Ratri Kartika W.
23 Juni 2022, 14:00

Video: Jokowi Akan Bertemu Zelenzky dan Putin, Bahas Apa?

Presiden Joko Widodo direncanakan akan berkunjung ke Kiev, Ukraina untuk menemui Presiden Volodymyr Zelensky dan Moskwo, Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin. Kabar ini sebelumnya telah muncul diberbagai media luar negeri soal agenda pertemuan Jokowi ke Kremlin pada 30 Juni 2022.

Namun, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan pertemuan itu akan berlangsung usai menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni 2022. Jokowi pun tidak hanya bertemu dengan Putin namun juga akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Jokowi akan ingin menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan dan krisis pangan yang terjadi. Tren kenaikan harga pangan diprediksi akan berlanjut yang dipengaruhi tren tingginya harga pupuk, dan ganguan rantai pasok akibat perang kedua negara tersebut.

Jika pertemuan ini benar terjadi, Jokowi akan menjadi Presiden dari negara Asia pertama yang melakukan kunjungan ke kedua negara itu.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.