Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contoh Nilai Sosial di Lingkungan dan Sekolah

Dwi Latifatul Fajri
14 Desember 2021, 16:46
Nilai Sosial, nilai sosial adalah, contoh nilai sosial
pixabay.com/Graehawk
Fungsi Nilai Sosial

Setiap individu yang tinggal dalam suatu lingkungan, menyepakati berbagai aturan dan norma untuk mewujudkan keteraturan sosial. Kesepakatan ini melahirkan nilai sosial mengenai sesuatu yang dianggap baik dan buruk.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), nilai menjelaskan tentang kadar, mutu, sifat yang penting untuk manusia. Pengertian nilai sosial secara umum dianggap baik, patut, layak, dan menjadi pedoman hidup kelompok.

Nilai sosial adalah penghargaan yang diberikan masyarakat terhadap sesuatu yang dianggap baik, luhur, dan pantas untuk perkembangan dan kebaikan hidup bersama.

Sedangkan pengertian norma sosial adalah aturan atau ketentuan yang mengikat kelompok masyarakat. Aturan ini dipakai sebagai panduan dan pengendali tingkah laku supaya diterima oleh masyarakat.

Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

Kimball Young

Nilai Sosial adalah asumsi abstrak yang tidak disadari oleh masyarakat. Asumsi abstrak ini tidak disadari baik atau buruk serta dianggap penting oleh masyarakat.

Soerjono Soekanto

Nilai sosial merupakan sebuah konsep abstrak yang ada dalam diri manusia. Konsep ini bisa dianggap benar atau salah.

C. Kluckhohn

Nilai sosial adalah ukuran yang dipakai untuk mengatasi kemauan ketika situasi tertentu. Nilai menjadi sebuah konsep miliki individu atau kelompok yang mempengaruhi bentuk, cara, tujuan, dan tindakan.

A.W. Green

Nilai sosial sebagai bentuk kesadaran yang berlangsung disertai emosi terhadap objek.

Alvin L Bertrand

Nilai sosial adalah kesadaran dan emosi yang relatif terhadap suatu objek gagasan.

Koentjaraningrat

Nilai merupakan sebuah konsep yang ada dalam pikiran manusia, sebagian masyarakat menganggap hal itu mulia. Sistem nilai ini menjadi rujukan dalam bertindak.

Horton dan Hunt

Nilai adalah sebuah gagasan tentang pengalaman yang bisa berarti atau tidak. Pada hakikatnya nilai mengarahkan perilaku seseorang, seperti menilai baik buruk, serta tidak menghakimi.

Contoh Nilai Sosial

Lingkungan tempat tinggal memiliki nilai sosial yang bergantung dari kebudayaan masyarakat. Nilai sosial ini bisa berbeda di daerah yang lain, jadi bisa dianggap baik atau buruk tergantung dari sosial dan budaya masyarakat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...