Spesifikasi dan Harga Motor Listrik Gesits, Kendaraan Listrik Lokal

Image title
5 November 2021, 16:04
Spesifikasi dan Harga Motor Listrik Gesits, Kendaraan Listrik Lokal
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo menjajal motor listrik buatan dalam negeri Gesits seusai melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang terlibat proses produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018). Audiensi tersebut membahas persiapan produksi massal sepeda motor listrik Gesits.

Indonesia sedang gencar meningkatkan penggunaan kendaraan transportasi listrik hingga beberapa tahun mendatang. Bahkan, ada wacana pada tahun 2050 kendaraan yang dijual di Indonesia nantinya hanya yang bertenaga listrik.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, padarapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (14/6/2021). Menurutnya, konversi dari BBM ke listrik menjadi suatu program yang harus secara sungguh-sungguh disusun dan dilaksanakan.

Selain itu, Pemerintah menargetkan Indonesia menjadi pemain utama industri kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dunia. Sederet upaya pun dilakukan, di antaranya dengan membuat peta jalan pengembangan mobil listrik, pemberian insentif, hingga pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Indonesia telah menetapkan roadmap atau peta jalan pengembangan EV melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 27 Tahun 2020 tentang Spesifikasi Teknis, Roadmap EV, dan Perhitungan Tingkat Kandungan Lokal,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu (14/7).

Industri alat transportasi telah menjadi prioritas dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035. Untuk mendorong Indonesia menjadi pemain utama, pemerintah menciptakan ekosistem kendaraan listrik dengan melibatkan para pemangku kepentingan, seperti produsen, industri baterai, pilot project, konsumen, dan infrastruktur seperti tempat pengisian baterai atau charging station.

Sementara itu, motor listrik karya anak bangsa sudah jadi dan siap diproduksi dan dipasarkan. Motor listrik yang diusung dengan nama Gesits ini merupakan hasil kerjasama antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di tahun 2018 silam.

Motor listrik Gesits sendiri merupakan impian anak bangsa yang ingin mewujudkan Tanah Airnya yang mandiri dalam bidang transportasi, teknologi dan industri

Tingginya dukungan pemerintah terhadap motor listrik Gesits mendorong terwujudnya kerjasama yang terjalin untuk produksi, pemasaran, dan operasional. Kerjasama ini terwujud antara akademisi, BUMN dan pihak swasta.

Proyek motor listrik Gesits melibatkan banyak pihak, diantaranya adalah ITS, ITB, UNS dari perwakilan akademisi. Kemudian dari pihak BUMN diwakili oleh PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, PT Pindad, PT Len Industri, PT Pertamina, dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Untuk pihak swasta diwakili oleh PT Gesits Technologies Indo (GTI).

Setelah kerjasama tersebut terjalin, kemudian PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi dengan PT Gesits Technologies Indo (GTI) mendirikan pabrik baru untuk memproduksi motor listrik Gesits, yaitu PT Wijaya Manufakturing (WIMA) yang berada di Cilengsi, Bogor, Jawa Barat.

Gelaran IIMS 2019 menjadi momen peluncuran resmi sekaligus ajang unjuk gigi bagi motor listrik Gesits.

Desain

Motor listrik Gesits memiliki desain yang cukup mirip dengan motor Honda Vario 150. Apalagi pada bagian depan, lampu utama bahkan serupa dengan miliknya motor Honda Vario 150. Kemiripan lainnya juga terlihat pada desain bodi yang kekar dan garis-garis bodi yang tajam.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...