Kalimantan Tengah dan Selatan Dapat Tambahan Listrik Baru

Miftah Ardhian
6 Juni 2016, 11:55
Pembangkit Listrik Muara Tawar, Bekasi
Arief Kamaludin|KATADATA

Pasokan listrik untuk wilayah Kalimantan Tengah dan Selatan akan bertambah tahun ini. Bulan depan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pulang Pisau berkapasitas 60 megawatt (MW) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai sebesar 155 MW dua bulan kemudian.

Dalam keterangan resminya, hari ini, PLN mengungkapkan, PLTU Pulang Pisau mempunyai daya terpasang 2x60 MW dengan total investasi sebesar Rp 1,9 triliun. Pembangkit ini dibangun di Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah.

Saat ini salah satu unit pembangkit masih berada dalam tahap pengujian operasi mesin, sebelum resmi dioperasikan pada awal Juli mendatang. Selanjutnya akan dilakukan proses pengujian yang sama untuk unit kedua. Namun, PLN belum bisa memastikan kapan pengoperasian unit II tersebut.

Listrik yang dihasilkan PLTU Pulang Pisau akan disalurkan ke Sistem Kelistrikan Barito melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Double Phi Connection. Saluran ini memotong jalur Kuala Kapuas-Palangka Raya. (Baca: Atasi Krisis Listrik, Jokowi Resmikan Pembangkit Bergerak di Sumatera)

Tambahan listrik dari PLTU Pulang Pisau unit I akan meningkatkan pasokan listrik Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah menjadi 546 MW. Kapasitasnya akan kembali meningkat menjadi 606 MW dengan dioperasikannya pembangkit unit II. Sebenarnya sejumlah pembangkit yang memasok listrik untuk kedua provinsi ini sudah mencapai 486 MW, melebihi beban puncak yang hanya 485 MW.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Djoko R. Abumanan berharap nantinya kedua pembangkit ini dapat beroperasi dengan baik. Saat ini satu unit mesin sedang dalam masa uji coba ketahanan. Daya listrik yang dihasilkan juga sudah masuk dalam sistem kelistrikan Kalimantan Selatan dan Tengah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...