Bantu Penjual, Tokopedia Buka Jaringan Logistik TokoCabang di 3 Kota

Lewat fasilitas logistik TokoCabang, mitra penjual Tokopedia bisa menitipkan stok produknya sehingga pengiriman ke konsumen akan lebih cepat.
Cindy Mutia Annur
22 Mei 2019, 10:56
Tokopedia membangun Tokopedia Care di DI Yogyakarta dan Semarang.
Tokopedia
Tokopedia membangun Tokopedia Care di DI Yogyakarta dan Semarang.

Tokopedia luncurkan jaringan gudang pintar bernama TokoCabang di tiga kota, yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Layanan gudang ini bertujuan untuk membantu para penjual di marketplace tersebut dalam memenuhi pesanannya.

Head of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra mengatakan, mitra penjual Tokopedia bisa menitipkan stok produknya di fasilitas gudang TokoCabang. Fasilitas tersebut juga dilengkapi dengan teknologi pendukung logistik yang mumpuni.

“Kami juga akan membantu menangani pesanan yang masuk, mengemas pesanan, hingga menyerahkannya ke kurir pengiriman,” ujar Erwin dalam siaran pers, Selasa (21/2).

Menurutnya, jaringan TokoCabang akan dikembangkan ke kota-kota lainnya hingga menjangkau seluruh penjuru di Indonesia. Dengan begitu, penjual akan lebih mudah memenuhi pesanan terutama di musim ramai seperti di bulan Ramadan.

Advertisement

(Baca: Riset: Mayoritas Konsumen Pakai THR untuk Belanja di E-commerce)

Ia melanjutkan, saat ini penjual bisa memanfaatkan layanan TokoCabang secara gratis selama 30 hari, kemudian membayar biaya jasa layanan sebesar Rp 3.000 untuk setiap barang yang terjual. Menurutnya, keberadaan TokoCabang memungkinkan penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli.

Ia menjelaskan, dengan layanan pemenuhan pesanan tersebut, pemilik toko kini tidak perlu lagi khawatir memikirkan isu operasional pemenuhan pesanan, apalagi ketika menghadapi kenaikan pesanan.

Ia optimistis layanan TokoCabang akan membantu siapapun untuk bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah.  “Hal ini membuat kami selangkah lebih dekat dalam mewujudkan misi besar untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital,” ujarnya.

Ke depannya, Tokopedia akan mengembangkan teknologi analitik yang dapat memberikan informasi yang lebih kepada penjual untuk menempatkan stok barang di lokasi yang permintaannya sedang tinggi.

(Baca: OVO Luncurkan Layanan PayLater di 200 Ribu Mitra)

“Dengan adanya TokoCabang memungkinkan pembeli di berbagai daerah di Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak pilihan barang yang dapat diterima lebih cepat dan dengan ongkos kirim lebih murah,” ujarnya.

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait