Jurusan Teknik Paling Diminati Siswa, 81,5% Pilih Kampus Negeri

Pingit Aria
21 Juni 2021, 16:10
Petugas mengawasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di kampus Universitas Bengkulu, Bengkulu, Senin (6/7/2020). Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jar
ANTARA FOTO/ David Muharmansyah/hp.
Petugas mengawasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di kampus Universitas Bengkulu, Bengkulu, Senin (6/7/2020). Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, pengecekan suhu tubuh, memakai masker atau pelindung wajah selama penyelenggaraan UTBK SBMPTN di Bengkulu yang diikuti oleh 7317 peserta.

Jurusan Teknik menjadi pilihan favorit pelajar yang akan menempuh jenjang pendidikan tinggi. Peluang karier dan reputasi jurusan menjadi bahan pertimbangan para calon mahasiswa.

Dalam survei Perilaku Pemilihan Jurusan Siswa yang dilakukan Aku Pintar bersama Katadata Insight Center, Teknik berada di urutan pertama, dipilih oleh 16,2% siswa. Jurusan favorit berikutnya adalah Pendidikan/Keguruan (7,4%), Kedokteran (7,3%), Manajemen (6,3%) dan Akuntansi (5,9%).

Advertisement

Panel ahli Katadata Insight Center, Mulya Amri, Ph.D., menjelaskan, faktor utama yang mendorong siswa dalam menentukan pilihan yaitu: peluang pekerjaan setelah lulus, gaji besar yang diperkirakan didapat saat bekerja, dan ketertarikan pada jurusan sesuai kemampuan, serta reputasi jurusan tersebut.

Survei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan ini telah dilakukan oleh Aku Pintar dan Katadata Insight Center terhadap 1153 siswa usia 15 - 18 tahun dari 32 provinsi pada 20-29 Maret 2021. Siswa yang disurvei ini berasal dari sekolah negeri (68,4%) dan swasta (31,6%), terdiri dari 49,4% laki-laki dan 50,6% perempuan.

Selain menempatkan Teknik sebagai jurusan favorit, hasil survei juga menunjukkan bahwa universitas yang paling diincar umumnya adalah kampus negeri (81,5%).

Universitas Gajah Mada (UGM) paling diburu. Sebanyak 13,4% responden memilih kampus yang berada di Yogyakarta ini. Diikuti Universitas Indonesia atau UI (7,8%), Institut Teknologi Bandung atau ITB (3,9%), Universitas Padjadjaran (3,8%), Universitas Airlangga (2,9%), Universitas Brawijaya (2,7%), dan lainnya.

Simak Databoks berikut:

Pengaruh Teman

Survei ini juga menemukan pola perilaku pelajar Gen Z dalam menentukan pilihan studi dan masa depan pendidikannya. Mulya mengatakan, bagi generasi ini, teman lebih berpengaruh dibanding orang tua.

“Kami menanyakan kepada siswa, siapa yang sering mereka ajak berkonsultasi mengenai studi, 73,4% lebih responden mengatakan sahabat atau temannya. Baru kemudian orang tua, yang disebut oleh kurang dari 50% responden,” kata Mulya dalam keterangan pers pada Senin 21 Juni 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement