Ciri-Ciri Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Image title
31 Desember 2021, 16:39
Ilustrasi ciri-ciri kulit sensitif.
Pexels/Jenna Hamra
Ilustrasi ciri-ciri kulit sensitif.

Memiliki kulit sensitif memang memerlukan usaha ekstra dalam merawatnya. Kulit sensitif cenderung mudah mengalami iritasi yang disebabkan karena berbagai faktor, yang paling umum ialah karena kandungan bahan kimia berlebih pada produk perawatan kecantikan.

Kulit sensitif adalah itilah awam dalam diagnosis medis untuk menggambarkan kulit dengan toleransi yang lebih rendah terhadap aplikasi kosmetik dan produk perawatan kecantikan. Dalam suatu survei, kaum hawa cenderung lebih banyak memiliki jenis kulit ini dibanding pria.

Penggunaan produk-produk kecantikan secara sembarang berpotensi mengakibatkan berbagai reaksi mengganggu yang timbul pada kulit sensitif, seperti gatal, ruam, kering, hingga rasa perih dan terbakar pada kulit.

Pemicu Kulit Sensitif

Pemicu reaksi kulit sensitif pada tiap orang berbeda-beda. Mengutip Alodokter, beberapa faktor pemicu kulit sensitif, antara lain:

  • Polusi, seperti debu dan asap kendaraan.
  • Gangguan kulit, seperti eksim dan rosacea.
  • Faktor lingkungan, seperti suhu dingin atau panas.
  • Gonta-ganti perawatan kecantikan.
  • Efek samping obat-obatan.
  • Perubahan hormon.
  • Stres.
  • Dehidrasi.
  • Kurang tidur, dan sebagainya.

Ciri-ciri Kulit Sensitif

Untuk mencegah reaksi berlebih pada jenis kulit yang satu ini, penting untuk mengetahui apa saja ciri-ciri kulit sensitif.

Mengutip Forefront Dermatology, dokter kulit bersertifikat, Peter Katz, mengatakan cara terbaik untuk menentukan jenis kulit sensitif adalah dengan memerhatikan reaksi kulit. Ia menyimpulkan setidaknya ada enam gejala umum yang bisa menjadi ciri-ciri kulit sensitif, yaitu:

1. Reaksi terhadap Produk Kecantikan

Jika Anda memiliki kulit sensitif, beberapa produk perawatan kulit seperti sabun, parfum, skin care, dan sebaginya mungkin dapat menyebabkan kulit bereaksi gatal, kering, atau memerah. Selain itu, suhu dingin dan paparan sinar matahari dapat memicu flare pada kulit.

2. Kulit Kering

Kulit kering dan kulit sensitif dapat berjalan beriringan. Hal ini dapat memicu kulit berjerawat dan pecah-pecah. Sebagian orang lebih banyak memiliki masalah dengan kulit kering jika berada di cuaca dingin atau saat terkena angin.

3. Kemerahan pada Kulit

Kemerahan merupakan tanda umum seseorang memiliki kulit yang sensitif, entah disebabkan oleh kecenderungan genetik atau pun sebagai reaksi terhadap bahan-bahan tertentu.

Sebagian besar orang dengan jenis kulit sensitif menghadapi gejala kemerahan pada kulit, baik berupa ruam atau benjolan. Biasanya, gejala ini akan lenyap setelah menghilangkan iritasi atau dengan perawatan ringan.

4. Sering Mengalami Ruam dan Benjolan

Ruam dan benjolan merah kecil merupakan tanda kulit sensitif. Kulit jenis ini dapat bereaksi ruam ketika terkena faktor pemicu, khususnya ketika Anda salah menggunakan produk kecantikan.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengoleskan produk perawatan kecantikan yang Anda gunakan pada area-area kecil yang tidak mencolok sebelum mengaplikasikanya pada wajah atau area tubuh tertentu. Tunggu hingga 24 jam dan perhatikan apakah muncul ruam atau tidak.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...