6 Manfaat Masker Putih Telur Beserta Risikonya

Image title
14 Desember 2021, 12:41
Manfaat masker putih telur beserta risikonya.
Couleur/Pixabay
Manfaat masker putih telur beserta risikonya.

Manfaat masker putih telur banyak dicari, khususnya oleh kaum hawa. Makanan sumber protein hewani ini dipercaya mampu menutrisi wajah dan bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit, baik yang normal, kering, atau berminyak.

Karena alat dan bahan yang terjangkau serta mudah ditemui, masker putih telur pun kerap dijadikan alternatif perawatan kulit rumahan. Lalu, apa saja manfaat masker putih telur untuk wajah?

Manfaat Masker Putih Telur

Putih telur dapat menjadi asupan nutrisi baik bagi kulit wajah. Menghimpun Hello Sehat dan berbagai sumber terkait lainnya, berikut manfaat masker putih telur untuk wajah.

1. Menyerap minyak berlebih

Kabar baik bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak.  Masker putih telur bisa dijadikan pilihan perawatan guna mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Kemampuan ini didapat dari kandungan protein albumin putih telur.

Albumin yang diaplikasikan pada wajah bekerja menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit. sehingga aliran daran menjadi lancar, kulit terasa kencang, dan pori-pori mengecil.

2. Membasmi komedo putih

Komedo putih (whitehead) termasuk jenis komedo yang membandel pada wajah. Whitehead muncul, salah satunya karena pori-pori yang tersumbat oleh minyak, sisa riasan wajah, sel kulit mati, hingga kotoran yang menempel di wajah.

Komedo putih dapat dibasmi dengan masker berbahan campuran putih telur dan lemon. Namun, perlu kehati-hatian bagi mereka yang berkulit sensitif.

3. Mengencangkan kulit

Selain menyerap minyak dan membasmi komedo, albumin pada putih telur juga dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur.

Bukan cuma itu, manfaat masker putih telur lainnya juga ampuh melawan berbagai tanda-tanda penuaan, mulai dari mengangkat sel kulit mati sampai menyamarkan garis-garis halus.

4. Mengurangi garis halus

Kandungan vitamin A pada putih telur nyatanya mampu menyamarkan penampakan garis halus pada kulit wajah. Selain itu, vitamin A dapat membantu mengurangi keriput hingga melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Kendati demikian, belum ada bukti medis yang dapat memastikan kemampuan putih telur untuk menghilangkan keriput secara permanen.

5. Melembapkan kulit

Tingginya kadar protein pada putih telur menjadikannya bahan utama bagi kaum hawa yang ingin mendapatkan kulit lembap. Lapisan kulit paling atas akan menyerap air pada permukaan kulit sehingga kulit terasa lebih lembap.

6. Mencegah Jerawat

Masker putih telur dipercaya dapat membersihkan, mengangkat kotoran dan menyerap minyak berlebih pada wajah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu, senyawa antibakteri, lisozim, pada putih telur diyakini dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

Kendati demikian, belum ada bukti ilmiah yang memastikan hal tersebut.

Cara Membuat Masker Putih Telur

Untuk membuat masker putih telur sebenarnya bisa dilakukan dengan mengoleskan langsung putih telur pada wajah. Namun, untuk memeroleh hasil maksimal dan sesuai harapan, putih telur biasanya dicampurkan dengan bahan alami lainnya.

Untuk masker putih telur biasa, cukup kocek putih telur sampai mengembang, kemudian oleskan tipis pada area wajah. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

Kulit wajah kering

Untuk kulit wajah berjenis kering, masker putih telur bisa dicampurkan dengan madu, sehingga dapat melembapkan kulit dan mencegah infeksi kuman penyebab jerawat.

Berikut langkahnya:

- Ambil putih telur.

- Campurkan 1 sdt (sendok teh) madu ke dalam putih telur dan kocok hingga merata.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...