10 Makanan yang Mengandung Protein dari Buah-Buahan

Siti Nur Aeni
5 Agustus 2021, 16:05
makanan
pexels.com
Alpukat salah satu buah yang mengandung protein

Ketika mengkonsumsi buah-buahan, kita berharap mendapatkan manfaatnya. Sejauh ini mungkin kita mengenal buah sebagai sumber vitamin dan serat. Ternyata ada beberapa buah yang memiliki kandungan protein.

Meskipun tidak sebanyak daging, ikan, dan kacang-kacangan, kandungan protein yang ada di dalam buah juga bisa menjadi sumber nutrisi untuk tubuh. Apa saja buah yang mengandung protein? Simak penjelasan berikut ini.

Jenis Buah-buahan yang Mengandung Protein

1. Jambu biji

Jamu biji atau ada juga yang menyebutnya sebagai jambu merah biasanya untuk menyembuhkan demam berdarah atau menambah vitamin di dalam tubuh. Ternyata, jambu biji ini masuk dalam kategori makanan yang mengandung protein. Kandungan proteinnya sekitar 4,2 gram untuk satu cangkir. Selain itu, jambu biji memiliki kandungan vitamin C dan serat yang cukup tinggi. Anda bisa mengkonsumsi jambu biji secara langsung atau membuatnya menjadi jus.

2. Alpukat

Makanan yang satu ini memiliki rasa dan tekstur yang khas. Meski harganya di pasaran cukup mahal, alpukat banyak diburu karena kaya manfaat. Biasanya alpukat digunakan untuk beberapa produk kecantikan dan dipercaya baik untuk kesehatan kulit.

Selain manfaat tersebut, alpukat mengandung protein nabati yang baik untuk tubuh.  Kandungan protein yang ada di dalam satu cangkir alpukat sekitar 3 gram. Aplukat juga memiliki kandungan lemak baik, serat, dan kalium yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Nangka

Siapa sangka jika buah yang sering kita jumpai ini ternyata mengandung protein juga. Buah nangka sebanyak satu cangkir memiliki sekitar 2,8 gram protein. Kandungan protein tersebut ternyata bisa mencukupi kebutuhan gizi harian. Rasanya yang manis dan aromanya yang sedap membuat banyak orang menyukai buah ini. Nangka bahkan sering diolah menjadi makanan atau minuman turunan yang rasanya enak.

4. Pisang

Buah ini memiliki rasa yang menis dan tekstur lembut serta varian yang banyak. Pisanga menjadi sala satu buah favorit banyak orang. Pisang mengdungan protein sekitar 1,3 gram dalam satu buahnya. Pisang juga kaya akan kalium yang baik untuk tubuh. Buah tropis ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat berbagai macam makanan seperti pisang goreng, kripik pisang, smoothies pisang, kolak pisang, dan pilihan olahan lainnya sesuai dengan selera anda.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...