Laporan Katadata Soal Polusi Udara Jakarta Masuk Nominasi Sigma Awards

Rezza Aji Pratama
18 Maret 2022, 18:01
polusi udara, jakarta, Sigma awards
sigmaawards.org

Karya jurnaslime data Katadata.co.id yang mengungkap polusi udara di Jakarta selama pandemi Covid-19 berhasil masuk dalam nominasi penghargaan Sigma Awards for Data Journalism 2022. 

Sigma Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk mengapresiasi karya-karya terbaik jurnalisme data dari seluruh dunia. Penghargaan ini diinisiasi oleh para jurnalis kawakan pada 2019 dengan dukungan dari Google News Initiative. 

Tahun ini Sigma Awards menerima 603 entri dari seluruh dunia. Komite penghargaan membuka penghargaan untuk dua kategori yakni portofolio dan proyek tunggal. Kategori portofolio mengapresiasi para jurnalis dan tim yang memiliki deretan karya jurnalisme data yang mentereng. Sementara untuk kategori proyek tunggal diberikan kepada naskah-naskah yang dianggap paling menarik. Katadata berhasil masuk nominasi untuk kategori proyek tunggal.

Komite juri kemudian memilih 100 nominee dari 603 entri yang dikompetisikan.  Sebanyak 100 nominee ini berasal dari 86 organisasi di 28 negara di seluruh dunia. Selanjutnya, komite juri akan memilih naskah terbaik dari para nomine untuk diberikan penghargaan sebagai pemenang Sigma Awards 2022 pada April mendatang.

Komite penghargaan menyebut fokus karya tahun ini berkutat pada penanganan pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Menurut panitia, sepanjang 2021 banyak sekali karya di bidang jurnalisme data yang membahas Covid-19 dari berbagai aspek. 

“Kami ingin mengapresiasi karya-karya luar biasa itu untuk menginspirasi para jurnalis agar bisa belajar dari proyek-proyek koleganya,” tulis panitia dalam situs resminya. 

Masuknya laporan Katadata sebagai salah satu nominee Sigma Awards 2022 disambut sukacita oleh Tim Jurnalis Data Katadata . Redaktur Pelaksana Katadata, Aria Wiratma Yudhistira, mengatakan ini pertama kalinya laporan Katadata masuk nominasi Sigma Awards.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...