10 Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Air kelapa tua tidak mengandung banyak gula seperti air kelapa muda. Salah satu manfaat air kelapa tua adalah mencegah diabetes.
Image title
24 Desember 2021, 09:46
Ilustrasi manfaat air kelapa tua
Unsplash/Towfiqu Barbhuiya
Ilustrasi manfaat air kelapa tua

Buah kelapa yang masih muda berwarna hijau. Seiring berjalannya waktu, buah kelapa muda akan berubah warna menjadi kelapa tua. Warna batok kelapa tua biasanya lebih gelap. Rasa airnya juga tidak semanis kelapa muda.

Daging buah kelapa tua dapat dimasak atau dijadikan minyak kelapa. Semakin tua umur buah kelapa, maka kandungan lemaknya semakin tinggi. Berdasarkan data Food and Agriculture Organization (FAO), kandungan air kelapa tua per 100 gram terdiri dari:

  • Kalori: 359 kkal.
  • Protein: 3,4 g.
  • Lemak: 34,7 mg.
  • Karbohidrat: 14 g.
  • Kalsium: 21 mg.
  • Fosfor: 2 mg.
  • Besi: 0,0 iu.
  • Vitamin A: 0,1 mg.
  • Thiamin: 2,0 mg.
  • Asam askorbat: 46,9 g.
  • Air: 46,9 g.
  • Bagian yang dapat dimakan: 53 g.

Adapun manfaat air kelapa tua untuk kesehatan dapat disimak melalui penjelasan berikut.

1. Menurunkan kadar gula darah

Menurut publikasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, air kelapa muda mengandung gula (glukosa, sukrosa, dan fruktosa) sebesar 5,1%, sedangkan air kelapa tua hanya sebesar 3%.

Advertisement

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi air kelapa tua berpotensi untuk menurunkan kadar gula darah. Air kelapa tua juga mengandung L-arginin dan potassium yang lebih tinggi dari air kelapa muda.

L-arginin merupakan komponen bioaktif utama yang bermanfaat untuk melawan diabetes. Zat tersebut dapat meningkatkan sekresi insulin dan menurunkan hiperglikemia. 

2. Menyeimbangkan suhu tubuh

Manfaat air kelapa tua dapat digunakan untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Menurut buku Diet Sehat Air Kelapa, air kelapa tua mempunyai energi dingin dan panas yang seimbang. Sehingga dengan ini air kelapa tua dapat menetralisir kelebihan energi panas dan kelebihan energi dingin pada tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat air kelapa tua untuk menurunkan tekanan darah tinggi dibahas dalam The West Indian Medical Journal. Penelitian ini menunjukkan konsumsi air kelapa tua dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 71%.

Tak hanya itu, kandungan air kelapa tua yang tinggi kalium dan rendah natrium juga berperan penting dalam menawarkan manfaat satu ini.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Selanjutnya, manfaat air kelapa tua baik untuk kesehatan jantung. Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat serta melindungi jantung.

Mengonsumsi air kelapa tua juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Air kelapa mengandung sifat anti-platelet dan anti-inflamasi. Artinya, air kelapa mampu membantu mengurangi pembentukan plak dan meningkatkan sirkulasi darah.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Air kelapa tua kaya akan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niacin, thiamin, pyridoxine, dan folat, serta memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

6. Mencegah batu ginjal

Manfaat air kelapa untuk mencegah batu ginjal telah diteliti dalam jurnal BioMed Research International. Air kelapa membantu dalam melarutkan batu ginjal karena adanya kalium yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

7. Memiliki kandungan antioksidan

Kandungan antioksidan dalam air kelapa dapat membantu menjaga tubuh agar tetap sehat. Antioksidan adalah senyawa penting yang berfungsi untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Studi dalam jurnal Anais da Academia Brasileira de Ciências menunjukkan, air kelapa dapat memberikan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, yaitu atom yang tidak stabil sehingga dapat merusak sel, menyebabkan penyakit dan penuaan.

Radikal bebas ini dapat berasal dari polusi lingkungan seperti racun, asap, produk pengawet makanan, atau stres.

8. Minuman alami setelah berolahraga

Elektrolit alami dalam air kelapa tua membuatnya sangat cocok untuk minuman selepas berolahraga karena dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan.

Studi oleh International Society for Horticultural Science menunjukkan, air kelapa dapat berfungsi baik untuk mencegah dehidrasi ketika berolahraga dan membantu mengisi kembali cairan yang hilang.

Para peneliti juga merekomendasikan untuk menghindari air kelapa dengan tambahan gula karena dapat menghambat proses hidrasi dan menambah kalori yang tidak diperlukan tubuh.

9. Menyembuhkan sakit perut

Gula dan air dari makanan sering tidak diserap dengan baik oleh lapisan perut sehingga perut menjadi radang dan menyebabkan hilangnya mineral seperti magnesium, kalium dan natrium.

Air kelapa tua mampu mengembalikan kekurangan mineral tersebut dengan menyediakan potasium dan vitamin, serta mineral lainnya. Tanin yang ada dalam air kelapa juga mengurangi peradangan.

10. Mencegah dan meredakan sakit kepala

Air kelapa tua mampu mencegah dan meredakan sakit kepala akibat dehidrasi. Penelitian dalam jurnal BMC Public Health menunjukkan, sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Family Practice pada 393 orang menemukan bahwa 40% partisipan mengalami sakit kepala akibat dehidrasi.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa minum air, termasuk air kelapa tua, dapat membantu meredakan sakit kepala. Sebuah penelitian pada 102 pria menemukan bahwa minum 1,5 liter air per hari mampu menghasilkan peningkatan yang signifikan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait