10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World Ranking

Image title
19 Agustus 2021, 17:02
Universitas Gadjah Mada menempati peringkat pertama dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings
ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada menempati peringkat pertama dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings

Melanjutkan pendidikan setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan pilihan bagi banyak siswa di Indonesia. Dari data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pada tahun 2019, tercatat 2.130.481 mahasiswa baru yang terdaftar dalam 4.621 perguruan tinggi di Indonesia.

Perguruan tinggi diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Bentuk perguruan tinggi terdiri atas universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi, dan akademi komunitas.

Dari bentuk perguruan tinggi tersebut, universitas memiliki jumlah siswa terbanyak pada tahun 2019 yaitu 1.396.830 mahasiswa baru. Universitas merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi.

Memilih universitas yang cocok dapat menjadi hal yang cukup sulit. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings.

Metodologi QS World University Rankings

QS World University Rankings adalah publikasi tahunan tentang peringkat universitas di dunia oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS telah melakukan riset peringkat universitas sejak 2004 untuk memberikan hasil yang independen, objektif, dan berdasarkan data untuk membantu siswa memilih universitas yang tepat.

Ada beberapa aspek yang dinilai dalam metodologi QS World University Ranking yaitu:

  1. Reputasi Akademik (Academic Reputation) sebesar 40% yang berdasarkan survei akademik global internal.
  2. Rasio antara Mahasiswa dan Fakultas (Student-to-Faculty Ratio) sebesar 20% merupakan ukuran komitmen mengajar.
  3. Jumlah Rujukan per Fakultas (Citations per Faculty) sebesar 20% yaitu ukuran dari dampak penelitian melalui total jumlah rujukan.
  4. Reputasi Pemberi Kerja (Employer Reputation) sebesar 10% berdasarkan survei terhadap pemberi kerja lulusan.
  5. Rasio Fakultas Internasional (International Faculty Ratio) sebesar 5% berdasarkan keragaman staf akademik.
  6. Rasio Mahasiswa Internasional (International Student Ratio) 5% ukuran keragaman komunitas mahasiswa.

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2022 versi QS World University Rankings

Berdasarkan data dari QS World Ranking, berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 254

Peringkat di Indonesia: 1

Total skor: 38.3

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah universitas negeri yang terletak di Yogyakarta, Indonesia dan didirikan pada 19 Desember 1949. UGM adalah lembaga pendidikan tinggi tertua dan terbesar di Indonesia. Total luas kampus UGM mencapai 360 hektare, terdiri dari 18 fakultas, 68 program studi sarjana, 23 program studi diploma, 104 program studi master dan spesialis, dan 43 program studi Doktor.

UGM memiliki sekitar 55.000 mahasiswa, 1.187 mahasiswa asing dan 2.500 anggota fakultas. UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

Visi:

Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi:

Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

2. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 290

Peringkat di Indonesia: 2

Total skor: 35.1

Universitas Indonesia (UI) adalah universitas negeri yang didirikan pada tahun 1950. Saat ini UI terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Ilmu Komputer.

Program Studi yang terdapat di UI saat ini berjumlah 291 program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 47.166 orang dan 309 orang mahasiswa asing yang mengikuti program bergelar maupun non-gelar.

Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area, Salemba dan Depok. Mayoritas fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektare yang digunakan sebagai sarana akademik, riset, dan kemahasiswaan.

Visi

Menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia.

Misi:

  • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  • Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.
  • Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.
  • Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat dunia: 303

Peringkat di Indonesia: 3

Total skor: 34.2

Institut Teknologi Bandung (ITB) didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB yang sekarang adalah tempat berdirinya sekolah-sekolah teknik sebelumnya di Indonesia. Awalnya, pada tahun 1920, Technische Hogeschool (TH) didirikan di Bandung dan pada pertengahan tahun 1940 berubah menjadi Kogyo Daigaku.

Tidak lama setelah Republik Indonesia lahir pada tahun 1945, kampus tersebut menampung Fakultas Teknik (termasuk Jurusan Seni Rupa) Universitas Indonesia, dengan kantor pusat di Jakarta.

ITB memiliki 3 Multikampus, 12 Fakultas dan Sekolah dengan 130 program studi dan total 23.848 mahasiswa. Kampus Ganesha merupakan kampus utama Institut Teknologi Bandung. Berlokasi di Jl. Ganesha No. 10, Bandung, Jawa Barat, Indonesia dengan luas sekitar 28 hektare, kampus ini terus mengalami perluasan dan penambahan fasilitas.

Visi:

Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.

Misi:

Menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kemanusiaan serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Peringkat dunia: 465

Peringkat di Indonesia: 4

Total skor: 25.3

Universitas Airlangga adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Universitas Airlangga memiliki  174 program studi, 14 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, dan 3 kampus yang tersebar di Surabaya. Total Anggota Fakultas/Dosen mencapai 1.522 dan Tenaga Akademik sejumlah 2.002 orang.

Visi:

Menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni berdasarkan moral agama.

Misi:

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik, profesi, dan/atau vokasi dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama.
  • Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, dan humaniora kepada masyarakat.
  • Mengelola universitas secara mandiri dengan tata kelola yang baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peringkat dunia: 511-520

Peringkat di Indonesia: 5

Total skor: -

Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah perguruan tinggi yang menghasilkan inovasi-inovasi yang kualitasnya diakui secara nasional maupun internasional. Selama sepuluh tahun berturut-turut (tahun 2008-2018), Inovasi IPB menjadi yang  terbanyak di antara perguruan tinggi lain di Indonesia berdasarkan hasil penilaian Business Innovation Center Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dalam Inovasi Indonesia Paling Prospektif (sebanyak 39,71%).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...