Dasar-Dasar Trigonometri yang Perlu Diketahui

Image title
3 November 2021, 18:05
Ilustrasi trigonometri
Pexels.com/Dids
Ilustrasi trigonometri

Bagi orang yang tidak menyukai pelajaran matematika atau materi perhitungan lainnya, mendengar nama "trigonometri", mungkin akan terasa asing. Bahkan, tidak sedikit menghindari materi ini, meski belum pernah mempelajarinya dengan serius.

Materi tentang trigonometri seakan menjadi momok menakutkan bagi orang-orang yang tidak suka pelajaran matematika. Padahal, bila dipelajari dengan giat, materi ini bisa dipahami. Walau pun hanya dasar-dasarnya saja.

Jika tertarik untuk mempelajari trigonometri, maka Anda harus menyimak ulasannya dalam artikel ini. Tak peru basa-basi, berikut penjelasan tentang trigonometri, lengkap dengan istilah dasar pada rumus trigonometri.

Apa Itu Trigonometri?

Apa yang Anda bayangkan tentang materi trigonometri? Susah dipahami? Jika masih memilki anggapan seperti itu, Anda harus menghilangkannya. Seperti kata pepatah "Tak Kenal Maka Tak Sayang", Anda tidak akan tahu trigonometri sebelum mempelajarinya. Langkah awal Anda untuk belajar trigonometri adalah mengetahui definisinya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), trigonometri bisa diartikan sebagai untuk mengukur sudut dan sempadan segitiga. Trigonometri juga dipakai pada ilmu atau kajian astronomi dan lainnya.

Sementara merujuk buku berjudul Kamus Matematika: Istilah, Rumus, dan Perhitungan yang ditulis Rohmat Kurnia, trigonometri bisa diartikan sebagai studi tentang segitiga pada permukaan benda berbentuk bola, dan sisi busur yang memiliki lingkaran besar. Trigonometri juga berguna untuk navigasi.

Singkatnya, pengertian trigonometri adalah cabang ilmu matematika yang berkaitan tentang sudut segitiga. Istilah trigonometri sendiri berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu trigonon artinya tiga sudut, dan metro yang artinya mengukur.

Mengutip buku Dasar-Dasar Trigonometri yang ditulis Nurmala R, disebutkan bahwa pada zaman dahulu, awalnya trigonometri merupakan bagian dari cabang ilmu astronomi. Kemudian, trigonometri akhirnya berdiri sebagai cabang ilmu yang mandiri.

Perkembangan trigonometri tidak bisa dilepaskan dari dengan penggunaan ilmu matematika terapan, dengan keperluan ilmu sains dan astronomi. Sejarah mencatat, lebih dari 3000 tahun lalu, ilmu terkait trigonometri ini sudah ada dan dipakai oleh masyarakat Mesir Kuno, Babilonia, dan peradaban bangsa di lembah Indus.

Seiring berjalannya waktu, trigonometri yang berkaitan tentang sudut ini menjelma menjadi salah satu cabang dari ilmu matematika. Melihat bagaimana sejarah perkembangannya yang sangat panjang, maka pilihan yang tepat untuk Anda mempelajarinya. 

Anda bisa memulai belajar terkait dengan trigonometri, dengan mendalami cerita sejarahnya.

Konsep Dasar Trigonometri

Setelah mengetahui apa itu trigonometri, serta sejarah singkatnya. Anda bisa mempelajari bagaimana konsep dari trigonometri.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...