Kebijakan Ganjil Genap Tol Jagorawi Hanya Untuk Gerbang Tol Cibubur

Ameidyo Daud Nasution
10 April 2018, 07:00
Antre Gerbang Tol
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Sejumlah kendaraan antre memasuki gerbang tol Cibubur di jalan tol Jagorawi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan aturan ganjil - genap plat nomor mobil di tol Jagorawi hanya diterapkan di Gerbang Tol Cibubur yang menuju Jakarta. Dia membantah bahwa mobil yang masuk tol dari kota Bogor atau Sentul juga akan terdampak kebijakan ini.

Budi beralasan volume lalu lintas yang besar hanya di tol Jagorawi berada di ruas Jakarta hingga Cibubur. Begitu pula di ruas Jakarta - Tangerang di mana pemberlakuan ganjil genap nantinya hanya berlaku dari Gerbang Tol Kunciran menuju Jakarta.

"Jadi di sana saja yang kami terapkan, yang lain tidak," kata Budi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/4). (Baca: Aturan Ganjil-Genap Akan Kurangi 40% Kemacetan Tol Jakarta-Cikampek)

Budi menjelaskan dari sisi persiapan, kajian penerapan kebijakan ganjil genap ini akan dilakukan hingga seminggu ke depan. Setelah kajiannya rampung, Kemenhub akan melakukan sosialisasi kepada publik untuk menerima, masukan bagaimana idealnya penerapan aturan ini.

Dia menargetkan paling tidak awal pemberlakukan plat nomor ganjil genap di Jagorawi dapat dilakukan mulai bulan depan. Sementara aturan hukum berupa Peraturan Menteri Perhubungan, ditargetkan bisa terbit dalam dua pekan kedepan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...