10 Makanan yang Mengandung Protein dari Buah-Buahan

Selain ikan dan daging, buah juga menjadi makanan yang mengandung protein. Apa saja buah yang mengandung protein? Simak penjelasan berikut ini.
Image title
5 Agustus 2021, 16:05
makanan
pexels.com
Alpukat salah satu buah yang mengandung protein

Ketika mengkonsumsi buah-buahan, kita berharap mendapatkan manfaatnya. Sejauh ini mungkin kita mengenal buah sebagai sumber vitamin dan serat. Ternyata ada beberapa buah yang memiliki kandungan protein.

Meskipun tidak sebanyak daging, ikan, dan kacang-kacangan, kandungan protein yang ada di dalam buah juga bisa menjadi sumber nutrisi untuk tubuh. Apa saja buah yang mengandung protein? Simak penjelasan berikut ini.

Jenis Buah-buahan yang Mengandung Protein

1. Jambu biji

Jamu biji atau ada juga yang menyebutnya sebagai jambu merah biasanya untuk menyembuhkan demam berdarah atau menambah vitamin di dalam tubuh. Ternyata, jambu biji ini masuk dalam kategori makanan yang mengandung protein. Kandungan proteinnya sekitar 4,2 gram untuk satu cangkir. Selain itu, jambu biji memiliki kandungan vitamin C dan serat yang cukup tinggi. Anda bisa mengkonsumsi jambu biji secara langsung atau membuatnya menjadi jus.

2. Alpukat

Makanan yang satu ini memiliki rasa dan tekstur yang khas. Meski harganya di pasaran cukup mahal, alpukat banyak diburu karena kaya manfaat. Biasanya alpukat digunakan untuk beberapa produk kecantikan dan dipercaya baik untuk kesehatan kulit.

Selain manfaat tersebut, alpukat mengandung protein nabati yang baik untuk tubuh.  Kandungan protein yang ada di dalam satu cangkir alpukat sekitar 3 gram. Aplukat juga memiliki kandungan lemak baik, serat, dan kalium yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Nangka

Siapa sangka jika buah yang sering kita jumpai ini ternyata mengandung protein juga. Buah nangka sebanyak satu cangkir memiliki sekitar 2,8 gram protein. Kandungan protein tersebut ternyata bisa mencukupi kebutuhan gizi harian. Rasanya yang manis dan aromanya yang sedap membuat banyak orang menyukai buah ini. Nangka bahkan sering diolah menjadi makanan atau minuman turunan yang rasanya enak.

4. Pisang

Buah ini memiliki rasa yang menis dan tekstur lembut serta varian yang banyak. Pisanga menjadi sala satu buah favorit banyak orang. Pisang mengdungan protein sekitar 1,3 gram dalam satu buahnya. Pisang juga kaya akan kalium yang baik untuk tubuh. Buah tropis ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat berbagai macam makanan seperti pisang goreng, kripik pisang, smoothies pisang, kolak pisang, dan pilihan olahan lainnya sesuai dengan selera anda.

5. Kiwi

Buah yang mengandung protein selanjutnya yaitu kiwi. Buah yang rasanya cenderung masam namun ada manisnya juga. Kiwi memiliki kandungan protein sekitar 2 gram protein dalam satu cangkir. Buah ini bisa langsung disantap atau bisa juga diolah menjadi bentuk makanan lain seperti salad atau jus.

6. Blackberry

Mungkin yang teringat dibenak kita saat mendengar kata balckberry yaitu rasa yang masam dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Namun buah ini ternyata memiliki kandungan protein sekitar 2 gram dalam satu cangkir buah ini. Blackberry ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan.

7. Raspberry

Sama halnya dengan blackberry, buah yang satu ini ternyata juga memiliki kandungan protein. Buah ini memiliki ukuran kecil namun kaya akan manfaat. Kandungan protein yang ada di dalam satu cangkir Raspberry ada sekitar 1,5 gram. Buah ini bisa menjadi camilan sehat untuk Anda.

8. Kismis

Buah yang mengandung protein selanjutnya yaitu kismis. Buah ini sebenarnya anggur yang sudah dikeringkan. Biasanya kismis digunakan untuk sebagai topping kue atau makanan lainnya. Buah ini ternyata memiliki kandungan protein yang menyehatkan tubuh. Dalam setiap 60 butir kismis ternyata memiliki kandungan 1 gram protein.

9. Aprikot

Sebenarnya buah ini kurang populer di Indonesia. Aprikot memiliki kandungan protein seperti buah-buah sebelumnya. Di dalam satu cangkir aprikot mengndung protein sebesar 2,3 gram. Biasanya buah ini dijadikan sebagai bahan untuk membuat salad bersama dengan buah lainnya.

10. Melon

Melon bisa menjadi pilihan buah yang mengandung protein selanjutnya. Buah yang berwarna hijau ini memiliki aroma wangi dan rasanya juga manis. Dalam 100 gram melon memiliki sekitar2 persen kandungan protein. Sedangkan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, zinc, kalium, kalsium, dan magnesium. Melon biasanya dikonsumsi langsung atau dibuat minuman jus yang segar.

Itulah beberapa pilihan buah yang mengandung protein yang bisa menjadi sumber protein harian anda. Buah-buahan di atas bisa anda kreasikan menjadi berbagai jenis makanan yang lezat namun tetap memiliki nilai gizi yang tinggi.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait