10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World Ranking

Sebagai bahan pertimbangan untuk memilih perguruan tinggi, berikut ini adalah daftar universitas terbaik di Indonesia tahun 2022 versi QS World University Rankings.
Image title
19 Agustus 2021, 17:02
Universitas Gadjah Mada menempati peringkat pertama dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings
ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada menempati peringkat pertama dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings

Melanjutkan pendidikan setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan pilihan bagi banyak siswa di Indonesia. Dari data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pada tahun 2019, tercatat 2.130.481 mahasiswa baru yang terdaftar dalam 4.621 perguruan tinggi di Indonesia.

Perguruan tinggi diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Bentuk perguruan tinggi terdiri atas universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi, dan akademi komunitas.

Dari bentuk perguruan tinggi tersebut, universitas memiliki jumlah siswa terbanyak pada tahun 2019 yaitu 1.396.830 mahasiswa baru. Universitas merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi.

Memilih universitas yang cocok dapat menjadi hal yang cukup sulit. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings.

Metodologi QS World University Rankings

QS World University Rankings adalah publikasi tahunan tentang peringkat universitas di dunia oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS telah melakukan riset peringkat universitas sejak 2004 untuk memberikan hasil yang independen, objektif, dan berdasarkan data untuk membantu siswa memilih universitas yang tepat.

Ada beberapa aspek yang dinilai dalam metodologi QS World University Ranking yaitu:

  1. Reputasi Akademik (Academic Reputation) sebesar 40% yang berdasarkan survei akademik global internal.
  2. Rasio antara Mahasiswa dan Fakultas (Student-to-Faculty Ratio) sebesar 20% merupakan ukuran komitmen mengajar.
  3. Jumlah Rujukan per Fakultas (Citations per Faculty) sebesar 20% yaitu ukuran dari dampak penelitian melalui total jumlah rujukan.
  4. Reputasi Pemberi Kerja (Employer Reputation) sebesar 10% berdasarkan survei terhadap pemberi kerja lulusan.
  5. Rasio Fakultas Internasional (International Faculty Ratio) sebesar 5% berdasarkan keragaman staf akademik.
  6. Rasio Mahasiswa Internasional (International Student Ratio) 5% ukuran keragaman komunitas mahasiswa.

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2022 versi QS World University Rankings

Berdasarkan data dari QS World Ranking, berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 254

Peringkat di Indonesia: 1

Total skor: 38.3

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah universitas negeri yang terletak di Yogyakarta, Indonesia dan didirikan pada 19 Desember 1949. UGM adalah lembaga pendidikan tinggi tertua dan terbesar di Indonesia. Total luas kampus UGM mencapai 360 hektare, terdiri dari 18 fakultas, 68 program studi sarjana, 23 program studi diploma, 104 program studi master dan spesialis, dan 43 program studi Doktor.

UGM memiliki sekitar 55.000 mahasiswa, 1.187 mahasiswa asing dan 2.500 anggota fakultas. UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

Visi:

Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi:

Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

2. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 290

Peringkat di Indonesia: 2

Total skor: 35.1

Universitas Indonesia (UI) adalah universitas negeri yang didirikan pada tahun 1950. Saat ini UI terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Ilmu Komputer.

Program Studi yang terdapat di UI saat ini berjumlah 291 program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 47.166 orang dan 309 orang mahasiswa asing yang mengikuti program bergelar maupun non-gelar.

Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area, Salemba dan Depok. Mayoritas fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektare yang digunakan sebagai sarana akademik, riset, dan kemahasiswaan.

Visi

Menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia.

Misi:

  • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  • Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.
  • Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.
  • Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat dunia: 303

Peringkat di Indonesia: 3

Total skor: 34.2

Institut Teknologi Bandung (ITB) didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB yang sekarang adalah tempat berdirinya sekolah-sekolah teknik sebelumnya di Indonesia. Awalnya, pada tahun 1920, Technische Hogeschool (TH) didirikan di Bandung dan pada pertengahan tahun 1940 berubah menjadi Kogyo Daigaku.

Tidak lama setelah Republik Indonesia lahir pada tahun 1945, kampus tersebut menampung Fakultas Teknik (termasuk Jurusan Seni Rupa) Universitas Indonesia, dengan kantor pusat di Jakarta.

ITB memiliki 3 Multikampus, 12 Fakultas dan Sekolah dengan 130 program studi dan total 23.848 mahasiswa. Kampus Ganesha merupakan kampus utama Institut Teknologi Bandung. Berlokasi di Jl. Ganesha No. 10, Bandung, Jawa Barat, Indonesia dengan luas sekitar 28 hektare, kampus ini terus mengalami perluasan dan penambahan fasilitas.

Visi:

Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.

Misi:

Menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kemanusiaan serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Peringkat dunia: 465

Peringkat di Indonesia: 4

Total skor: 25.3

Universitas Airlangga adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Universitas Airlangga memiliki  174 program studi, 14 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, dan 3 kampus yang tersebar di Surabaya. Total Anggota Fakultas/Dosen mencapai 1.522 dan Tenaga Akademik sejumlah 2.002 orang.

Visi:

Menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni berdasarkan moral agama.

Misi:

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik, profesi, dan/atau vokasi dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama.
  • Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, dan humaniora kepada masyarakat.
  • Mengelola universitas secara mandiri dengan tata kelola yang baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peringkat dunia: 511-520

Peringkat di Indonesia: 5

Total skor: -

Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah perguruan tinggi yang menghasilkan inovasi-inovasi yang kualitasnya diakui secara nasional maupun internasional. Selama sepuluh tahun berturut-turut (tahun 2008-2018), Inovasi IPB menjadi yang  terbanyak di antara perguruan tinggi lain di Indonesia berdasarkan hasil penilaian Business Innovation Center Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dalam Inovasi Indonesia Paling Prospektif (sebanyak 39,71%).

Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia. Pada tanggal 1 September 1963, Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno, melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Institut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri.

IPB memiliki 181 Program Studi, Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, Sekolah Bisnis dan Program Diploma. IP dibagi dalam beberapa kampus dengan luas Kampus Pusat 2.670.000 meter persegi, Kampus Baranangsiang 128.800 meter persegi, Kampus Taman Kencana 34.578 meter persegi, Kampus Cilibende 15.034 m2, Kampus Gunung Gede 141.452 meter persegi. 

Visi:

Menjadi perguruan tinggi berbasis riset dan terdepan dalam inovasi untuk kemandirian bangsa menuju techno-socio entrepreneurial university yang unggul di tingkat global pada bidang pertanian, kelautan, biosains tropika.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan melakukan penguatan research base university agar menghasilkan lulusan techno-sociopreneur yang unggul, memiliki akhlak mulia yang berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, nasionalisme tinggi, kompetensi profesional, soft skills millennium, jiwa kepemimpinan, berwawasan global dan menjadi trendsetter inovasi dan perubahan.
  • Memelopori penelitian unggul dan terdepan dalam IPTEKS yang transformatif untuk terciptanya kualitas kehidupan berkelanjutan, serta inovasi untuk ekonomi rakyat dan industri nasional.
  • Mendalami ilmu-ilmu terkini di bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika untuk menjadi penentu kecenderungan ilmu terkini di tingkat nasional dan global.
  • Meningkatkan layanan proaktif yang berkontribusi dan memecahkan persoalan masyarakat dan meningkatkan peran IPB dalam menentukan arah kebijakan nasional.
  • Memperkuat sistem manajemen PT yang mampu menjadi pedoman pengembangan sistem manajemen modern pendidikan tinggi di era 4.0. 

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Peringkat dunia: 751-800

Peringkat di Indonesia: 6

Total skor: -

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan universitas terkemuka di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia yang didirikan pada tahun 1960 di Surabaya. ITS memiliki 81 program studi dalam 7 fakultas, yaitu Fakultas Sains dan Analisis Data, Fakultas Teknologi Industri dan Teknik Sistem, Fakultas Sipil, Perencanaan, dan Teknik Geo, Fakultas Teknologi Kelautan, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Fakultas Teknologi Desain Kreatif dan Bisnis Digital, serta Fakultas Vokasi.

Ketujuh fakultas tersebut meliputi 33 program sarjana, enam program studi vokasi, 20 program magister, 15 program doktor, dan 20 Program Sarjana Internasional (IUP). Bidang penelitian ITS saat ini meliputi manufaktur, transportasi, dan logistik, energi berkelanjutan, kecerdasan buatan dan teknologi biomedis, material dan nanoteknologi canggih, internet of things dan teknologi pertahanan, agribisnis pangan dan bioteknologi, perubahan iklim dan bencana, ilmu dan teknologi maritim, ilmu dasar, dan infrastruktur serta lingkungan yang berkelanjutan.

ITS memiliki tiga kampus di Surabaya. Kampus utama terletak di Sukolilo dengan luas 189 hektar. ITS juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi smart city untuk Surabaya dan beberapa kota lainnya.

Visi:

Menjadi fakultas yang menjadi rujukan dalam pendidikan, dan penelitian di bidang kelistrikan, elektronika, sistem dan teknologi informasi, dan bidang yang berhubungan dengan komputasi dengan reputasi internasional dan berkontribusi pada kemanusiaan.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi berstandar internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kelistrikan, elektronika, sistem dan teknologi informasi, dan bidang yang berhubungan dengan komputasi.
  • Melaksanakan penelitian berkelanjutan dan inovasi teknologi teknologi di bidang kelistrikan dan elektronika, sistem dan teknologi informasi, dan bidang yang berhubungan dengan komputasi.
  • Memberi kontribusi nyata kepada masyarakat, industri, dan pemerintah melalui inovasi teknologi di bidang teknologi kelistrikan dan elektronika, sistem dan teknologi informasi, dan bidang yang berhubungan dengan komputasi.
  • Mengelola fakultas secara efektif dan efisien untuk mendukung terlaksananya Tri Dharma perguruan tinggi.
  • Mendukung link and match lulusan dengan meningkatkan kerjasama dengan industri, pemerintah dan masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.
  • Memperkuat kerjasama dan jejaring internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan produk inovasi yang bertaraf internasional.

7. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Peringkat dunia: 801-1000

Peringkat di Indonesia: 7

Total skor: -

Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia yang didirikan pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung. Saat ini, UNPAD berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2014 tentang Penetapan Unpad sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. UNPAD memiliki 194 program studi dalam 15 fakultas.

Visi:

Mencapai universitas bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat yang dilandasi oleh pola ilmiah pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup”.

Misi:

  • Mewujudkan academic excellence dan memperoleh rekognisi nasional dan internasional;
  • Meningkatnya relevansi dan inovasi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
  • Mewujudkan kemandirian dengan kapitalisasi sumber daya internal dan kemitraan strategis;
  • Meningkatkan kontribusi Unpad dalam penyelesaian masalah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat Jawa Barat dan Indonesia;
  • Membangun karakter kepemimpinan dengan budaya kolektif, profesional, dan berintegritas dalam pengelolaan keberlanjutan Universitas.

8. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Peringkat dunia: 1001-1200

Peringkat di Indonesia: 8

Total skor: -

Pada tanggal 8 Agustus 1996, Universitas Bina Nusantara (BINUS) berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah. STMIK BINA NUSANTARA kemudian melebur ke dalam BINUS pada tanggal 20 Desember 1998, sehingga BINUS memiliki Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra, Fakultas MIPA, dan Program Pascasarjana.

Visi:

Menjadi universitas kelas dunia dengan senantiasa mengutamakan inovasi dan kegigihan berusaha secara berkelanjutan

Misi:

  • Memberikan pengakuan dan penghargaan kepada talenta-talenta yang paling kreatif dan paling memberikan nilai tambah.
  • Menyediakan pengalaman pengajaran, pembelajaran dan penelitian bertaraf dunia yang menekankan pada keunggulan dalam penemuan ilmu pengetahuan, inovasi dan kewirausahaan.
  • Menghasilkan pemimpin-pemimpin komunitas global yang unggul.
  • Menyelenggarakan layanan profesional melalui penekanan berbasis penerapan ilmu pengetahuan di masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas hidup bagi bangsa Indonesia dan komunitas internasional.

9. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Peringkat dunia: 1001+

Peringkat di Indonesia: 9

Total skor: -

Universitas Diponegoro (UNDIP) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1961 merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Semarang, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Tahun 1957 ditetapkan sebagai tahun berdirinya Universitas Diponegoro (UNDIP) sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki cikal bakal Universitas Semarang sebagai universitas swasta. Dies Natalis UNDIP ditetapkan pada tanggal 15 Oktober 1957 dan telah dinyatakan dalam laporan Rektor pada Dies Natalis Undip yang ke 13.

Perjalanan panjang Undip, telah menghantarkan universitas ini menjadi salah satu perguruan tinggi nasional yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa melalui alumni yang dihasilkannya dan karya-karya intelektual lain dalam bidang riset dan pemikiran.

UNDIP memiliki 164 program studi, 11 Fakultas, dan 2 Sekolah. Kampus utama UNDIP terletak di daerah Tembalang, dan kampus utama lainnya terletak di daerah Pleburan. Total wilayah kampus UNDIP seluas 2.009.862 m2 yang tersebar di 8 lokasi.

Visi:

Universitas Diponegoro menjadi Universitas Riset yang unggul.

Misi:

  • Menyelenggarakan  pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif.
  • Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan publikasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), buku ajar, kebijakan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang menghasilkan publikasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual  (HAKI), buku ajar, kebijakan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
  • Mengembangkan profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas dalam tata kelola universitas yang baik serta kemandirian penyelenggaraan perguruan tinggi.

10. Universitas Telkom (Tel-U)

Peringkat dunia: 1001+

Peringkat di Indonesia: 10

Total skor: -

Telkom University (Tel-U) adalah sebuah universitas swasta yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia dan didirikan pada tahun 2013. Universitas Telkom merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (sekarang Yayasan Telkom), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). 

Kampus utama Universitas Telkom terbentang di atas lahan seluas 55 hektare di Bandung Technoplex (BT-Plex), di Jalan Telekomunikasi - Terusan Buahbatu, Kabupaten Bandung. Kampus lainnya terletak di kawasan Gegerkalong Hilir, sebelah utara kota Bandung, di kawasan perkantoran PT. Puslitbang Telkom dan Telkom Corporate University/Telkom Training Center. Visi Tel-U adalah menjadi universitas kelas dunia pada tahun 2017 dan juga akan menjadi hub antar benua untuk pendidikan dan kolaborasi penelitian.

Visi:

Menjadi universitas kelas dunia (A World Class University) yang mendukung peningkatan daya saing bangsa.

 

Misi:

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional.
  • Menciptakan, menerapkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi,manajemen, dan seni.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan seni.

Dari pembahasan diatas, dapat diketahui bahwa ada banyak perguruan tinggi negeri dan swasta yang termasuk dalam 10 besar universitas terbaik di dunia. Selain faktor peringkat tersebut, masih banyak faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi. Jadi, peringkat perguruan tinggi bukan faktor mutlak tetapi layak untuk dipertimbangkan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait