Menilik Manfaat Gotong Royong di Kehidupan Sehari-hari

Image title
23 Desember 2021, 16:19
Menilik Manfaat Gotong Royong di Kehidupan Sehari-hari
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Warga Suku Baduy Luar mengikuti tradisi Ngaseuk atau musim tanam di Desa Bojong Menteng, Lebak, Banten, Senin (1/11/2021). Sebanyak 600 orang warga suku baduy mengikuti Tradisi Ngaseuk yang merupakan tradisi tahunan warga Suku Baduy menanam padi huma dan palawija untuk memenuhi kebutuhan pangan dan pendapatan ekonomi.

Manfaat gotong royong sangat berguna untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang harus dilakukan secara berkelompok. Gotong royong bisa diartikan sebagai rasa solidaritas dan kerja sama di tengah kehidupan masyarakat.

Di Indonesia istilah gotong royong sudah dikenal sejak dulu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata gotong royong memiliki arti bekerja bersama-sama atau saling tolong-menolong.

Contoh dan manfaat gotong royong bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, di sebuah desa tertentu umumnya akan ada kerja bakti yang melibatkan sekelompok warga tanpa memikirkan imbalan sedikitpun. Mereka dengan sukarela bekerjasama membersihkan kawasan tempat tinggalnya beramai-ramai sampai daerah itu bersih.

Kata gotong royong memang sangat lekat dengan kehidupan masyarakat pedesaan. Ini memang wajar, karena orang yang tinggal di desa masih memiliki rasa solidaritas dan kekeluargaan yang cukup tinggi. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti mengesampingkan masyarakat perkotaan. Sebab, hingga kini semangat gotong royong masih bisa ditemukan di wilayah manapun di Indonesia.

Intinya, penjelasan di atas hanyalah sebatas penilaian subjektif. Menurut buku Sosiologi Perdesaan yang diterbitkan oleh CV Pustaka Setia Bandung, dijelaskan bahwa masyarakat desa merupakan kelompok atau sebuah komunitas kecil yang dapat saja memiliki ciri-ciri aktivitas ekonomi begitu beragam, tidak di sektor pertanian saja.

Kebanyakan masyarakat desa masih memegang adat dan tradisi yang diwariskan oleh leluhurnya. Sehingga kerja sama dan manfaat gotong royong, menjadi hal lumrah dilakukan oleh mereka.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang karakteristik masyarakat desa dan perkotaan, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Ciri-Ciri Masyarakat Desa dan Kota

Menilik Tradisi Ngaseuk Ala Masyarakat Adat Suku Baduy
Menilik Tradisi Ngaseuk Ala Masyarakat Adat Suku Baduy (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

 

Kata “masyarakat” dalam KBBI memiliki makna sebagai sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya yang terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Sedangkan kata “warga” berarti anggota dari perkumpulan, keluarga, dan sebagainya. Warga juga bisa diartikan sebagai tingkatan dalam masyarakat.

Sementara itu, menurut dalam buku berjudul Otonomi Desa Merupakan Otonomi yang Asli, Bulat dan Utuh, pengertian desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai susunan asli berdasarkan hak asal-usul yang bersifat istimewa. Landasan pemikiran terkait pemerintahan desa adalah keragaman, partisipasi, otonomi asli, demokratisasi, dan pemberdayaan masyarakat.

Selain desa, suatu negara memiliki daerah administratif yang disebut kota. Dalam sejumlah literatur, kota adalah suatu kawasan atau tempat berkembangnya kegiatan sosial, budaya dan ekonomi perkotaan. Kota merupakan sebuah sistem terbuka, baik secara fisik maupun sosial ekonomi. Wilayah semacam ini bersifat tidak statis dan dinamis atau bersifat sementara.

Berdasarkan semua penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa keberadaan kota dan desa serta masyarakat yang hidup di dalamnya tidak bisa dilepaskan. Semuanya memiliki keterkaitan. Meski begitu jika ditelaah lebih jauh lagi, ada sedikit hal yang membedakan antara masyarakat desa serta masyarakat pedesaan.

Dikutip dari jurnal berjudul Menilik Urgensi Desa di Era Otonomi Daerah karya Agusniar Rizka Luthfia, berikut karakteristik desa dan kota, serta kehidupan masyarakat di dalamnya:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...