Kenali 8 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan dan Kecantikan

Image title
4 Agustus 2021, 17:06
Ragam manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh, manfaat ketumbar, ketumbar, daun ketumbar, manfaat ketumbar untuk kesehatan, ketumbar bubuk, khasiat ketumbar, ketumbar untuk kecantikan, khasiat ketumbar untuk kecantikan, manfaat air ketumbar
PDPics/Pixabay
Biji ketumbar memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh

Ketumbar biasanya digunakan untuk campuran bumbu masakan. Namun, siapa sangka, ketumbar juga memiliki khasiat lain bagi manusia. Manfaat ketumbar juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Ketumbar berasal dari tanaman Coriandrum sativum yang biasa digunakan dalam masakan. Semua bagian tanaman ketumbar dapat dimakan, tetapi daun segar dan biji kering adalah bagian yang paling sering digunakan dalam bumbu masakan. Di Amerika Serikat, biji Coriandrum sativum disebut ketumbar, sedangkan daunnya disebut cilantro. Tanaman ini juga dikenal sebagai peterseli Cina.

Banyak orang menggunakan ketumbar dalam hidangan seperti sup dan salsa, serta makanan India, Timur Tengah, dan Asia seperti kari dan masala. Daun ketumbar sering digunakan utuh, sedangkan bijinya biasanya dikeringkan atau digiling.

Daun ketumbar adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang sangat baik. Setiap porsi daun ketumbar sarat dengan nutrisi seperti serat makanan, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, fosfor, dan sebagainya.

Terlebih lagi, ketumbar mengandung sejumlah besar asam linoleat yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Setiap 100 gram daun ketumbar mengandung:

  • 31 kkal
  • 2 gram karbohidrat
  • 4 gram protein
  • 0,7 gram lemak
  • 146 mg kalsium
  • 5,3 mg zat besi
  • 4,7 gram serat
  • 24 mg Vitamin C
  • 635 mg Vitamin A

Tak hanya lezat sebagai bumbu masakan, ada banyak manfaat ketumbar untuk kesehatan serta kecantikan yang dapat kita ambil sebagai berikut.

1. Membantu menurunkan gula darah

Gula darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Biji ketumbar, ekstrak, dan minyaknya dapat membantu menurunkan gula darah dengan sangat efektif. Studi dalam jurnal Food Chemistry menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah dengan mempromosikan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.

2. Menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan usus

Minyak yang diekstraksi dari biji ketumbar dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan yang sehat. Satu studi dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences menemukan bahwa obat herbal yang mengandung ketumbar dan diminum tiga kali sehari dapat mengurangi sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan perut secara signifikan.

3. Melawan infeksi

Ketumbar mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi tertentu dan penyakit. Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, ketumbar mengandung dodecenal, yaitu senyawa yang dapat melawan bakteri seperti Salmonella, bakteri penyebab keracunan makanan.

Selain itu, penelitian dalam jurnal Integrative Medicine Research mengungkapkan bahwa biji ketumbar adalah salah satu dari beberapa rempah-rempah India yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK).

4. Merawat kulit

Menurut penelitian yang dilakukan oleh California University of Ayurveda, biji ketumbar cukup efektif dalam menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti eksim, kulit gatal, ruam dan peradangan karena memiliki sifat antiseptik. Ketumbar juga dikenal untuk menyembuhkan sariawan dan luka. Bijinya mengandung asam linoleat yang juga memiliki sifat penghilang rasa sakit untuk mengurangi iritasi.

5. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok terjadi akibat folikel rambut yang lemah, ketidakseimbangan hormon, dan stres, serta pola makan yang tidak tepat. Biji ketumbar dikenal dapat mencegah rambut rontok dan memperkuat akar untuk perkembangan rambut baru dengan membentengi folikel rambut sehingga menjaga masalah rambut rontok Anda tetap terkendali. Caranya:

  1. Campur daun ketumbar dengan setengah cangkir air.
  2. Giling hingga halus menggunakan blender.
  3. Oleskan pada kulit kepala hingga akar rambut.
  4. Biarkan selama 15-20 menit kemudian keramas.

Anda dapat mengulangi kegiatan ini dua kali seminggu. Hasil dapat dilihat setelah dua minggu atau dalam beberapa kasus akan memakan waktu 4-6 minggu untuk menunjukkan efeknya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...