13 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Daun dewa mengandung senyawa flavonoid, polifenol, vitamin K, asam hidrolik, saponin, minyak atsiri, dan masih banyak lagi yang ampuh untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit ringan dan kronis.
Image title
8 Desember 2021, 16:17
Manfaat daun dewa untuk Kesehatan.
plantingman.com
Manfaat daun dewa untuk Kesehatan.

Daun dewa (Gynura pseudochina) atau yang juga dikenal dengan nama daun sambung nyawa merupakan tanaman asli Cina yang banyak dikembangkan di Asia Tenggara dan Afrika. Tanaman ini diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun dewa memiliki panjang 20 cm dan lebar 10 cm. Tanaman yang tumbuh tegak dengan batang daun pendek lunak berbentuk segilima ini mengandung senyawa flavonoid, polifenol, vitamin K, asam hidrolik, saponin, dan minyak atsiri.

Untuk memperoleh manfaatnya, daun dewa bisa direbus dan dijadikan jamu terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Hal tersebut cenderung lebih aman karena dapat menghilangkan zat-zat toxic pada daun.

Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Mengutip berbagai sumber, berikut 13 manfaat daun dewa untuk kesehatan:

Advertisement

1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi termasuk penyakit kritis yang dapat menyebabkan komplikasi, termasuk penyakit pembuluh darah koroner dan stroke.

Berdasarkan "Journal of Acupunture and Meridian Studies (JAMS)" 2013, etanol yang terkandng dalam daun dewa dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Daun dewa dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di pembuluh darah yang membuat aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga mampu mencegah dan mengobati hipertensi.

2. Mengobati Kanker Payudara

Meneruskan hasil studi Universiti Sains Malaysia pada 2013, daun dewa mengandung senyawa protein yang disebut perokside yang bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Selain itu, ekstrak daun dewa terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker Raji dan sel kanker HeLa yang ditemukan pada kanker limfoma dan kanker serviks. Kedua jenis kanker ini berhubungan dengan virus, seperti Human Papilloma Virus (HPV) dan Epstein-Barr Virus (EBV).

3. Mengobati Stroke

Stroke terjadi akibat kerusakan jaringan otak. Berdasarkan jurnal "Circulation Research", penyakit ini menjadi penyebab utama kecacatan jangka panjang dan kematian kelima di Amerika Serikat.

Penyakit ini dapat dicegah dan diobati dengan mengonsumsi air rebusan daun dewa yang dicampur dengan biji ginko dan madu. Di samping itu, daun dewa bersifat antihipertensi dan kardioprotektif yang dapat melindungi jantung.

4. Mengobati Herpes

Mengutip Hello Sehat, berdasaran penelitian kolaborasi tim periset Thailand dan Jerman, esktrak etanol daun dewa ampuh mematikan dan menghambat virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2.

5. Mengatasi Masalah Kulit

Daun dewa bisa dimanfaatkan untuk obat luar, khususnya dalam mengatasi masalah kulit. Tanaman ini bisa mengurangi iritasi kulit akibat jerawat, gigitan serangga, memar, herpes, dan sebagainya.

6. Mengobati Diabetes

Daun dewa sering digunakan sebagai obat berbagai penyakit, seperti diabetes, ginjal, rematik, demam dan sembelit.

Berdasarkan jurnal "Frontiers of Pharmacology", manfaat tersebut ada karena kandungan antihipertensi, kardioprotektif, antiperglikemik, antikanker, anti bakteri, antiperadangan, dan antioksidan dalam daun dewa.

7. Mengobati Rematik

Rematik disebabkan karena adanya peradangan dan nyeri pada otot atau persendian. Penyakit ini dapat dicegah dengan mencukupi asupan protein dan karbohidrat kompleks.

Daun dewa mengandung zat bioaktif, steroid, dan alkaloid yang dapat menangkal peradangan. Untuk memperoleh mafaat tersebut, bisa dilakukan dengan mengonsumsi rebusan campuran daun dewa dengan akar vernna cineria dan jahe merah.

8. Mencegah Serangan Jantung

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar 7,3 juta orang meninggal karena penyakit jantung koroner dan 6,2 juta disebabkan stroke pada 2008.

Serangan jantung dapat terjadi karena berbagi faktor, di antarnaya mengonsumsi alkohol secara berlebihan, merokok, kurang berolahraga dan istirahat, atau obesitas. Penyakit mematikan ini dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi rebusan daun dewa.

9. Membasmi kutil

Kutil atau papiloma merupakan tumor jinak yang disebabkan oleh penebalan pada lapisan luar kulit. Kandungan senyawa antiherpetik dan flavonoid dalam daun dewa dipercaya dapat membasmi kutil.

Caranya, potong-potong daun dewa, kemudian tempelkan pada area kulit yang ditumbuhi kutil. Selanjutnya, ikat dengan kain atau hansaplast.

10. Demam Berdarah

Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti ini dapat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

Adapun gejala yang dirasakan penderitanya, antara lain muntah, sakit kepala, demam tinggi, nyeri otot dan sendi, hingga munculnya bintik-bintik merah pada kulit.

Proses pengobatan demam berdarah dapat ditunjang dengan bantuan daun dewa. Minum satu gelas air rebusan daun dewa sebanyak dua kali sehari.

11. Meredakan Radang Tenggorokan

Daun dewa juga dipercaya oleh sebagian orang dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Namun demikian, belum ada penelitian yang membuktikan secara ilmiah manfaat daun dewa sebagai obat radang tenggorokan.

12. Kesehatan Wanita

Daun dewa memiliki banyak manfaat untuk wanita. Air rebusannya dipercaya dapat mencegah tumor payudara dan melancarkan siklus menstruasi. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

13. Meningkatkan Fungsi Seksual

Sebuah penelitian menemukan bahwa daun dewa dapat mengobati kemandulan dan meningkatkan fungsi seksual. Penelitan juga menunjukan bahwa daun dewa dapat meningkatkan fungsi reproduksi pria penderita diabetes yang tidak subur melalui peningkatan kuantitas, kualitas, dan motilitas sperma.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait