Alternatif Cara Memanjangkan Rambut Mudah, Cepat, dan Alami

Rambut panjang, hitam serta berkilau mungkin menjadi idaman banyak perempuan. Untuk mendapatkan hal tersebut, ada beberapa pilihan cara memanjangkan rambut yang bisa anda lakukan dirumah dengan mudah.
Image title
27 Juli 2021, 14:25
Alternatif Cara Memanjangkan Rambut Mudah, Cepat, dan Alami
instagram.com/kyo1122
Song Hye Kyo artis Korea yang terkenal dengan rambut panjang yang cantik

Memiliki rambut panjang mungkin menjadi impian setiap perempuan. Rambut panjang, hitam serta berkilau menggambarkan sosok perempuan yang anggun dan feminim. Sehingga tak heran, banyak perempuan yang mencari cara memanjangkan rambut. Sebenarnya untuk mendapatkan rambut panjang banyak sekali caranya. Anda bisa mendapatkan rambut panjang, sehat, berkilau secara alami dan cepat dengan mudah. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Banyak di antara kaum Hawa yang mendambakan rambut panjang dengan cepat. Ternyata hal tersebut bukanlah mimpi belaka, karena sebenarnya ada cara memanjangkan rambut dengan cepat dan mudah. Berikut ini cara-caranya:

1. Potong Ujung Rambut

Memotong ujung rambut ternyata bisa membuat rambut tumbuh dengan cepat. Secara logika, ketika rambut dipotong tentu akan semakin pendek, akan tetapi ternyata hal ini berkebalikan. Karena ternyata ujung rambut yang rutin dipotong bisa menjadi pemicu rambut tumbuh dengan lebih cepat. Hal tersebut disebabkan ujung rambut seringkali mengalami kerusakan dan pecah. Jika rambut yang rusak dan pecah itu dibiarkan tumbuh memanjang, akan berakibat rambut mejadi kering, sehingga pertumbuhan rambut menjadi terganggu dan rambut tidak lagi cantik.

Disarankan untuk memotong ujung rambut sepanjang kurang lebih 1 cm setiap 10 sampai 12 minggu sekali. Pemotongan ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan rambut yang bercabang. Meskipun diminta untuk memotong sekitar 1 cm, namun jangan lupa untuk memperhatikan model dari rambut anda, jangan sampai karena asal memotong justru membuat rambut menjadi berantakan dan berbeda panjangnya antar-sisi.

Advertisement

2. Gunakan Kondisioner

Konisioner sudah sangat akrab ditelinga kita semua, terutama para perempuan. Ternyata menggunakan kondisioner setiap selesai keramas juga bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut. Kondisioner memiliki fungsi untuk mengganti lemak dan proten pada bagian dalam batang rambut serta membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Kondisioner ini juga memiliki peranan lain dalam menjaga kesehatan rambut, seperti mengencangkan rambut, menambah elastisitas rambut, dan mencegah kerusakan pada rambut. Dengan rutin menggunakan kondisioner, bukan hanya cepat panjang namun rambut juga bisa tumbuh dengan sehat dan indah.

3. Jangan Keramas Setiap Hari

Ternyata keramas setiap hari tidak direkomendasikan untuk Anda yang sedang berupaya memanjangkan rambut. Meskipun pada umumnya para wanita dengan rambut panjang akan tergoda untuk keramas setiap hari karena cuaca yang panas membuat rambut lebih cepat berminyak dan kulit kepala gatal-gatal.

Keramas yang terlalu sering ternyata bisa menyebabkan rambut menjadi kering, kasar, dan mudah patah. Kulit kepala yang terlalu sering terkena sampo juga bisa berubah menjadi kering hingga iritasi. Larangan keramas setiap hari ini sebenarnya untuk menghindari efek sampo yang terlalu berlebih.

Saat ini produk shampo yang dijual di pasaran banyak mengandung bahan sulfat yang justru bisa menghilangkan minyak alami di kepala. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mulai selektif saat memilih sampo. Carilah sampo yang buat dari bahan non-sulfat untuk menjaga agar rambut Anda bisa tumbuh panjang dan sehat.

4. Jangan Sisir Rambut dalam Kondisi Basah

Menyisir rambut saat masih basah ternyata tidak dianjurkan. Hal tersebut dikarenakan rambut yang masih dalam kondisi basah mudah mengalami kerusakan dan lemah. Sehingga jika disisir dalam kondisi basah bisa menyebabkan kerusakan.

Akan tetapi untuk mendapatkan rambut yang panjang dan sehat juga tidak diperkenankan terlalu sering menggunakan pengering rambut (hairdryer), karena panas yang dihasilkan oleh alat ini juga bisa membuat rambut mudah patah.

Anda juga harus selektif dalam memilih sisir. Gunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut Anda dan pastikan sisir tersebut tidak menarik rambut terlalu keras dan menyebabkan kerontokan.

5. Kurangi Perawatan Menggunakan Bahan Kimia

Cara memanjangkan rambut berikutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan kimia untuk merawat rambut. Biasanya para perempuan akan tergoda untuk melakukan berbagai perawatan rambut seperti  bleaching, coloring, dan perawatan dengan bahan kimia lainnya. Perawatan menggunakan bahan kimia ternyata bisa memperlambat pertumbuhan rambut serta menyebabkan rambut mudah rusak dan kering.

Cara Cepat Memanjangkan Rambut dan Lurus

Bukan hanya rambut panjang saja yang menjadi impian banyak perempuan. Namun, rambut panjang dan lurus juga menjadi impian tersendiri. Untuk mendapatkan rambut panjang dan lurus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini cara cepat memanjangkan rambut dan lurus.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Merawat rambut dari dalam menjadi sebuah keharusan. Konsumsi makanan yang bergizi selain menyehatkan badan, ternyata bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut dan rambut bisa tumbuh dengan lurus. Makanan seperti buah, sayur, daging, susu, dan ikan bisa membantu rambut tumbuh dengan sehat dan meminimalisir kerontokan.

2. Gunakan Sumplemen Keratin

Suplemen keratin bisa menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan rambut yang panjang dan lurus. Saat ini sudah banyak produk perawatan rambut yang mengandung keratin, vitamin, dan mineral yang bisa mengurangi kerontokan pada rambut, dan menguatkan serta menebalkan rambut.

3. Memijat Kulit Kepala

Sering memijak kulit kepala juga bisa menjadi salah satu cara cepat memanjangkan rambut. Ketika anda memijak kulit kepala, sirkulasi darah yang ada dibagian bawah kulit menjadi lancar dan bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Anda bisa memijat kulit kepala saat sedang keramas, selain bisa memanjangkan rambut, cara ini juga akan membuat Anda lebih rileks dan kepala akan terasa lebih segar.

4. Kurangi Penggunaan Alat Pengering dan Pelurus Rambut

Ada cara instan untuk mendapatkan rambut yang lurus yakni dengan menggunakan alat pelurus rambut atau yang biasa disebut catokan rambut. Meskipun bisa meluruskan rambut dengan cepat, namun penggunaan alat dengan tingkat kepanasan cukup tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Bukan hanya catokan saja, alat pengering rambut atau hairdrayer juga bisa membuat rambut menjadi rusak.

Rambut menjadi mudah rontok, kering, dan pecah-pecah jika terus menerus menggunakan kedua alat tersebut. Bukan hanya alat perawatan rambut saja yang harus anda perhatikan, penggunaan bahan perawatan rambut juga harus anda perhatikan. Jangan terlalu sering menggunakan bahan kimia seperti cat rambut karena bisa merusak rambut. Rambut yang sudah rusak akan sulit untuk tumbuh menjadi panjang dan juga lurus.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami

Bagaimana, sudah mengetahui cara memanjang rambut dengan cepat? Tunggu dulu, karena masih ada alternatif lain untuk memanjangkan rambut agar terlihat indah dan sehat. Cara berikut ini cukup dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Adapun bahan alami yang bisa digunakan untuk memanjangkan rambut, sebagai berikut:

1. Kopi

Jika anda pecinta kopi, mungkin sekarang saatnya untuk menikmati kopi dengan cara lain. Jika biasanya kopi dijadikan sebagai minuman hangat atau dingin, namun ternyata kopi juga bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut secara alami. Kopi bisa membuat tekstur dan warna lambut menjadi lebih baik. Sangat cocok untuk Anda yang sedang memperbaiki rambut.

Untuk memanfaatkan bahan alami yang satu ini sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu merebus kopi sebanyak 4 sendok teh dan tambahkan dua gelas air. Setelah rebusan tersebut mendidih, diamkan sampai tidak terlalu panas. Kemudian Anda bisa mengguyurkan kopi tersebut ke rambut yang sudah dicuci, dan tutup rambut menggunakan shower cup selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, cuci bersih rambut anda sampai tidak ada sisa kopi yang tertinggal.

2. Santan

Bahan masakan yang terbuat dari kelapa ini ternyata bisa menjadi pilihan cara memanjangkan rambut dengan alami. Santan dipercaya bisa menutrisi rambut dan membuat rambut menjadi lebih lembab. Dengan nutrisi yang tercukupi, maka rambut bisa panjang secara alami dengan lebih cepat.

Cara untuk menggunakan santan sebagai pemicu pertumbuhan rambut sangatlah mudah. anda hanya perlu mengaplikasi santan ke rambut anda, kemudian tutup rambut dengan shower cup selama beberapa jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih dan shampo.

3. Cuka Apel

Bahan alami yang satu ini biasanya digunakan untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Namun siapa sangka jika cuka apel juga bisa digunakan sebagai cara cepat memanjangkan rambut. Cuka apel ternyata mampu membersihkan kotoran-kotoran yang ada di rambut dan juga kulit kepala. Jika kotoran di kepala terangkat, maka rambut akan lebih mudah tumbuh dan kulit kepala pun akan menjadi lebih sehat.

Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 2 gelas air. Setelah tercampur, anda bisa langsung menggunakan air cuka apel setelah anda selesai keramas. Gunakan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal, namun jangan terlalu berlebihan.

4. Telur

Makanan kaya protein yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk tubuh. Selain bergizi dan menyehatkan, telur juga bisa digunakan untuk memanjangkan rambut secara alami. Kandungan protein, sulfur, zinc, dan zat besi yang tinggi didalamnya membuat bahan ini bisa menjadi cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Anda bisa menggunakan telur bagian putihnya saja dan campurkan dengan minyak zaitun serta madu. Kemudian diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan sampai kurang lebih 20 menit kemudian bilas menggunakan air dingin dan cuci bersih menggunakan sampo. Lakukan cara ini beberapa kali setiap minggunya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Lidah buaya

Lidah biaya sudah sejak lama banyak digunakan untuk perawatan rambut ataupun kulit. Kandungan senyawa baik didalamnya membuat bahan alami ini dipercaya bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan senyawa lainnya yang membantu merawat rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Lidah buaya bisa meningkatkan aliran darah di area kulit kepala. Hal tersebut bisa menghambat kerusakan dan kerontokan pada rambut terhambat. Banyak juga yang menyebutkan bahan alami yang satu ini bisa memperkuat rambut, menghilangkan minyak, dan menenangkan rasa gatal pada kulit kepala. Kandungan vitamin A, C, dan E juga bisa membantu pertumbuhan sel yang lebih sehat.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai cara memanjangkan rambut dengan alami cukup mudah. Anda hanya perlu memotong dan mengupas kulit lidah buaya. Lalu mengoleskan daging lidah buaya dari kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait