Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Ekonomi

Siti Nur Aeni
21 Februari 2022, 10:59
Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Ekonomi
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/nym.
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan kepada wartawan usai beraktivitas di atas KRI Fatahillah-361 saat bersandar di Dermaga Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VI, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/2/2022). Penyemprotan yang rutin dilaksanakan tersebut dalam rangka menekan lonjakan kasus COVID-19 di lingkungan TNI AL.

Pandemi covid-19 sudah berlangsung selama dua tahun. Sudah banyak perubahan yang terjadi di kehidupan manusia saat ini. Misalnya, kebiasaan mengenakan masker setiap saat, rutin mencuci tangan, dan beberapa kebiasaan baru lainnya.

Lantas apa itu pandemi? Dan bagaimana dampaknya terhadap ekonomi? Penjelasan lengkapnya akan kami ulasan pada pembahasan berikut ini.

Apa Itu Pandemi Covid-19?

Pandemi adalah wabah penyakit yang muncul secara serempak di berbagai tempat. WHO menyebutkan bahwa pandemi merupakan istilah yang digunakan saat peningkatan penularan penyakit dan persebaran virus yang terjadi tiba-tiba dan menyebar di berbagai negara serta bisa mempengaruhi banyak orang.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyebutkan ada tiga syarat pandemi. Berikut uraiannya:

  1. Penyakit yang muncul termasuk penyakit baru.
  2. Patogen penyebab penyakit menginfeksi manusia dan menyebabkan sakit yang serius.
  3. Patogen penyebab penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan.

WHO secara resmi menjadikan virus corona sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020. Sebab virus ini sudah menyebar luas di seluruh dunia. Walaupun terdengar menakutkan, namun sebenarnya pandemi hanyalah istilah untuk penyakit yang penyebarannya luas, bukan untuk penyakit yang ganas.

Perbedaan Pandemi dan Endemi

Selain pandemi, ada juga istilah endemi yang digunakan untuk menyebut persebaran penyakit di suatu wilayah. Jika dilihat dari definisinya, pandemi dan endemi memiliki makna yang berbeda.

Pandemi merupakan istilah yang digunakan untuk setiap penyakit yang muncul serempak di berbagai tempat. Sedangkan endemi adalah sebuah untuk penyakit yang muncul hanya di beberapa daerah atau beberapa kelompok masyarakat saja.

Endemi juga bisa digunakan untuk menyebut penyakit yang konstan atau biasa muncul di suatu wilayah. Contohnya endemi yang terjadi di Indonesia yaitu malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

Dari definisi tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa perbedaan pandemi dan endemi terletak pada persebaran penyakit. Pandemi digunakan untuk penyakit yang menyebar keseluruh wilayah. Sedangkan endemi hanya menjangkit beberapa wilayah saja.

Kapan Pandemi Berakhir?

Pandemi covid-19 menjadi masalah banyak orang. Sebab sudah banyak korban berjatuhan karena penyakit ini. Maka wajar jika banyak orang bertanya kapan pandemi berakhir? Jawaban dari pertanyaan tersebut ternyata bisa ditentukan melalui vaksinasi.

Menurut penjelasan yang dikutip katadata.co.id, seorang pakar kesehatan Amerika Serikat bernama Dr. Anthony Fauzi menyebutkan bahwa butuh 70-85% dari total populasi vaksinasi agar kehidupan normal kembali. Bloomberg Vaccine Tracker juga menyebutkan bahwa negara yang telah melakukan 75% vaksinasi dosis memiliki kemajuan lebih pesat dibandingkan negara lain.

Meskipun belum bisa dipastikan kapan pandemi berakhir, namun dengan adanya vaksinasi yang masif kemungkinan pandemi berakhir akan semakin cepat.

Dampak Pandemi Terhadap Ekonomi

Pandemi covid-19 tidak hanya menganggu kesehatan, namun juga berdampak pada tatanan ekonomi semua negara. Melansir dari Jurnal Benefita 5(2), dampak pandemi terhadap ekonomi bisa menyebabkan rendahnya sentimen investor terhadap pasar yang akhirnya membuat pasar ke arah negatif.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...