Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

Image title
2 November 2021, 15:36
Rumus luas dan keliling persegi panjang.
Pexels.com/Monstera
Rumus luas dan keliling persegi panjang.

Rumus luas dan keliling persegi panjang termasuk materi dasar dalam pembelajaran matematika. Rumus tersebut cukup dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika mengukur pintu, jendela, lemari, kasur, atau papan tulis.

Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

Rumus Luas Persegi Panjang

Persegi panjang merupakan bangun datar yang dibatasi oleh sisi-sisi. Bangun datar dua dimensi ini terdiri dari panjang dan lebar dengan ukuran yang berbeda. Rumus luas persegi panjang, yaitu:

Advertisement

L = p x l

Keterangan: L = luas, p = panjang, l = lebar

Luas persegi panjang
Luas persegi panjang (Buku Mengenal Bangun Datar)
 



Cara menentukan luas persegi panjang adalah melihat panjang ABCD dengan panjang 6 satuan dan lebar 4 satuan. Jika dibuat persegi, maka ukuran 1 satuan diperoleh 24 persegi satuan. Banyaknya persegi satuan menyatakan luas daerah persegi panjang ABCD.

Luas persegi panjang ABCD = 6 x 4 satuan, dengan luas = 24 satuan luas. Secara umum, jika persegi panjang dinyatakan dalam huruf p kecil dan lebarnya dinyatakan huruf l kecil, Maka rumusnya L = p x l. Persegi panjang terdiri dari panjang dan lebar yang tidak sama.

Bangun persegi panjang bisa disebut ABCD. Terdapat 4 sisi persegi panjang yaitu AB, BC, CD, dan DA. Bangun datar ini memiliki dua diagonal yaitu AC dan BD. Ada 4 sudut persegi panjang yaitu sudut A, B, C, dan D. Sudut dinyatakan dengan tiga huruf yaitu sudut A = sudut BAD.

Ada banyak contoh bangun persegi panjang yang sering kita jumpai, di antaranya papan tulis, permukaan meja, lapangan bola, dan sebagainya.

Rumus Keliling Persegi Panjang

Selain luas, persegi panjang bisa diukur dengan menghitung kelilingnya. Mengutip buku “Mengenal Bangun Datar” yang ditulis oleh Bayu Sapta Hari, keliling persegi panjang adalah semua sisi persegi panjang.

Keliling persegi panjang merupakan jumlah dari keempat sisinya. Keliling persegi panjang dapat dihitung dengan satuan baku dan tak baku.

Misalnya, seorang anak melintasi jalan dari A menuju B, dari B menuju C, dari C menuju D, dan dari D menuju ke A. Anak itu mengelilingi persegi panjang ABCD. Maka, panjang lintasan yang dilalui adalah AB+ BC + CD + DA. Artinya keliling persegi panjang adalah jumlah panjang sisi membentuk persegi panjang tersebut.

Rumus persegi panjang bisa dicari dengan cara berikut:

K = AB+ BC + CD + DA

= p + l + p + l

= 2p + 2l

= 2 (p + l)

Jadi, rumus keliling persegi panjang: K = 2 x (p + l)

Contoh Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang

Berikut beberapa contoh soal mencari luas dan keliling persegi panjang:

1. Suatu bangun datar persegi panjang memiliki panjang 18 cm dan lebar 7 cm. Hitunglah:

  • keliling dan luas persegi panjang!
  • Keliling yang sama dari soal a dibuat persegi panjang baru dengan panjang persegi panjang 1 1/2 dari lebarnya. Maka hitung luas persegi panjang tersebut.

Jawaban:

K = 2(p + l)

= 2(18 + 7)

= 2 x 25

= 50 cm.

L = p x l

= 18 x 7

= 126 cm2

Jadi, keliling persegi panjang tersebut adalah 50 cm dan luas 126 cm2.

Panjang = 1 1/2

lebar p = 3/2 l

Keliling = 2 (p + l)

50 = 2 (3/2l + l)

50 = 2 (5/2 l)

50 = 5 l

l = 10 cm

p = 3/2 x 10 = 15 cm

Jadi, luas persegi panjang itu adalah 150 cm2.

Menghitung luas persegi panjang

2. Ibu membeli sebuah dompet baru berbentuk persegi panjang. Dompet tersebut memiliki panjang 4 cm dan lebar 5 cm. Hitunglah luas dari dompet berbentuk persegi panjang tersebut!

Diketahui:

p = 4 cm

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement