5 Tempat Wisata Majalengka yang Menawan

Image title
20 Agustus 2021, 09:30
Pesona Terasering Panyaweuyan yang mnejadi salah satu tempat wisata Majalengka
survive-giezag.org
Pesona Terasering Panyaweuyan yang mnejadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Majalengka

Kabupaten Majalengka berada di bagian timur Provinsi Jawa Barat dan memiliki dataran rendah hingga tinggi sehingga menghasilkan pesona alam yang indah. Ada beberapa destinasi wisata Majalengka yang menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Adanya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Majalengka menjadikan destinasi di sana semakin terkenal. Wisatawan lebih mudah mengunjungi tempat-tempat di Kabupaten Majalengka dan Provinsi Jawa Barat.

Kondisi Geografis Kabupaten Majalengka

Melansir dari situs web Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ibukota Kabupaten Majalengka adalah Kecamatan Majalengka yang berjarak 91 kilometer dari ibukota provinsi. Luas daerah Kabupaten Majalengka yakni 1204,24 kilometer persegi atau sekitar 2,71% dari luas Propinsi Jawa Barat.

Secara geografis, Kabupaten Majalengka terletak di bagian timur Provinsi Jawa Barat pada posisi 108° 03’ - 108° 19 BT di sebelah barat, 108° 12’ - 108° 25’ BT di sebelah timur, 6° 36’ - 6° 58’ LS di sebelah utara, dan 6° 43’ - 7° 03’ LS di sebelah selatan. Kabupaten Majalengka berbatasan dengan wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara, berbatasan dengan Kabupaten Indramayu.
  • Sebelah Timur, berbatasan dengan Kabupaten Cirebon dan Kuningan.
  • Sebelah Selatan, berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya.
  • Sebelah Barat, berbatasan dengan Kabupaten Sumedang

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Kabupaten Majalengka tercatat 1.210.709 pada 2020 dan terdiri dari 605.597 perempuan dan 605.112 laki-laki dengan kepadatan penduduk sebesar 971 orang per kilometer persegi.

Kabupaten Majalengka yang terbentang dari dataran pesisir utara Jawa, hingga pegunungan Parahyangan di sebelah selatan, menjadikan wilayah ini kaya akan wisata alam yang mempesona.

Berikut ini adalah destinasi wisata Majalengka yang dapat Anda kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Majalengka

1. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy
Curug Cipeuteuy (ksdae.menlhk.go.id)
 

Curug Cipeuteuy merupakan air terjun di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Tempat ini menyajikan keindahan alam yang membuat pengunjung betah dan ingin terus bermain air karena udaranya sangat sejuk dan airnya jernih.

Pengunjung dapat mengakses jalan menuju lokasi dengan mudah karena sebagian besar sudah diaspal. Tetapi, jalannya cukup sempit dan pada tanjakan hanya cukup dilewati satu mobil. Saat sampai di lokasi, pengunjung dapat menaruh kendaraan langsung di tempat parkir. Lokasi parkir menuju Curug Cipeuteuy tidak terlalu jauh, sekitar setengah kilometer.

Sepanjang jalan menuju air terjun, Anda akan terpesona oleh alam yang indah dan hamparan pepohonan hijau. Suara kicau burung dan gemericik air membentuk irama yang menenangkan dan melepas lelah.

Harga tiket masuk ke air terjun Cipeuteuy terjangkau dan bervariasi tergantung usia. Berikut daftar harganya:

  • Anak-anak (usia 1-4 tahun) Rp 5.000
  • Dewasa: Rp 15.000

Sementara tarif parkir adalah sebagai berikut:

  • Mobil: Rp 15.000 
  • Sepeda motor: Rp 8.000 

2. Situ Cipanten

Situ Cipanten
Situ Cipanten (badan-penghubung.jabarprov.go.id)

 

Situ Cipanten terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka. Menurut sejarahnya, situs ini sudah ada sejak 1970. Berkat kerja sama dan inovasi serta pengelolaan yang profesional antara Pemerintah Desa Gunung Kuning dan pemuda setempat, kini Situ Cipanten merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Wisata ini berupa danau dan hutan. Air danau jernih serta dikelilingi pepohonan. Warna air danau sering berubah sehingga menjadi fenomena yang menarik. Warna danau bisa menjadi hijau toska saat musim kemarau, namun suatu saat berubah menjadi biru saat musim hujan tiba. Di sini banyak spot foto yang cocok untuk dibagikan di media sosial.

Kawasan wisata alam seluas satu hektare ini menawarkan berbagai pilihan kekinian dan sangat menarik bagi pengunjung milenial, terutama spot foto titanic boat dan jembatan cinta. Fasilitas unik lainnya bisa dinikmati wisatawan dengan perahu air dan wahana bebek-bebekan.

Selain digunakan untuk destinasi wisata alam, Situ Cipanten juga dimanfaatkan warga sekitar sebagai sumber irigasi. Untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar, wisata ini juga dimanfaatkan untuk pengelolaan perikanan air tawar.

Untuk mengunjungi lokasi ini, pengunjung diberikan beberapa rute. Jika perjalanan dimulai dari pusat Kota Majalengka, pengunjung akan menempuh jarak sekitar 16 kilometer. Rute yang ditempuh mulai dari Majalengka ke Rajagaluh, setelah itu ke Desa Salagedang dan Kecamatan Sindang.

Namun, jika wisatawan luar Majalengka memulai perjalanan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, jarak yang ditempuh sekitar 38,3 km dan memakan waktu 1 jam dengan melewati Jl. Jatiwangi - Majalengka / Jl. Jatiwangi - Majalengka - Karayunan.

Lokasi Situ Cipanten buka setiap hari, Senin sampai Minggu. Jam bukanya adalah mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.15. Harga tiket masuk Situ Cipanten adalah Rp 5.000 per orang. Pengunjung juga dapat menikmati wahana becak air seharga Rp 20.000 per 20 menit, menyewa perahu seharga Rp 5.000 atau mengunjungi spot foto seharga Rp 2.500.

3. Perkebunan Teh Cipasung

Perkebunan Teh Cipasung
Perkebunan Teh Cipasung (lemahsugihkec.com)

 

Sempat menjadi viral di media sosial, perkebunan teh Cipasung berkembang pesat menjadi tempat rekreasi favorit wisatawan. Suasana perkebunan teh Cipasung yang tenang dan damai merupakan destinasi yang cocok bagi Anda yang ingin merasakan kesejukan alam dan melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Udara disini sangat segar sehingga mampu menenangkan pikiran.

Sedangkan bagi yang suka selfie atau hunting foto, tempat ini memang menjadi salah satu spot instagramable terbaik yang bisa kamu temukan. Pemandangan indah yang terdiri dari lembah teh berwarna hijau membentang sejauh mata memandang. Perkebunan Teh Cipasung terletak di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka, tepat di perbatasan dengan Kabupaten Ciamis.

4. Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda
Curug Kapak Kuda (udaindra.blogspot.com)

 

Curug Kapak Kuda adalah sebuah air terjun yang terletak di Dusun Tapak Kuda, Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat sekitar 45 km dari Kota Majalengka dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 1,5 jam. Curug Kapak Kuda juga dapat ditempuh dengan waktu 2 jam 5 menit dengan bagi wisatawan yang mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Untuk sampai ke lokasi ini, gunakan rute Jl. Majalengka - Cikijing.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Dalam perjalanan mengunjungi lokasi air terjun, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam yang asri berupa perbukitan hijau dan sawah terasering yang eksotis.

Curug Kapak Kuda terdiri dari 2 tingkat, tampak air yang mengalir melalui lembah yang sempit. Air terjun ini juga menjadi sumber air bagi warga sekitar. Sebagian besar air dialirkan melalui pipa yang dialirkan ke rumah penduduk. Sisanya disalurkan melalui saluran irigasi kecil untuk mengairi sawah warga.

5. Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan menawarkan pemandangan alam yang eksotik dalam bentuk sawah berundak yang hijau. Lokasi destinasi ini berada di Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Tempat wisata ini Berjarak 23 km dan dapat ditempuh dalam 50 menit perjalanan dari pusat kota Majalengka ke lokasi.

Sedangkan jika perjalanan wisata dimulai dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati dapat mengambil rute melalui Jl. Kertajati - Kadipaten dan Jl. Majalengka - Cikijing selama 1 jam 21 menit dengan jarak 47,1 km.

Terasering Panyaweuyan terletak 2000 meter di atas permukaan laut sehingga memberikan udara sejuk, asri, dan eksotis untuk dinikmati. Daerah ini pada dasarnya adalah bukit gundul yang digunakan sebagai lahan pertanian. Karena bentang alamnya yang curam, satu-satunya cara untuk mengolahnya adalah dengan membuat terasering.

Sebagian besar petani di Panyaweuyan menanam sayuran seperti kubis, bawang merah, atau selada yang tersebar dalam bukit-bukit hijau nan indah. Terasering Panyaweuyan cocok dikunjungi untuk melepas lelah sembari berfoto dan menikmati keindahan alam.

Demikian rekomendasi tempat wisata di Majalengka yang dapat Anda kunjungi. Akses ke Majalengka kini semakin mudah dengan adanya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sehingga para wisatawan domestik maupun mancanegara dapat turut menikmati keindahan Majalengka.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait