5 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Image title
26 November 2021, 14:34
Ilustrasi cara memutihkan gigi.
Pexels.com/Pavel Danilyuk
Ilustrasi cara memutihkan gigi.

Gigi yang putih dan sehat menjadi salah satu penunjang kepercayaan diri seseorang. Untuk itu, tak sedikit orang yang melakukan berbagai cara hingga mengeluarkan biaya mahal demi mendapatkan gigi putih dan bersih.

Bahkan, sebuah laporan menyebutkan warga Amerika Serikat bisa menghabiskan lebih dari US$1 miliar setiap tahun untuk perawatan gigi berlubang lengkap dengan produk pemutih gigi.

Advertisement

Penyebab Gigi Kuning

Mengutip Healthline, banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putihnya.

Makanan tertentu dapat menodai email gigi, yang merupakan lapisan terluar gigi. Selain itu, penumpukan plak pada gigi dapat menyebabkan gigi tampak kuning. Jenis perubahan warna ini biasanya dapat diatasi dengan pembersihan dan pemutihan secara teratur.

Namun, terkadang gigi terlihat kuning karena enamel keras telah terkikis, memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan tulang berwarna kuning alami yang terletak di bawah email.

Cara Memutihkan Gigi

Mengutip Pleasant Family Dentistry dan sumber terkait lainnya, berikut cara memutihkan gigi kuning yang membandel:

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Menyikat gigi setiap hari adalah hal terpenting yang harus dilakukan agar gigi tetap bersih dan sehat. Jika Anda belum menyikat gigi secara teratur, cobalah untuk mulai rutin menyikat gigi. Jika telah menyikat gigi setiap hari, namun gigi masih berwarna kuning, cobalah menyikat gigi lebih sering, terutama sehabis makan atau minum.

Namun, jangan langsung menyikat setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam karena dapat menyebabkan erosi atau terkikisnya lapisan enamel gigi.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, cobalah mengunakan pasta pemutih gigi. Pasta gigi jenis ini menggunakan bahan abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda membandel dari permukaan gigi. Namun, jika mengalami masalah setelah menggunakan pasta gigi jenis ini, segera berkonsultasi dengan dokter gigi.

2. Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Soda kue memiliki sifat memutihkan gigi yang membantu dalam menghilangkan noda dari permukaan gigi karena sifat abrasifnya.

Sebuah studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi standar tanpa soda kue. Semakin tinggi konsentrasi baking soda, semakin besar efeknya.

Untuk menggunakan obat ini, campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan gosok gigi Anda dengan pasta tersebut. Lakukan selama beberapa kali per minggu.

Sementara itu, hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang dapat membantu membunuh bakteri. Sejak zaman dahulu, zat yang satu ini sudah digunakan ntuk membunuh bakteri pada luka. Salah satu cara menggunakan hidrogen peroksida adalah sebagai obat kumur sebelum menyikat gigi. Pastikan Anda menggunakan larutan 1,5% atau 3% untuk menghindari efek samping.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda dan 1% hidrogen peroksida menyebabkan gigi lebih putih secara signifikan.

Studi lain menemukan bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi komersial yang mengandung soda kue dan peroksida dua kali sehari menyebabkan 62% gigi lebih putih dalam enam minggu.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement