Juni 2021 mendatang.

Presiden Joko Widodo meyakinkan Indonesia aman menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20 pada 2021. Pemerintah akan mengupayakan vaksinasi dapat dilakukan sebelum acara. Namun, protokol kesehatan Covid-19 tetap dilaksanakan sebagai langkah antisipasi.

Jumlah penonton dalam pertandingan sepak bola itu akan dibatasi. "Kami harap Mei dan Juni sudah bisa ditonton dengan kapasitas setengah atau tebatas dari kapasitas stadion," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai mengikuti rapat terbatas dengan Jokowi secara virtual, Selasa (20/10).

Bagaimanapun, kapasitas jumlah penonton akan bergantung dari keputusan Satgas Penanganan Covid-19 dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Menurutnya, FIFA juga akan melakukan supervisi dalam penerapan protokol kesehatan.

Di sisi lain, pemerintah akan mengupayakan vaksin Covid-19 telah terdistribusi secara merata pada Mei 2021. Hal ini juga akan menjadi penentu penerapan protokol kesehatan saat gelaran dua tahunan tersebut.

Ia menambahkan, Jokowi telah menyepakati peniadaan seremoni pembukaan dan penutupan FIFA U20. Hal ini sesuai dengan permintaan FIFA yang menginginkan pembukaan pertandingan hanya berupa pidato berdurasi 5-8 menit.

Dengan demikian, pembukaan hanya ditandai dengan pidato dari pihak pemerintah dan pihak FIFA, kemudian dilanjutkan dengan pertandingan pertama.

"Kita hanya tuan rumah. Jadi segala sesuatu atas persetujuan FIFA," ujar Jokowi, seperti dikutip dari keterangan pers.

Adapun, pemerintah telah memilih 6 provinsi sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia U20, yaitu di DKI Jakarta, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Bali. Zainudin memastikan, sarana dan prasarana pendukung di enam lokasi tersebut telah siap.

Saat ini, pemerintah tengah menunggu inspeksi kelayakan lapangan pertandingan tersebut dari FIFA. Namun, belum diketahui jelas kapan FIFA akan mengunjungi Indonesia. 

PERAWATAN STADION GELORA SRWIJAYA JAKABARING JELANG PIALA DUNIA U20
PERAWATAN STADION GELORA SRWIJAYA JAKABARING JELANG PIALA DUNIA U20 (ANTARA FOTO/Feny Selly/foc.)

 

Selain lokasi utama, nantinya ada empat lapangan tambahan yang akan digunakan untuk latihan. Di sisi lain, infrastruktur pendukung juga terus dipersiapkan, seperti konektivitas jalan menuju stadion, fasilitas penginapan, hingga jaringan internet. Adapun, sekretariat acara tersebut akan berlokasi di GBK Arena.

Dalam pembukaan rapat terbatas, Jokowi meyakinkan Indonesia aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk U20 2021. "Kita harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga sangat aman untuk dikunjungi," kata Jokowi.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia U20 adalah ajang unjuk gigi bagi para atlet muda sepak bola dari berbagai negara. Kejuaraan ini diikuti oleh negara-negara yang lolos babak penyisihan dengan mengirimkan tim nasional sepak bola pada kelompok umur di bawah 20 tahun. Sejak digelar pada 1977 Piala Dunia U20 telah diikuti oleh 76 negara. 

 

Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait