4 Perusahaan Jepang akan Investasi Mobil Listrik Rp 49,5 Triliun di RI

Safrezi Fitra
14 Juli 2021, 19:26
mobil listrik, otomotif, toyota, honda, suzuki, mitsubishi, toyota bangun pabrik mobil listrik, honda bangun pabrik mobil listrik, suzuki bangun pabrik mobil listrik, mitsubishi bangun pabrik mobil listrik, industri otomotif, investasi mobil listrik
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Mobil listrik.

Empat perusahaan otomotif asal Jepang menyatakan komitmen untuk berinvestasi pengembangan mobil listrik di Indonesia. Nilai investasi dari keempat perusahaan ini mencapai Rp 49,5 triliun. Investasi ini rencananya akan direalisasikan pada 2024.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan komitmen investasi ini didapat saat bertemu langsung dengan para perusahaan tersebut pada Maret 2021. Keempat perusahaan tersebut adalah Toyota, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi.

Dia menjelaskan Toyota Motor Corporation akan berinvestasi paling besar, mencapai Rp28,3 triliun. Selanjutnya, Honda Motor Company berkomitmen investasi sebesar Rp5,2 triliun hingga 2024, Suzuki Motor Corporation sebesar Rp1,2 triliun, dan Mitsubishi Motor Corporation sebesar Rp11,2 triliun sampai tahun 2024.

“Hal ini menunjukan Indonesia masih menjadi negara tujuan utama investor dalam pengembangan industri kendaraan bermotor,” kata Agus dalam rilis Kementerian Perindustrian, Rabu (14/7).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...