Definisi Kalimat Deklaratif Lengkap dengan Contoh, Ciri dan Jenisnya

Image title
2 Desember 2021, 14:41
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi informasi satu arah, dan tidak memerlukan respons dari lawan bicara.
Alexis Brown/Unsplash
Ilustrasi orang menulis.

Kalimat deklaratif adalah salah satu ragam kalimat, yang ada dalam bahasa Indonesia. Menurut KBBI, kalimat deklaratif adalah kalimat yang ditandai intonasi turun, dan biasanya digunakan untuk menyatakan atau memberitahukan sesuatu.

Ciri-ciri kalimat deklaratif dalam ragam tulisan, yang paling mudah dikenali adalah tanda titik pada akhir kalimat. Sementara itu, definisi dari kalimat deklaratif adalah kalimat yang memberikan informasi satu arah, dan tidak memerlukan respons dari lawan bicara.

Advertisement

Contoh Kalimat Deklaratif

Banyak sekali contoh kalimat deklaratif yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam komunikasi verbal maupun nonverbal. Contoh kalimat deklaratif yang paling mudah ditemui adalah berita. Berita memberikan informasi satu arah yang tidak memerlukan respons pembaca atau pendengar.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari kalimat deklaratif yang, baik secara sadar atau tidak, sering kita baca atau dengar dalam kehidupan sehari-hari.

  • Dia adalah adikku.
  • Ibukota Indonesia adalah Jakarta.
  • Sepeda motor perlu bensin untuk bisa dikendarai.
  • Kucing adalah hewan mamalia.
  • Tidak semua sayuran berwarna hijau.
  • Aku adalah anak pertama dari tiga bersaudara.
  • Candi Borobudur bukan di Jogjakarta, tapi di Magelang, Jawa Tengah.
  • Dalam satu tahun ada 12 bulan.
  • Donor darah memberikan manfaat kesehatan.

Ciri-ciri Kalimat Deklaratif

DI atas telah dijelaskan sedikit apa saja ciri-ciri kalimat deklaratif. Pada ragam tulisan, kalimat deklaratif diakhiri dengan tanda titik dan tidak memerlukan respons dari lawan bicara atau dari pembaca.

Sedangkan dalam buku Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis yang ditulis oleh M. Ramlan, ciri-ciri kalimat deklaratif adalah: memiliki intonasi berita, tidak ada kata tanya (apa, siapa, kenapa, dan di mana), tidak mengandung kata ajakan (ayo, jangan, silakan, dan lain sebagainya).

Jenis Kalimat Deklaratif

Setelah memahami definisi, contoh dan ciri-ciri kalimat deklaratif, perlu diperhatikan juga kalau ada beberapa jenis kalimat deklaratif. Secara umum, jenis kalimat deklaratif terbagi menjadi dua, yaitu kalimat deklaratif aktif dan kalimat deklaratif pasif.

Lebih detail, baik kalimat deklaratif aktif maupun kalimat deklaratif pasif punya beberapa sub-jenis yang perlu untuk dipahami.

Kalimat Deklaratif Aktif

Secara umum, kalimat deklaratif aktif memiliki sifat aktif yang serupa pada jenis kalimat aktif lainnya. Kalimat deklaratif aktif memiliki unsur berupa subjek yang melakukan kegiatan terhadap sebuah objek.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement