13 Manfaat dan Cara Konsumsi Safron yang Wajib Diketahui

Siti Nur Aeni
30 Juli 2021, 22:11
13 Manfaat Saffron dan Cara Konsumsi Saffron yang Wajib Diketahui, safron, manfaat saffron untuk wajah, manfaat bunga saffron, manfaat saffron untuk kesehatan, Cara konsumsi saffron, safron, manfaat saffron
freepik.com
Safron adalah nama rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus

Safron atau bunga safron adalah rempah-rempah yang berasal dari bunga Crovus sativus atau bunga pacar. Rempah-rempah ini beberapa tahun terakhir sedang naik daun dan harganya pun meroket tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh manfaat saffron yang sangat beragam baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan. Bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat dari bunga safron, berikut ini kami rangkumkan beberapa manfaat dari rempah mahal ini beserta cara mengonsumsinya.

Manfaat Safron Untuk Kesehatan

Manfaat bunga safron tidak muncul begitu saja, manfaat yang dikeluarkan karena bunga tersebut memiliki beberapa kandungan gizi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah. Melansir laman halosehat.com, bunga safron memiliki beberapa kandungan seperti; protein, lemak, serat, energi, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin C.

Advertisement

Kandungan tersebut membuat safron memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini daftar manfaat safron bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menimpa siapa saja. Bahaya penyakit yang satu ini bisa sampai menyebabkan kematian. Penyebab dari penyakit ini pun sangat banyak dan beragam. Melihat bahaya dari penyakit ini, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mencegah kanker, salah satunya dengan mengonsumsi safron.

safron memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker karena memiliki sifat antioksidan sehingga bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, manfaat safron lainnya yakni bisa membuat sel kanker menjadi sensitif pada perawatan kemoterapi.

2. Mencegah risiko diabetes

Diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita dan juga berisiko. Siapa saja bisa mengalami penyakit ini. Namun sebenarnya diabetes bisa dicegah. Salah satunya menggunakan safron. Manfaat bunga safron dalam mencegah penyakit ini yakni karena safron memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas dari hormon insulin yang ada di dalam tubuh. Hal ini sangat berguna untuk mencegah risiko penyakit diabetes dan juga pengobati penyakit tersebut.

3. Mengurangi berat badan

Manfaat safron untuk kesehatan lainnya yakni bisa mengurangi berat badan. Safron bisa menekan nafsu makan, sehingga membuat siapa saja yang mengonsumsinya bisa menurunkan berat badan dengan cepat namun tetap aman. Tak heran jika safron kini menjadi salah satu bahan baku untuk pembuatan suplemen. Tidak hanya berat badan yang turun, lingkar perut dan lemak juga bisa berkurang jika rutin mengonsumsi bunga safron.

4. Mengurangi nyeri haid

Banyak perempuan yang terkadang mengeluhkan nyeri pada bagian perut saat sedang datang bulan. Untuk mengatasi gangguan tersebut, ada beberapa rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal salah satunya safron. Selain bisa mengurangi nyeri pada haid, manfaat safron lainnya yakni bisa menjaga perubahan emosional pada perempuan yang sedang mengalami sindrom pramenstruasi (PMS).

5. Mengurangi stres dan depresi

Manfaat lainnya dari safron untuk kesehatan yakni bisa mengurangi stres dan depresi. Biasanya safron dikonsumsi dalam bentuk suplement untuk pengobatan stres dan depresi ringan sampai sedang. Karena berasal dari bahan alami, sehingga efek sampingnya pun cenderung sedikit.

6. Mengurangi lemak di dalam darah

Manfaat safron untuk kesehatan selanjutnya yakni bisa mengurangi lemak yang ada di dalam darah. Bunga safron ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kolesterol naik atau HDL. Hal tersebut membuat safron baik untuk kesehatan. Meskipun demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut oleh para ahli terhadap manfaat safron yang satu ini.

7. Bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan

safron juga memiliki manfaat untuk meningkatkan penglihatan pada orang dewasa. Dengan mengonsumsi safron maka pengurangan daya penglihatan bisa diminimalisir karena safron memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penglihatan berkurang.

Manfaat safron Untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan, safron juga bermanfaat bagi kecantikan wajah. Ada beberapa manfaat safron untuk wajah yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumi rempah dari bunga ini. Berikut ini penjelasannya:

1. Membuat kulit menjadi lembab

Kulit kering sering menjadi keluhan banyak orang. Kulit yang mengering membuat siapa saja tidak nyaman, tak jarang kulit kering menyebabkan luka di wajah. Untuk itu, banyak orang mencari produk perawatan kulit yang bisa melembabkan kulit. Namun produk-produk yang terkadang beredar di pasaran memberikan efek samping yang kurang baik jika digunakan terus menerus.

Akan tetapi saat ini ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit, salah satunya yakni rempah-rempah yang bernama safron. Bunga safron ini memiliki kemampuan untuk meratakan tekstur kulit dan memberikan kelembaban pada kulit wajah secara alami. Biasanya safron digunakan pada produk seperti toner atau face mist.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement