Cara Daftar Vaksin Online untuk Masyarakat Umum

Siti Nur Aeni
19 Agustus 2021, 14:50
Cara Daftar Vaksin Online Untuk Masyarakat Umum
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Tenaga kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (28/7/2021). Pemprov DKI Jakarta mencatat per 26 Juli 2021, program vaksinasi COVID-19 untuk pelajar hingga lansia di Ibu Kota sudah menyasar 7,1 juta warga dan sasaran vaksin akan terus bertambah setiap harinya. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

Vaksin menjadi salah satu upaya pencegahan yang dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona. Vaksin corona ini diberikan sebanyak dua dosis kepada masyarakat yang sudah memenuhi syarat. Bagi Anda yang ingin mengikuti program vaksinasi, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Untuk daftar vaksin, kini bisa dilakukan secara online. Berikut ini beberapa cara untuk daftar vaksin mandiri.

Cara Daftar Vaksin Online Mandiri

Ada beberapa untuk cara daftar vaksin Covid-19, salah satunya dengan daftar secara online di laman vaksin.loker.com. Untuk daftar vaksin di laman tersebut, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut:

  1. Buka laman daftar vaksin di vaksin.loket.com di aplikasi browser.
  2. Pilih lokasi vaksinasi.
  3. Pilih tanggal vaksin beserta dengan waktu pelaksanaannya.
  4. Lengkapi seluruh data yang diminta.
  5. Setelah pendaftaran selesai, Anda akan menerima e-voucher yang dikirimkan melalui email dan WhatsApp.

Dengan mengakses laman di atas, Anda bisa mendaftar kegiatan vaksinasi tanpa syarat domisi. Cara tersebut sangat mempermudah masyarakat yang disekitar tempat tinggalnya sedang tidak ada kegiatan vaksin. Dengan mendaftar online, Anda juga bisa melakukan pendaftaran kapan saja sehingga sangat fleksibel.

Selain cara daftar vaksin di laman vaksin.loket.com, beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta serta perusahaan swasta CT. Crop juga membuka pendaftaran vaksin gratis untuk masyarakat dan pendaftarannya juga bisa dilakukan secara online. Ingin tahu bagaimana caranya? Ini dia penjelasan lengkapnya.

Daftar Vaksin Gratis Wilayah Jakarta

Untuk Anda yang tinggal di DKI Jakarta, sebenarnya untuk mendapatkan layanan vaksin tidaklah sulit. Banyak rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang membuka layanan ini. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mendaftar vaksin online di wilayah Jakarta, bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka laman corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi.
  2. Isi NIK dan nama lengkap Anda sesuai dengan KTP.
  3. Selanjutnya pilih waktu pelaksanaan vaksin gratis di wilayah DKI Jakarta.
  4. Setelah proses pendaftaran selesai, Anda bisa langsung datang ke tempat vaksinasi yang sudah di pilih sesuai dengan jadwal. Jangan lupa untuk membawa KTP elektronik yang Anda miliki.

Selain warga Jakarta, vaksinasi di kota Jakarta juga dibuka untuk masyarakat yang KTP-nya bukan Jakarta. Bagi warga di luar Jakarta bisa datang dengan membawa bukti domisili atau surat pengantar dari kantor jika yang bersangkutan merupakan karyawan dari sebuah perusahaan di Jakarta.

Cara Daftar Vaksin Covid-19 Wilayah Bandung

Bagi Anda yang tinggal di Kota Bandung dan sekitarnya, Anda bisa melakukan pendaftaran vaksin gratis di kota ini dengan cara-cara sebagai berikut:

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...