Mengenal Zhang Yiming, Bos TikTok dan Orang Terkaya di China Nomor 2

Image title
10 Januari 2022, 18:05
Zhan Yiming salah satu orang terkaya di China versi Forbes.
Shannon Stapleton/Reuters
Zhan Yiming

Posisi pertama dalam daftar orang terkaya di China versi Forbes tahun 2021 ditempati oleh seorang pengusaha bernama Zhong Shansan. Dia merupakan pemilik sekaligus ketua dari sebuah perusahaan air minum bernama Nongfu Spring, yang berkantor pusat di Distrik Xihu, Hangzhou, Provinsi Zhejiang.

Total kekayaannya mencapai US$ 65,9 miliar atau setara dengan Rp 935,78 triliun. Berkat semua ini, Zhong Shansan telah berhasil menggeser posisi Jack Ma sebagai orang terkaya di China.

Menurut data yang dipublikasikan oleh Forbes, Jack Ma berada di peringkat empat dengan total kekayaan sebesar Rp 677,6 triliun. Padahal di tahun 2020, dia adalah orang yang mendapat gelar orang terkaya di China.

Selain Zhong Shansan dan Jack Ma, masih ada lagi pengusaha sukses yang masuk dalam jajaran orang terkaya di China versi Forbes. Salah satu di antaranya adalah Zhang Yiming. Pengusaha sukses yang meraih banyak kekayaan berkat kepopuleran aplikasi TikTok di seluruh dunia.

Penasaran dengan sosok Zhang Yiming? Berikut profil lengkapnya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Siapa Itu Zhang Yiming?

Di Indonesia sosok Zhang Yiming namanya mungkin tidak setenar Jack Ma yang pernah menjadi orang terkaya di China pada tahun 2020. Padahal dia adalah pendiri dari perusahaan teknologi ByteDance yang merilis aplikasi TikTok yang hingga kini masih sangat digandrungi oleh anak muda dan orang dewasa.

Zhang Yiming merupakan salah satu orang terkaya di China saat ini. Dia harus melalui perjalanan panjang sebelum akhirnya meraih kesuksesan besar seperti sekarang.

Melansir dari Bloomberg,com, Zhang Yiming lahir pada tanggal 1 Januari 1983 di provinsi Fujian, China. Dia dibesarkan di kota tenggara Longyan, dan merupakan satu-satunya putra pegawai negeri di daerah tersebut.

Menurut Net Worth, pada tahun 2001 Zhang Yiming memulai studinya di Universitas Nankai di Tianjian dengan mengambil jurusan mikroelektronika, sebelum beralih menekuni bidang rekayasa perangkat lunak. Dia kemudian lulus pada tahun 2005.

Setelah lulus dari Universitas Nankai di Tianjian, Zhang Yiming kemudian mulai mencoba merintis karirnya dengan bekerja di situs perjalanan Kuxun.com, yang kemudian diakuisisi oleh Tripadvisor.

Dihimpun dari Businessoffashion.com, Yiming sempat bekerja sebentar di perusahaan raksasa teknologi Microsoft. Setelah keluar dari perusahaan tersebut, dia mulai memproduksi aplikasinya sendiri dan mendirikan beberapa perusahaan rintisan, termasuk portal pencarian real estate.

Sampai akhirnya, Zhang Yiming memfokuskan usahanya pada aplikasi agregasi berita pada tahun 2012 untuk bersaing dengan penawaran berita Baidu yang disematkan dengan iklan. Dia meraih kesuksesan besar setelah aplikasi rintisannya bernama TikTok banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Perjalanan Karir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setelah lulus dari Universitas Nankai pada tahun 2005, Zhang Yiming memulai karirnya sebagai insinyur di situs pencarian pariwisata Kuxun.com. Setahun kemudian, dia diangkat menjadi direktur teknis di perusahaan tersebut.

Perjalanan karir Zhang Yiming kemudian dilanjutkan dengan bekerja sebagai karyawan di Microsoft setelah meninggalkan Kuxun di tahun 2008. Akan tetapi, karena terbentur dan terhambat oleh peraturan perusahaan yang ketat, dia kemudian memutuskan untuk keluar dari Microsoft.

Menurut laporan Bloomberg, Zhang Yiming benar-benar memulai bisnis pertamanya pada tahun 2009. Ketika itu dia membuat sebuah situs pencarian properti bernama 99fang.com. Namun tiga tahun berselang, Yiming berhenti dari bisnis pertamanya itu.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...