Manfaat Bengkuang, Cegah Diabetes hingga Bisa Mencerahkan Wajah

Manfaat bengkuang cukup beragam. Buah ini mampu mencegah diabetes, melancarkan pencernaan, sampai mencerahkan kulit. Berikut manfaat bengkuang untuk kesehatan dan kecantikan.
Image title
27 Oktober 2021, 17:56
Manfaat Bengkuang, Cegah Diabetes hingga Bisa Mencerahkan Wajah
ANTARA FOTO/Siswowidodo/rwa.
Penjual menata bengkuang di Magetan, Jawa Timur, Kamis (8/4/2021). Penjual mendatangkan bengkuang dari Tuban Jawa Timur dan dijual seharga Rp10.000 hingga Rp15.000 per ikat.

Manfaat bengkuang atau pachyrhizus erosus cukup populer dalam dunia kecantikan. Sejumlah produk perawatan kulit menggunakan bengkuang sebagai bahan dasar. Namun, tumbuhan yang termasuk dalam suku polong-polongan ini juga berkhasiat untuk kesehatan.

Bengkuang memiliki kandungan serat yang melimpah. Buah ini juga mengandung banyak air sehingga terasa menyegarkan ketika digigit.

Mengutip Medical News Today, dalam 100 gram (gr) bengkuang mengandung 38 kalori; 8,82 gr karbohidrat; 1,80 gr gula; 0,72 gr protein; 0,09 gr lemak; 4,90 gr serat; 150 miligram (mg) potasium; 12 mg kalsium; dan 20,20 mg vitamin C.

Tumbuhan yang tergolong tanaman liana atau memerlukan kaitan atau objek lain untuk memperoleh cahaya matahari ini juga mengandung tiamin, riboflavin, asam patotenat, fosfor, kalsium, seng, vitamin E dan B6.

Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan

Mengutip Healthline, bengkuang menyimpan beberapa antioksidan yang dapat menunjang tubuh dalam mencegah kerusakan sel.

Senyawa antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif  dan berujung pada penyakit kronis, seperti diabetes, kardiovaskular, penurunan kognitif, hingga kanker.

Selain itu mencegah penyakit kronis di atas, berikut beberapa manfaat bengkuang lainnya untuk kesehatan.

1. Menyehatkan jantung

Bengkuang mengandung sejumlah besar serat makanan larut yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dengan menghalau empedu diserap kembali di usus, dan menahan hati memproduksi lebih banyak kolesterol.

Selain itu, buah ini mengandung kalium yang ampuh menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Kandungan zat besi dan tembaga dalam bengkuang juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

2. Cegah dehidrasi

Bengkuang kaya akan air sehingga dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan harian. Kadar air dalam bengkuang berkisar 86-90%.

3. Membantu menurunkan berat badan

Meski rendah kalori, umbi ini termasuk makanan padat nutrisi. Bengkuang kaya akan air dan serat yang dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya kenyang lebih lama.

Selain itu, bengkuang mengandung serat inulin prebiotik yang berkaitan dengan penurunan berat badan dan berdampak pada hormon yang mempengaruhi rasa kenyang dan lapar.

4. Meningkatkan fungsi otak

Vitamin B6 yang terkandung dalam bengkuang dapat meningkatkan fungsi otak dan saraf. Senyawa ini juga aktif membantu tubuh memproduksi sel darah merah serta mengubah protein menjadi energi.

Di samping itu, karbohidrat dan serat yang terkandung dalam bengkuang membantu menjaga kelancaran aliran darah pada otak.

5. Menjaga kestabilan gula darah

Buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah dan tinggi serat. Artinya, mengonsumsi bengkuang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menunjukan bahwa tikus yang memakan ekstrak bengkuang cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih rendah. Kendati demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

6. Melancarkan pencernaan

Kendungan serat pada buah bengkuang ampuh memperlancar pencernaan. Selain itu, bengkuang mengandung inulin yang dapat meningkatkan frekuensi BAB hingga 31% pada orang yang mengalami konstipasi. Di samping itu, bengkuang kaya akan air yang dapat membantu meringankan gejala sembelit.

Terkait masalah pencernaan, bengkuang juga disebut bermanfaat untuk lambung.

Manfaat bengkuang untuk lambung

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membahas manfaat bengkuang untuk lambung. Namun, nutrisi yang terkandung dalam bengkung dapat menunjuang kesehatan pencernaan, termasuk asam lambung.

Mengutip Medical News Today, vitamin C yang terkandung dalam makan disebut mampu mengurangi frekuensi gejala asam lambung dan gastroesophageal reflux (GERD). Selain itu, serat dan magnesium kerap dikaitkan dengan penurunan asam lambung.

Manfaat Bengkuang untuk Wajah

Tidak hanya baik untuk kesehatan, bengkuang dapat menunjang penampilan. Kandungan antioksidan, vitamin E, selenium, dan beta karoten yang cukup tinggi pada bengkuang dapat membantu menyehatkan kulit.

Adapun manfaat kecantikan yang bisa didapat dari bengkuang, di antaranya kulit tampak lebih cerah, mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat dan bekasnya, melembabkan kulit, melenyapkan flek hitam, dan mengontrol minyak pada wajah.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat masker bengkuang. Berikut cara membuat masker bengkuang:

Alat dan bahan:

  • Satu buah bengkuang
  • Mangkuk
  • Parutan
  • Kuas

Cara membuat:

  • Pertama-tama, kupas dan cuci bengkuang hingga bersih.
  • Parut habis bengkoang dan peras airnya, pisahkan di wadah yang berbeda.
  • Oleskan menggunakan kuas ke wajah secara merata.
  • Diamkan masker bengkuang selama kurang lebih 15 menit. kemudian, bilas dengan air dingin.
  • Gunakan ampas bengkuang sebagai scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati agar wajah lebih cerah dan bersinar.
  • Pijat-pijat selama membalurkan scrub ke wajah selama satu menit. Lalu, bilas dengan air bersih.
  • Setelah wajah bersih, gunakan pelembap untuk mengikat nutrisi pada kulit dan supaya manfaat yang dihasilkan tidak sia-sia.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali seminggu.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait