Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh Tanpa Obat

Siti Nur Aeni
30 Juli 2021, 21:17
Ketahui Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh, sakit gigi tanpa obat, obat sakit gigi
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi pengobatan gigi berlubang

Sakit gigi pasti pernah dirasakan semua orang. Penyakit ini memang datang tanpa mengenal usia. Jika sudah sakit gigi, maka aktivitas makan juga akan terganggu. Rasa seri yang muncul membuat orang yang sedang sakit gigi merasa tidak nyaman dan mencari cara mengatasi sakit gigi.

Penyakit sakit gigi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti ada bagian gigi yang tumbuh, gusi membengkak, adanya gigi berlubang, ada nanah yang berada di bawah gigi, gigi retak, gigi tambalan rusak, dan beberapa penyebab lainnya.

Sakit ini menyebabkan rasa nyeri dan biasanya diikuti dengan rasa sakit yang lain. Biasanya sakit gigi juga membuat sulit membuka mulut. Hal tersebut membuat sulit untuk mengunyah makanan dan nafsu makan juga berkurang. Sakit gigi memang cukup menyiksa, untuk itu Anda perlu mengetahui cara mengatasi sakit gigi yang tepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut ini penjelasannya.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Sebelum memutuskan pergi ke dokter gigi, sebenarnya Anda bisa mengatasi sakit gigi dengan menggunakan bahan alami dan terapi sederhana. Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat yang bisa Anda coba dirumah.

1. Mengompres menggunakan es batu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigi berlubang tanpa menggunakan obat yaitu dengan mengompres menggunakan es batu. Es batu bisa meminimalisir rasa nyeri yang disebabkan oleh gigi berlubang. Cara mengompresnya dengan memasukkan es batu pada kain atau handuk, kemudian tempelkan pada bagian wajah yang bengkak karena sakit gigi. Pengompresan dilakukan selama 15 sampai 20 menit. Cara kompres ini bisa menjadi pertolongan pertama saat Anda merasa sakit gigi.

2. Atur posisi tidur

Cara mengatasi sakit gigi berikutnya bisa dengan mengangkat kepala atau meletakkan kepala pada bantal yang lebih tinggi. Cara ini bisa Anda lakukan saat malam hari tiba-tiba sakit gigi datang. Ketika hal tersebut terjadi, maka biasanya akan mengganggu waktu tidur. Untuk itu, Anda bisa mengangkat kepala Anda atau menambahkan bantal agar posisi kepala bisa lebih tinggi dan dapat  mengurangi rasa sakit gigi di malam hari. Cara ini akan mencegah tekanan aliran darah ke area mulut berkurang, sehingga rasa nyeri bisa teratasi. Cara ini juga bisa mengurangi pembengkakan yang ditimbulkan dari rasa sakit gigi.

3. Berkumur menggunakan air garam

Air garam juga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa perlu menggunakan obat. Air dari garam ini bersifat anti bakteri sehingga bisa mengurangi peradangan. Anda bisa mencampurkan garam sebanyak setengah sendok teh saja kemudian ditambahkan dalam satu gelas air hangat. Lalu, Anda bisa berkumur dengan menggunakan air garam tersebut selama beberapa menit.

4. Menggunakan teh peppermint

Cara mengatasi sakit gigi lainnya yakni dengan memanfaatkan teh peppermint. Senyawa mentol yang ada di dalam peppermint memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antioksidan alami. Mentol juga memberikan efek dingin dan sejuk, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan sakit gigi. Anda bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sudah dimasukkan ke dalam freezer. Rasa dingin yang dihasilkan lebih cepat meredakan sakit gigi.

5. Memanfaatkan minyak cengkeh

Cengkeh merupakan rempah alami yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan terutama untuk mengatasi sakit gigi. Cengkeh dimanfaatkan dalam bentuk minyak. Kandungan eugenol yang ada di dalam minyak rempah ini bisa berperan sebagai antiseptik, sehingga bisa meminimalisir risiko peradangan yang ada di area mulut karena sakit gigi.

Teteskan minyak cengkah pada kapas kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Anda bisa melakukan cara ini selama beberapa kali dalam satu hari hingga rasa sakit berkurang. Anda juga bisa meneteskan minyak cengkeh di air kemudian gunakan untuk berkumur. Namun cara ini tidak bisa dilakukan untuk anak-anak, sebab berisiko tertelan.

6. Memanfaatkan bawang putih

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat. Kandungan allixin yang di dalam bawang putih ini bisa menjadi sifat antibakteri dan membantu untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Anda bisa membuat pasta dari bawang putih dengan cara menghancurkan bawang putih dan tambahkan dengan garam. Kemudian aplikasikan pada gigi yang sakit. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi menggunakan bawang putih yakni dengan mengunyahnya langsung. Namun, cara ini bisa menyebabkan rasa pedas dan aroma yang sangat menyengat.

7. Menggunakan bawang merah

Tidak hanya bawang putih, jenis bawang lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi yakni dengan menggunakan bawang merah. Bawang yang satu ini memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang bisa meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Anda bisa langsung mengunyah bawang merah atau dengan menghaluskan terlebih dahulu dan menempelkan pada bagian gigi yang sakit.

8. Daun jambu biji muda

Biasanya kita menggunakan daun jambu biji untuk mengatasi masalah saluran pencernaan seperti diare. Namun ternyata daun jambu biji ini juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi karena memiliki antiradang dan antimikroba. Anda bisa langsung mengunyah daun jambu biji muda, tapi bersihkan terlebih dahulu daun tersebut.

Selain dengan dikunyah, Anda juga bisa merebus daun jambu biji. Air rebusannya digunakan untuk berkumur. Cara ini bisa digunakan untuk meredakan nyeri dalam jangka pendek. Rasa sakit akan lebih mudah hilang jika sakit gigi segera ditangani dengan tepat.

9. Rimpang jahe

Rempah-rempah ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi sakit gigi tanpa obat. Rimpang jahe memang sudah sejak lama dikenal baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Jahe memiliki kandungan antibiotik alami sehingga bisa meredakan rasa nyeri. Anda bisa menggeprek jahe kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

10. Menggunakan cuka apel

Cara mengatasi sakit gigi berikutnya yakni dengan menggunakan cuka apel. Kandungan asam yang ada di dalam cuka apel bisa membunuh bakteri yang ada di dalam area mulut. Anda bisa membuat campuran cuka apel dengan segelas air. Cuka apel yang digunakan untuk membuat larutan ini hanya butuh beberapa tetes saja. Setelah itu, Anda bisa menggunakan kapas kecil dan celupkan pada larutan cuka apel, lalu kapas tersebut ditempelkan pada gigi yang berlubang atau yang merasa sakit.

11. Memanfaatkan lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai produk perawatan kulit dan rambut saja, namun juga bisa menjadi obat mengatasi sakit pada gigi. Gel lidah buaya memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa membunuh bakteri pada gigi yang menyebabkan sakit. Anda bisa menggunakan bahan ini secara langsung pada bagian gigi yang sakit, kemudian lakukan pijatan ringan sampai rasa nyeri berkurang.

12. Madu

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi sakit gigi ialah madu. Bahan ini biasanya dicampurkan pada makanan atau minuman, rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya. Selain enak untuk dikonsumsi, madu juga memiliki kandungan anti bakteri dan antiseptik yang cocok untuk digunakan sebagai obat sakit gigi alami.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...