Kementerian ESDM Targetkan RUPTL 2021-2030 Rampung Bulan Depan

Image title
26 Juli 2021, 17:58
ruptl, listrik, kementerian esdm, energi hijau, energi terbarukan, ebt
Donang Wahyu|KATADATA
Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan draf Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2021-2030 dapat rampung bulan depan. Adapun komposisi pembangkit listrik energi baru dan terbarukan (EBT) yang akan dibangun dalam RUPTL ini mencapai 46%.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyatakan masih menyusun draf RUPTL yang diyakini lebih hijau dibandingkan RUPTL sebelumnya. Dalam RUPTL ini kapasitas EBT ditargetkan sekitar 46% atau meningkat dibandingkan RUPTL 2019-2028 yang masih di kisaran 30%.

Advertisement

"RUPTL yang saat ini berlaku komposisi EBT-nya baru 30% sementara yang kami susun insya allah Agustus selesai, melompat ke 46%," kata Rida  dalam acara 'Indonesia Green Summit 2021' secara virtual, Senin (26/7).

Akan ada beberapa proyek pembangkit EBT baru dalam empat tahun ke depan yang berpengaruh besar terhadap capaian target bauran EBT sebesar 23% di 2025. Apalagi seluruh dunia saat ini juga mulai mengarah pada pengembangan EBT secara masif.

Dalam menggenjot bauran EBT di Indonesia, pemerintah juga tidak akan menambah proyek PLTU batu bara baru, kecuali yang sudah tahap financial closing atau konstruksi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement