9 Manfaat Air Ketumbar dan Cara Membuatnya

Image title
3 Agustus 2021, 18:46
Manfaat air ketumbar serta cara membuatnya, manfaat air ketumbar, ketumbar, manfaat ketumbar untuk kesehatan, daun ketumbar, manfaar ketumbar, khasiat ketumbar, pohon ketumbar, ketumbar bubuk
SwapnIl Dwivedi/Unsplash
Ilustrasi biji ketumbar yang dapat direbus untuk membuat air ketumbar

Ketumbar mudah ditemukan di pasar, supermarket, dan e-commerce. Sebagai salah satu bahan bumbu, ketumbar adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan dan memiliki banyak manfaat.

Tak hanya memiliki aroma yang segar, ketumbar juga kaya akan antioksidan, yang dapat membantu seseorang dengan berbagai cara. Selain itu, ketumbar adalah salah satu produk organik banyak tersedia serta bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Ketumbar berasal dari tanaman Coriandrum sativum yang biasa digunakan dalam masakan. Ada banyak yang bisa dimanfaatkan dari ketumbar, dari daun, batang, bahkan bijinya. Semua bagian tanaman ketumbar dapat dimakan, tetapi daun segar dan biji kering adalah bagian yang paling sering digunakan dalam bumbu masakan.

Ketumbar adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang sangat baik. Setiap porsi daun ketumbar sarat dengan nutrisi seperti serat makanan, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, fosfor, dan sebagainya. Daun ketumbar sering digunakan utuh, sedangkan bijinya biasanya dikeringkan atau digiling.

Cara penggunaan ketumbar yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah merebus ketumbar. Adapun manfaat air ketumbar adalah sebagai berikut.

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kaya akan antioksidan, air ketumbar dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena berfungsi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas. Minum air ketumbar dapat membantu sistem kekebalan menjadi kuat sehingga tubuh lebih mudah melawan infeksi dan penyakit.

2. Membantu pencernaan dan penurunan berat badan

Salah satu manfaat terbaik dari air ketumbar adalah manfaat untuk membantu pencernaan dan menurunkan berat badan. Air ketumbar untuk menangkal masalah pencernaan dan menjaga kesehatan usus Anda.

Selain itu, manfaat air ketumbar paling baik diserap saat minum air ketumbar di pagi hari saat perut kosong. Hal tersebut dapat membantu proses metabolisme Anda sehingga mampu menurunkan berat badan.

3. Membantu memperkuat kesehatan rambut

Ketumbar dikenal kaya akan berbagai vitamin termasuk Vitamin C, K dan A. Masing-masing vitamin tersebut memiliki manfaat untuk pertumbuhan rambut, serta memberikan kekuatan pada helai rambut Anda sehingga tidak mudah patah.

4. Meredakan nyeri artritis

Menurut Indian Journal of Medical Research, air ketumbar membantu mengurangi pembengkakan sendi dan telah membuktikan biji ketumbar mengandung senyawa seperti asam linoleat dan cineole yang dapat membantu mengobati nyeri radang sendi dan pembengkakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...