13 Manfaat dan Cara Konsumsi Safron yang Wajib Diketahui

Bagi anda yang ingin mengetahui manfaat saffron, berikut ini kami rangkumkan beberapa manfaat dari bunga safron beserta cara mengonsumsinya.
Image title
30 Juli 2021, 22:11
13 Manfaat Saffron dan Cara Konsumsi Saffron yang Wajib Diketahui, safron, manfaat saffron untuk wajah, manfaat bunga saffron, manfaat saffron untuk kesehatan, Cara konsumsi saffron, safron, manfaat saffron
freepik.com
Safron adalah nama rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus

Safron atau bunga safron adalah rempah-rempah yang berasal dari bunga Crovus sativus atau bunga pacar. Rempah-rempah ini beberapa tahun terakhir sedang naik daun dan harganya pun meroket tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh manfaat saffron yang sangat beragam baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan. Bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat dari bunga safron, berikut ini kami rangkumkan beberapa manfaat dari rempah mahal ini beserta cara mengonsumsinya.

Manfaat Safron Untuk Kesehatan

Manfaat bunga safron tidak muncul begitu saja, manfaat yang dikeluarkan karena bunga tersebut memiliki beberapa kandungan gizi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah. Melansir laman halosehat.com, bunga safron memiliki beberapa kandungan seperti; protein, lemak, serat, energi, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin C.

Kandungan tersebut membuat safron memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini daftar manfaat safron bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menimpa siapa saja. Bahaya penyakit yang satu ini bisa sampai menyebabkan kematian. Penyebab dari penyakit ini pun sangat banyak dan beragam. Melihat bahaya dari penyakit ini, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mencegah kanker, salah satunya dengan mengonsumsi safron.

Advertisement

safron memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker karena memiliki sifat antioksidan sehingga bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, manfaat safron lainnya yakni bisa membuat sel kanker menjadi sensitif pada perawatan kemoterapi.

2. Mencegah risiko diabetes

Diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita dan juga berisiko. Siapa saja bisa mengalami penyakit ini. Namun sebenarnya diabetes bisa dicegah. Salah satunya menggunakan safron. Manfaat bunga safron dalam mencegah penyakit ini yakni karena safron memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas dari hormon insulin yang ada di dalam tubuh. Hal ini sangat berguna untuk mencegah risiko penyakit diabetes dan juga pengobati penyakit tersebut.

3. Mengurangi berat badan

Manfaat safron untuk kesehatan lainnya yakni bisa mengurangi berat badan. Safron bisa menekan nafsu makan, sehingga membuat siapa saja yang mengonsumsinya bisa menurunkan berat badan dengan cepat namun tetap aman. Tak heran jika safron kini menjadi salah satu bahan baku untuk pembuatan suplemen. Tidak hanya berat badan yang turun, lingkar perut dan lemak juga bisa berkurang jika rutin mengonsumsi bunga safron.

4. Mengurangi nyeri haid

Banyak perempuan yang terkadang mengeluhkan nyeri pada bagian perut saat sedang datang bulan. Untuk mengatasi gangguan tersebut, ada beberapa rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal salah satunya safron. Selain bisa mengurangi nyeri pada haid, manfaat safron lainnya yakni bisa menjaga perubahan emosional pada perempuan yang sedang mengalami sindrom pramenstruasi (PMS).

5. Mengurangi stres dan depresi

Manfaat lainnya dari safron untuk kesehatan yakni bisa mengurangi stres dan depresi. Biasanya safron dikonsumsi dalam bentuk suplement untuk pengobatan stres dan depresi ringan sampai sedang. Karena berasal dari bahan alami, sehingga efek sampingnya pun cenderung sedikit.

6. Mengurangi lemak di dalam darah

Manfaat safron untuk kesehatan selanjutnya yakni bisa mengurangi lemak yang ada di dalam darah. Bunga safron ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kolesterol naik atau HDL. Hal tersebut membuat safron baik untuk kesehatan. Meskipun demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut oleh para ahli terhadap manfaat safron yang satu ini.

7. Bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan

safron juga memiliki manfaat untuk meningkatkan penglihatan pada orang dewasa. Dengan mengonsumsi safron maka pengurangan daya penglihatan bisa diminimalisir karena safron memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penglihatan berkurang.

Manfaat safron Untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan, safron juga bermanfaat bagi kecantikan wajah. Ada beberapa manfaat safron untuk wajah yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumi rempah dari bunga ini. Berikut ini penjelasannya:

1. Membuat kulit menjadi lembab

Kulit kering sering menjadi keluhan banyak orang. Kulit yang mengering membuat siapa saja tidak nyaman, tak jarang kulit kering menyebabkan luka di wajah. Untuk itu, banyak orang mencari produk perawatan kulit yang bisa melembabkan kulit. Namun produk-produk yang terkadang beredar di pasaran memberikan efek samping yang kurang baik jika digunakan terus menerus.

Akan tetapi saat ini ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit, salah satunya yakni rempah-rempah yang bernama safron. Bunga safron ini memiliki kemampuan untuk meratakan tekstur kulit dan memberikan kelembaban pada kulit wajah secara alami. Biasanya safron digunakan pada produk seperti toner atau face mist.

2. Membantu mencerahkan kulit wajah

Manfaat safron untuk wajah berikutnya yakni bisa membantu mencerahkan wajah. Kulit yang cerah dan sehat mungkin menjadi idaman banyak orang terutama bagi para perempuan. Memang sudah banyak produk yang mengklaim bisa mencerahkan kulit dengan cepat, namun semua hal yang instan pasti memiliki efek yang kurang baik dikemudian hari.

Menyadari hal tersebut, membuat banyak orang beralih ke bahan alami yang relatif lebih aman. safron bisa menjadi pilihan bahan alami untuk mencerahkan kulit karena memiliki senyawa crocin. Senyawa tersebut kaya akan antioksidan dan vitamin c yang bagi kesehatan kulit wajah. Anda bisa juga mencampurkan dengan susu dan kayu cendana untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Menghilangkan kerutan pada wajah

Manfaat safron untuk wajah lainnya yakni bisa menghilangkan kerutan yang muncul di wajah. Kerutan dan garis halus ini bisa diatasi karena safron memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi dan menangkal radikal bebas. safron juga memiliki kemampuan untuk regenerasi vitamin E sehinga kulit bisa memproduksi kolagen sendiri yang berperan untuk mencegah penuaan dini.

4. Mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat secara alami

safron juga memiliki manfaat lain yakni bisa mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat secara alami. Masalah jerawat menjadi salah satu masalah wajah yang paling sering dikeluhkan. Sudah banyak produk kecantikan yang menjanjikan bisa mengatasi masalah jerawat, tapi tidak semua terbukti.

Bagi Anda yang mungkin mengalami masalah jerawat dan bekas jerawat yang tak kunjung hilang, tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan alami menggunakan safron. Bunga ini memiliki kandungan antibakteri dan antiperadangan sehingga bisa mencegah munculnya jerawat. Selain itu, safron juga memiliki sifat antijamur, yang bisa membantu mengurangi bekas jerawat. Anda bisa mencampurkan safron dengan bahan alami lainnya seperti kunyit, untuk bisa mendapatkan hasil perawatan yang maksimal.

5. Menghilangkan mata pAnda

Permasalahan lainnya yang sering muncul di wajah yaitu mata panda atau lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Kondisi tersebut memang tidak berbahaya dan tidak juga menyebabkan rasa sakit seperti jerawat, namun jika dibiarkan terus menerus membuat penampilan kurang segar dan wajah terkesan lesu.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalah tersebut, salah satunya dengan manfaat safron. Bahan alami ini memiliki kemampuan untuk eskfoliasi kulit sehingga secara perlahan mata panda bisa hilang dengan sendirinya. Penggunaan safron juga bisa dibarengi dengan bahan alami lainnya sehingga hasil yang didapatkan akan lebih cepat dan maksimal.

6. Menghilangkan noda hitam di wajah

Selain mampu menghilangkan mata panda, safron juga bisa menghilangkan noda hitam lainnya yang ada di wajah. Manfaat safron untuk wajah ini membuat banyak orang memburu rempah yang satu ini. Anda bisa menggunakan 2 sampai 3 helai safron dengan madu 1 sendok makan lalu jadikan campuran tersebut sebagai masker. Oleskan secara merata dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas sampai bersih.

Pilihan Cara Konsumsi safron

Rempah-rempah “mahal” ini selain bisa memberikan banyak manfaat, kelebihan lain yang dimilikinya yakni mudah untuk di konsumsi. Ada beberapa pilihan cara konsumsi safron yang bisa Anda pilih. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Dikonsumsi sebagai minuman hebal

Seperti rempah-rempah lainnya, safron juga bisa dijadikan sebagai minuman herbal. Cara ini dipilih karena simpel dan kandungan senyawa baik yang ada didalamnya juga tetap terjaga. Berikut ini beberapa langkah untuk menjadikan safron sebagai minuman herbal:

  • Masukkan safron sebanyak 50 sampai 100 miligram (mg) ke dalam wadah berukuran kecil seperti mangkok kecil.
  • Kemudian masukkan es tau yang sudah hancur ke dalam wadah yang berisi safron. Pastikan es batu tersebut terbuat dari air mineral yang sehat dan tidak mengandung klorin.
  • Diamkan es batu dan safron tersebut di suhu ruang sampai es batu mencair.
  • Jika es sudah mencair, maka air tersebut akan berubah warna menjadi merah. Dan Anda sudah mengonsumi cairan tersebut dengan dicampurkan pada minuman lain seperti teh.

2. Mengonsumsi dalam bentuk teh safron

Selain merendam dalam es batu, safron juga bisa langsung diseduh bersama dengan teh dan madu. Manfaat safron tidak akan hilang meskipun sudah dicampur dengan bahan lainnya. Untuk membuat teh safron Anda bisa mengikuti cara-cara seperti ini:

  • Masukkan teh ke dalam gelas lalu tambahkan air panas.
  • Tambahkan juga madu murni agar rasanya sedikit manis.
  • Kemudian tambahkan safron sebanyak 2 sampai 3 lembar.
  • Lalu tunggu sampai sekitar 5 menit dan nikmati teh safron tersebut selagi hangat.

3. Sebagai campuran masakan

Cara konsumsi safron lainnya bisa dengan mencampurkan pada masakan. Anda bisa memasukkan safron dalam sop ayam. Anda juga bisa menambahkan masakan tersebut dengan rempah lainnya seperti kunyit, lada, dan kayu manis serta menambahkan bumbu masakan seperti garam, gula, minyak zaitun, bawang-bawangan, dan cabai.

safron yang akan dimasak bersama dengan makanan lainnya bisa Anda masukkan terakhir, saat masakan sudah hampir matang atau bisa juga ditumis bersama dengan rempah dan bumbu lainnya. Penambahan safforn ke dalam masakan selain kaya manfaat, juga bisa menambah cita rasa sehingga makanan semakin nikmat.

Demikian beberapa manfaat safron untuk kesehatan dan kecantikan wajah beserta dengan cara mengonsumsinya. Rempah alami tersebut akan mengeluarkan manfaat secara maksimal jika Anda menggunakannya secara tepat dan tidak berlebihan. Tambahkan juga beberapa bahan alami lain seperti susu, kunyit, madu, atau rempah lain yang terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait