37 Contoh Pantun Jenaka 4 Baris, Lucu dan Menghibur

Pantun jenaka adalah pantun yang berisi pesan lucu dan menghibur. Pantun ini bisa ditampilkan untuk acara komedi dan hiburan. Berikut contoh pantun jenaka 4 baris lucu dan menghibur.
Dwi Latifatul Fajri
16 Desember 2021, 13:58
Pantun Jenaka
Unsplash/Ergita Sela
Contoh Pantun Jenaka

Pantun adalah puisi lama yang populer di Indonesia. Ciri-ciri pantun yaitu terdiri dari 2 baris dan 4 baris. Bagian baris pertama merupakan sampiran sementara baris ketiga dan keempat adalah isi.

Pantun berbeda dengan puisi karena satu baris umumnya terdiri dari 4 sampai 6 kata. Puisi lama ini terdiri dari 8-12 suku kata dan bersajak abab.

Pada dasarnya, pantun mempunyai pesan seperti memberi nasihat atau himbauan. Penyampaian pantun ini bisa berhubungan dengan percakapan sehari-hari. Pantun bisanya ditampilkan dalam acara hiburan, komedi, dan acara budaya.

Salah satu jenis pantun yaitu pantun jenaka. Pantun jenaka adalah jenis pantun yang mengandung arti lucu untuk hiburan. Selain hiburan, biasanya pantun jenaka dipakai untuk menyampaikan sindiran pada masyarakat. Pesan dari pantun jenaka ini untuk mengundang gelak tawa penonton dan pembaca.

Advertisement

Berikut contoh pantun jenaka 4 baris yang lucu dan menghibur, mengutip dari beberapa sumber.

Contoh Pantun Jenaka

  1. Duduk manis di bibir pantai
    Lihat gadis, aduhai tiada dua
    Masa muda kebanyakan santai
    Sudah renta sulit tertawa
  2. Sungguh baik asam belimbing
    Tumbuh dekat limau lungga
    Sungguh elok berbini sumbing
    Biar marah tertawa juga
  3. Tetangga baru namanya Rahmat
    Punya istri namanya Cua
    Kakek cerita terlalu semangat
    Gigi palsunya copot semua
  4. Ke SPBU membeli bensin
    Bensin bagus di Pangandaran
    Menahan diri agar tak bersin
    Malah kentut tak tertahankan
  5. Beli sabun di sebuah warung
    Warung baru milik Sukiran
    Diam-diam menutup hidung
    Bau kentut penuhi ruangan
  6. Tumbuh ilalang di semak-semak
    Semak-semak lalu dibersihkan
    The power of emak-emak
    Sein ke kiri belok ke kanan
  7. Sore-sore bermain wayang
    Sambil main memakan biskuit
    Banyak uang abang disayang
    Abang pailit di semprit peluit
  8. Beli baut beli sekrup
    Beli online dari Jombang
    Dua anak sudah cukup
    Dua istri masih kurang
  9. Limau perut di tepi rawa
    Buah dilanting belum masak
    Sakit perut sebab tertawa
    Melihat kucing memakai bedak
  10. Jalan-jalan ke kota baru
    Jangan lupa beli kain warna biru
    Kalau cinta padaku
    Katakan saja I love you
  11. Buah belimbing kesukaan kalong
    Lu kayak kambing pas lagi monyong
  12. Berakit-rakit ke hulu
    Berenang-renang ketepian
    Ayok berangkat ke penghulu
    Daripada cuman temenan

Pantun Jenaka 4 Baris

  1. Mobil pickup mobil sedan
    Mobil resmi mobil bodong
    Anda sopan kami segan
    Anda songong kami todong
  2. Ngetik hp pakai jempol
    Habis itu makan kesemek
    Ada anak masih ngompol
    Ngompol di kasur baunya apek
  3. Pagi-pagi minum teh hangat
    Teh sehat dicampur jamu
    Walau ketek bau menyengat
    Aku setia di sampingmu
  4. Buah markisa buah srikaya
    Oseng peria oseng genjer
    Ada ibu berlagak kaya
    Emas di tangan berjejer-jejer
  5. Mau lebaran membayar zakat
    Membayar zakat ke Pak Lutfi
    Awas kamu jangan dekat-dekat
    Itu iler nempel di pipi
  6. Berangkat kerja setelah subuh
    Tidak lupa menggosok gigi
    Bersatu kita teguh
    Bercerai kita ya nikah lagi
  7. Beli rendang di Kota Padang
    Beli soto di Brastagi
    Kalau ada umur panjang
    Boleh kita menikah lagi
  8. Jalan-jalan ke Ciledug
    Mampir di masjid liat beduk
    Liat si badala sapi lagi duduk
    Ane kirain setan buduk
  9. Tukang bangunan memegang paku
    Pakunya terbang terkena angin
    Hati siapa tak galau
    Melihat gajah makan es lilin
  10. Burung terbang memakai topi
    Terbang ke awan seperti mimpi
    Tertawa hati karena geli
    Melihat kuda asyik bernyanyi
  11. Beli kentang dibuat rujak
    Biar mantap dicampur sambal
    Tidur terlentang tidak nyenyak
    Tidur tengkurap ada yang mengganjal
  12. Jika sudah merasakan cinta
    Hati terasa berbunga-bunga
    Kalau sudah terbawa suasana
    Senyum sendiri seperti orang gila
  13. Masak ayam masak tumis
    Iris tipis sampai habis
    Selasa malam hujan gerimis
    Dompet tipis semakin kritis

Pantun Jenaka Lucu

  1. Buah duku buah kedondong
    Jangan sampai makan isinya
    Jadi orang jangan suka bengong
    Ntar jadi kelihatan begonya
  2. Ke kota Medan makan duren
    Lalu pergi ke danau Toba
    Kalo situ merasa keren
    Pergi aja situ ke laut sana
  3. Jalan-jalan di pagi hari
    Liat banteng lagi kerokan
    Emang nasib awak ini
    Udah ganteng jadi rebutan
  4. Baju sobek jangan dibuang
    Ambil kain bisa ditambal
    Ngapain capek untuk berperang
    Lebih baik rajin beramal
  5. Si Joni rambutnya berjambul
    Suka nongkrong di atas genteng
    Biar dibilang kurang gaul
    Yang penting tetep ganteng
  6. Orang kaya bawa palu
    Dipakai buat mukul buaya
    Aduh saya jadi malu
    Pasti situ lagi nyariin saya
  7. Orang kaya naik mobil Suzuki
    Pulang rumah goyang kaki
    Orang miskin jalan kaki
    Pulang rumah setengah mati
  8. Rumah Prancis berjendela kaca
    Salam manis buat yang baca
  9. Pergi ke pasar beli mangga
    Pulang-pulang malah bawa jeruk
    Gimana ente bisa berbangga
    Bedain mangga sama jeruk aja gak bisa
  10. Main bola di Senayan
    Main futsal di Kemang
    Maen bola menyehatkan
    Main futsal juga senang
  11. Setan merah setan item
    Jangan marah kalau demen
    Kalo demen jangan diem
    Yang diem tandanya cemen
  12. Kalau ada sumur diladang
    Bolehlah kita menggosok gigi
    Kalau anda di warung padang
    Bolehlah kita ditraktir lagi

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait