Manfaat Bengkuang, Cegah Diabetes hingga Bisa Mencerahkan Wajah

Image title
27 Oktober 2021, 17:56
Manfaat Bengkuang, Cegah Diabetes hingga Bisa Mencerahkan Wajah
ANTARA FOTO/Siswowidodo/rwa.
Penjual menata bengkuang di Magetan, Jawa Timur, Kamis (8/4/2021). Penjual mendatangkan bengkuang dari Tuban Jawa Timur dan dijual seharga Rp10.000 hingga Rp15.000 per ikat.

Manfaat bengkuang atau pachyrhizus erosus cukup populer dalam dunia kecantikan. Sejumlah produk perawatan kulit menggunakan bengkuang sebagai bahan dasar. Namun, tumbuhan yang termasuk dalam suku polong-polongan ini juga berkhasiat untuk kesehatan.

Bengkuang memiliki kandungan serat yang melimpah. Buah ini juga mengandung banyak air sehingga terasa menyegarkan ketika digigit.

Mengutip Medical News Today, dalam 100 gram (gr) bengkuang mengandung 38 kalori; 8,82 gr karbohidrat; 1,80 gr gula; 0,72 gr protein; 0,09 gr lemak; 4,90 gr serat; 150 miligram (mg) potasium; 12 mg kalsium; dan 20,20 mg vitamin C.

Tumbuhan yang tergolong tanaman liana atau memerlukan kaitan atau objek lain untuk memperoleh cahaya matahari ini juga mengandung tiamin, riboflavin, asam patotenat, fosfor, kalsium, seng, vitamin E dan B6.

Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan

Mengutip Healthline, bengkuang menyimpan beberapa antioksidan yang dapat menunjang tubuh dalam mencegah kerusakan sel.

Senyawa antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif  dan berujung pada penyakit kronis, seperti diabetes, kardiovaskular, penurunan kognitif, hingga kanker.

Selain itu mencegah penyakit kronis di atas, berikut beberapa manfaat bengkuang lainnya untuk kesehatan.

1. Menyehatkan jantung

Bengkuang mengandung sejumlah besar serat makanan larut yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dengan menghalau empedu diserap kembali di usus, dan menahan hati memproduksi lebih banyak kolesterol.

Selain itu, buah ini mengandung kalium yang ampuh menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Kandungan zat besi dan tembaga dalam bengkuang juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

2. Cegah dehidrasi

Bengkuang kaya akan air sehingga dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan harian. Kadar air dalam bengkuang berkisar 86-90%.

3. Membantu menurunkan berat badan

Meski rendah kalori, umbi ini termasuk makanan padat nutrisi. Bengkuang kaya akan air dan serat yang dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya kenyang lebih lama.

Selain itu, bengkuang mengandung serat inulin prebiotik yang berkaitan dengan penurunan berat badan dan berdampak pada hormon yang mempengaruhi rasa kenyang dan lapar.

4. Meningkatkan fungsi otak

Vitamin B6 yang terkandung dalam bengkuang dapat meningkatkan fungsi otak dan saraf. Senyawa ini juga aktif membantu tubuh memproduksi sel darah merah serta mengubah protein menjadi energi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...