SKK Migas Ungkap Sulitnya Produksi Minyak di Lapangan Ande-Ande Lumut

Image title
15 Juni 2021, 17:08
migas, skk migas, lapangan ande-ande lumut, blok migas, blok minyak, produksi minyak
Arief Kamaludin | Katadata
SKK Migas.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkap sulitnya pengembangan Lapangan Ande-Ande Lumut di Blok Northwest Natuna. Padahal, lapangan ini bisa menjadi pendongkrak lifting minyak nasional yang saat ini terus tergerus.

Sekretaris SKK Migas Taslim Yunus mengatakan rencana pengembangan lapangan minyak ini cukup sulit. Lapangan Ande-Ande Lumut mempunyai jenis minyak mentah berat (heavy crude oil).

"Lapangan Ande Ande Lumut itu minyaknya berat dan tidak mudah untuk diproduksikan. Jenis minyak berat jadi agak sulit kalau diproses, kata dia saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Di samping itu, penjualan minyak mentah dari lapangan ini juga cukup sulit. Sehingga secara keekonomian pengembangan lapangan ini, belum masuk hitungan dan membutuhkan teknologi yang tepat.

Mantan Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Suardin pernah mengatakan AWE, anak usaha Mitsui, selaku operator berencana mengubah konsep pengembangan dan menambah cadangan baru. Perubahan dilakukan melalui revisi PoD (planing of development/rencana pengembangan) Lapangan Ande Ande Lumut.

Harapannya, SKK Migas memberikan persetujuan secepat mungkin supaya lapangan Ande-ande Lumut segera beroperasi. Namun, hingga kini lapangan tersebut juga tak kunjung mulai berproduksi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...