Pantai Indrayanti, Destinasi Wisata Alam Yogyakarta

Image title
16 Desember 2021, 14:10
Pantai Indrayanti, Yogyakarta.
bob.kemenparekraf.go.id
Pantai Indrayanti, Yogyakarta.

Yogyakarta memang dikenal sebagai provinsi yang kaya akan destinasi wisata, mulai dari wisata budaya hingga alam yang siap menjamu setiap pengunjung. Bahkan, beberap tempat wisata tersebut sudah sampai ke telinga masyarakat global, seperti Candi Prambanan dan Gunung Merapi.

Selain candi dan gunung, Yogyakarta juga dikenal menyimpan segudang pantai eksotis, salah satunya Pantai Indrayanti. Pantai yang terletak di Kecamatan Gunungkidul, Yogyakarta ini berdekatan dengan sederet pantai indah lainnya, antara lain Pantai Sundak, Sadranan, Ngadong, dan Pantai Omandeng.

Asal Usul dan Keindahan Pantai Indrayanti

Menghimpun berbagai sumber, nama Indrayanti diambil dari gabungan nama dari pasangan suami istri pemilik rumah makan di sekitar pantai tersebut, yaitu Bapak Indra dan Ibu Yanti. Sehingga, didapatlah nama Indrayanti.

Kendati dikenal dengan nama Pantai Indrayanti, wisata alam yang satu ini sebenarnya memiliki nama resmi yang digunakan oleh pemerintah, yakni Pantai Pulang Sawal.

Selain pemandangan khas laut selatan dengan air jernih dan pasir putih yang bersih, di pantai ini pengunjung akan disuguhkan bukit-bukit indah yang berdiri di belakang garis pantai serta sunset yang memanjakan mata.

Hamparan pasir putih bercampur birunya laut menjadikan Pantai Indrayanti cocok untuk jadi tujuan wisata bersama keluarga, sahabat, dan orang terkasih.

Untuk berkunjung ke destinasi wisata alam yang satu ini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Sementara itu, wisatawan yang membuang sampah disemabarang tempat akan dikenakan sanksi berupa denda Rp10.000.

Rute dan Fasilitas Pantai Indrayanti

Mengutip mytrip123.com, untuk menuju Pantai Indrayanti, bisa ditempuh kurang lebih 70 kilometer (km) dari pusat Kota Yogyakarta. Adapun rutenya:

  • Rute umum: Piyungan > Patuk > Wonosai > Karangrejek > Hargosari > Tepus.
  • Rute alternatif: Jalan Imogiri > Siluk > Panggang > Saptosari > Trowono > Baron

Selain menikmati indahnya pantai dan deburan ombak, pengunjung bisa menyewa payung pantai yang dilengkapi dengan alas yang berjejer di sepanjang pantai dengan biaya sewa sebasar Rp20.000.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir jika kekurangan bekal. Di pantai ini terdapat banyak tempat makan dan kafe untuk beristirahat dan bersantai sembari menikmati kuliner yang khas.

Di samping itu, pecinta olahraga adrenalin bisa menjajal jet ski yang disewakan oleh pengelola pantai dengan merogoh kocek sekitar Rp250.000 untuk 15 menit berkendara.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...