Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas

Tambahan diskon bisa didapatkan dari bank atau penyedia sistem pembayaran rekanan e-commerce saat Harbolnas.
Pingit Aria
11 Desember 2018, 11:11
Lazada
Lazada
Peluncuran Lazada 12.12 Grand Year End Sale di Pullman Hotel, Jakarta, Selasa (4/12).

Pesta belanja online terbesar di Indonesia, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018, akan mencapai puncaknya pada 12 Desember, esok. Ajang yang diikuti lebih dari 300 e-commerce di Indonesia ini memberikan berbagai promo menarik, seperti potongan harga hingga 90% dan cashback.

Country Head of ShopBack Indonesia, Indra Yonathan mengatakan, Harbolnas sebagai babak akhir dari rangkaian pesta belanja online yang ada di Indonesia. “Inilah yang menjadikan Harbolnas paling dinantikan masyarakat Indonesia,” ujarnya, Selasa (11/12).

Ia pun mencoba memberikan tips untuk belanja hemat dan cermat saat Harbolnas. Berikut adalah kiat-kiat tersebut:

1. Prioritas barang-barang yang ingin dibeli

Advertisement

Sebelum memasuki periode pesta belanja online, buatlah daftar barang yang paling Anda butuhkan atau yang ingin dibeli. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam wishlist  di platform e-commerce agar Anda lebih mudah membelinya saat barang tersebut turun harga. 

2. Cermati dengan seksama syarat dan ketentuan promo

Agar tidak merasa tertipu dengan promo yang ditawarkan oleh platform e-commerce saat Harbolnas, sempatkan  untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan dari program promo yang berlaku. Pastikan promo tersebut berlaku untuk barang incaran dengan metode pembayaran yang Anda gunakan.

(Baca juga: Banjir Promo Akhir Tahun, Transaksi E-Commerce Diprediksi Naik 30%)

3. Belanja di saat sepi pengunjung

Berdasarkan data historikal Shopback, waktu yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia saat pesta belanja online berlangsung  adalah pukul 09:00 - 11:00 pagi. Perhatikan juga waktu-waktu e-commerce menggelar flash sale untuk mendapat harga terbaik.

4. Cek Harga Pasar

Lakukan sedikit riset terkait harga barang yang ingin Anda beli. Harga-harga tersebut dapat menjadi acuan apakah harga yang ditawarkan di platform e-commerce saat Harbolnas tidak dimanipulasi oleh penjual.

5. Belanja di toko resmi

Jika Anda ragu akan keaslian produk, belilah produk di toko resmi yang sudah mendapat verifikasi dari platform e-commerce. Sempatkan juga untuk membaca secara mendalam keterangan dan review produk dari pembeli lain.  

6. Dapatkan tambahan promo atau cashback dari aplikasi pihak ketiga

Carilah promo belanja yang benar-benar menguntungkan Anda. Selain potongan harga yang dari e-commerce, carilah promo diskon tambahan lainnya.

Tambahan diskon biasanya banyak ditawarkan dari bank atau penyedia sistem pembayaran rekanan e-commerce saat Harbolnas. Anda juga bisa mendapatkan cashback jika melakukan transaksi belanja online di e-commerce favorit lewat platform pihak ketiga seperti ShopBack

(Baca juga: Harbolnas 12.12, Nasabah Mandiri dapat Diskon 93% dan Cashback Jutaan)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait